Wanita Hamil Boleh Minum Kopi? Ini Penjelasannya

Odilia WS - detikFood Selasa, 25 Agu 2020 12:00 WIB
Wanita Hamil Boleh Minum Kopi? Foto: iStock
Jakarta -

Wanita hamil boleh minum kopi? Riset terakhir justru menyebutkan wanita hamil sebaiknya tak minum teh dan kopi. Ini sebabnya.

Kopi dan teh dikenal sebagai minuman yang mengandung kafein. Meskipun ada yang beranggapan konsumsi kafein dalan jumlah wajar, aman untuk wanita hamil. Tetapi hasil penelitian yang dipublikasikan di BMJ Evidence Based Medicine menyimpulkan hal berbeda.

Seperti dilansir mirror.uk (24/8), konsumsi kafein berapapun jumlahnya pada masa kehamilan buruk untuk bayi dalam kandungan. Sementara warga Inggris masih memegang pedoman NHS yang merekomendasikan batas asupan kafein wanita hamil 200 mg per hari. Atau sekitar 2 mug air kopi instan per hari.

Riset dilakukan oleh Professor Jack James dari Reykjavik University di Iceland. Mereka meneliti 1.261 artikel tinjaun tentang hubungan kafein dan kehamilan.

'Konsumsi kafein pada wanita hamil dikaitkan dengan naiknya risiko keguguran, janin tak berkembang, bayi berat badan kurang atau kecil dan leukimia akut pada masa anak-anak,' ungkap sang professor.

Wanita Hamil Boleh Minum Kopi?Wanita Hamil Boleh Minum Kopi? Foto: iStock

Empat dari 5 studi pengamatan juga mendapatkan kaitan penting antara ibu yang mengonsumsi kafein selama hamil dengan obesitas anak. "Bukti ilmiah mendukung wanita hamil dan wanita yang berencana hamil dianjurkan menghindari kafein,' tegasnya.

Sedangkan risiko yang berkaitan dengan kafein dilaporkan dalam konsistensi sedang hingga tinggi tingkatannya. Menghentikan sama sekali asupan kafein tidak mudah pada banyak wanita. Konsumsi kopi di Inggris sendiri mencapai 95 juta cangkir per hari. Sementara konsumsi teh mencapai 165 juta cangkir per hari. Atau hampir semua orang dewasa minum 5 cangkir teh atau kopi per hari.

Namun, Daghni Rajasingam dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologists menegaskan hasil studi. Menurutnya, penemuan pada studi tersebut menambahkan bukti bahwa konsumsi kafein pada wanita hamil perlu dibatasi. Tetapi saran penelitian menyebutkan wanita hamil tak perlu menghentikan total asupan kafein.

Atomo CoffeeWanita hamil boleh minum kopi? Foto: Istimewa

"Seperti disebutkan pada penelitian, asupan kafein yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran dan bayi lahir dengan berat badan kurang dan dapat menyebabkan obesitas pada usia awal anak, yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari. Wanita hamil tidak perlu menghentikan asupan kafein sepenuhnya karena risiko ini sangat kecil," tegasnya

Perlu diketahui 1 cangkir teh hitam tubruk mengandung 47 mg kafein. Sedangkan 1 cangkir kopi hitam mengandung 70-140 mg kafein atau rata-rata 100 mg kafein. Untuk memperkecil asupan kafein bisa dipilih kopi decaf dengan kandungan kafein 2 mg per cangkir.



Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com