Benarkah Minum Kopi Bisa Atasi Sakit Kepala? Ini Faktanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 12 Agu 2020 13:00 WIB
Fakta minum kopi dan sakit kepala Foto: Getty Images/iStockphoto/dima_sidelnikov
Jakarta -

Minum kopi disebut bisa meredakan rasa sakit kepala, tapi di sisi lain ada juga orang yang justru sakit kepala usai minum kopi. Seperti apa faktanya?

Kopi dan sakit kepala memiliki hubungan yang rumit terkait efek kafein pada seseorang. Ada yang merasa sakit kepalanya bisa mereda usai minum kopi, namun ada juga yang malah merasa sakit kepala setelah habiskan secangkir kopi.

Dikutip dari Insider (12/8), hal ini berkaitan dengan seberapa banyak konsumsi kopi (kafein) seseorang dan seberapa sering mereka meminumnya. Kafein sendiri bersifat sebagai stimulan sistem saraf pusat.

Selain di kopi, kafein juga terkandung pada berbagai produk minuman olahraga, minuman soda, teh, cokelat, dan masih banyak lagi. Tak heran jika seseorang dikategorikan rutin mengasup banyak kafein setiap harinya.

Lantas terkait sakit kepala, seperti apa fakta hubungan minum kopi dan sakit kepala? detikFood merangkum informasinya seperti berikut:

1. Minum kopi bisa atasi sakit kepala

Fakta minum kopi dan sakit kepalaFakta minum kopi dan sakit kepala Foto: Getty Images/iStockphoto/dima_sidelnikov

Rasa nyeri yang Anda alami saat sakit kepala, khususnya migrain, sudah pasti mengganggu. Hal ini dipicu pembesaran pembuluh darah di sekitar otak yang berakibat pada peningkatan jumlah aliran darah ke otak.

Kondisi ini memicu sejumlah mekanisme rumit di otak yang bisa menyebabkan sakit kepala. Lalu ketika Anda minum kopi, kafein bisa mempersempit pembuluh darah sekaligus memiliki sifat "vasokonstriksi".

Dengan kata lain kafein bertindak mengurangi aliran darah ke otak. Dampaknya sakit kepala yang Anda rasakan bisa mereda, berikut efek nyeri yang menyertainya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Inovasi Strudel Pisang Kepok ala Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]