Mau Panjang Umur? Ikuti Pola Makan yang Disarankan Peneliti Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 26 Agu 2019 07:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Berumur panjang dan sehat jadi impian semua orang. Hal ini bisa terwujud dengan menjalani pola makan tepat. Salah satunya tidak konsumsi banyak makanan ini.

Nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatan. Semakin sehat makanan, maka semakin banyak manfaat yang bisa diperoleh tubuh. Express (21/8) melaporkan penelitian dari University of California telah menunjukkan bahwa seorang vegetarian akan hidup lebih lama dibandingkan pemakan daging.

Studi ini juga menunjukkan bahwa jenis makanan vegetarian yang sering dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan dapat mengurangi risiko seseorang terhadap penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga: Kalau Mau Panjang Umur, Coba Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini

Mau Panjang Umur? Ikuti Pola Makan yang Disarankan Peneliti Ini Foto: dok. detikFood


Bukan hanya itu, studi lain juga menjelaskan konsumsi daging dapat mempengaruhi umur seseorang. Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak daging terkait dengan peningkatan risiko kematian yang signifikan.

Pola makan yang mencakup daging seperti daging sapi, babi, domba, atau daging olahan seperti hot dog, sosis, dan ham dikatakan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Diantaranya kanker, serta masalah seperti diabetes dan peningkatan tekanan darah.

Brookshield Laurent dari New York Institute of Technology College mengatakan, "Pola makan vegan telah terbukti bagus untuk kesehatan, termasuk mencegah penyakit kardiovaskular, penurunan indeks massa tubuh, penurunan risiko diabetes, dan penurunan tekanan darah."

Mau Panjang Umur? Ikuti Pola Makan yang Disarankan Peneliti Ini Foto: iStock


Dokter Mingyang Song juga menambahkan, "Meskipun penting untuk mengetahui berapa banyak protein yang harus dikonsumsi untuk mencapai kesehatan yang optimal, namun memilih makanan untuk mendapatkan protein itu sama pentingnya."

"Ini bukan hanya jumlah protein yang penting tetapi sumber makanannya juga penting untuk kesehatan jangka panjang. Maka ada bukti yang mendukung bahwa kedelai dapat menjadi sumber protein yang baik untuk kesehatan," ungkapnya.

Kedelai adalah makanan yang populer di kalangan vegan dan vegetarian. Kedelai adalah sumber mineral, kalsium dan zat besi. Kedelai juga mengandung isoflavon, yang merupakan antioksidan dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Kedelai secara alami bebas kolesterol dan rendah lemak matang.

Namun bukan hanya kedelai, Anda juga bisa bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang sama dari tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, rumput laut, dan buah-buahan kering.

Jika dengan mengurangi konsumsi daging sepenuhnya terlalu sulit, Anda bisa mencoba mengurangi dan memilih protein tanpa lemak, atau dengan menghindari daging olahan sebanyak mungkin.

Baca Juga: Sehat di Usia 88 Tahun, Ini Rahasia Panjang Umur Warren Buffett



Simak Video "Kreasi Rendang Jamur hingga Sate Kedelai Enak untuk Vegan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)