Ini Alasan Mengapa Sayuran Sebaiknya Tidak Ditaruh Dalam Kantong Plastik

Regita Lorena - detikFood Jumat, 28 Jul 2017 09:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menaruh buah dan sayuran dalam kantong plastik dan disimpan di kulkas diyakini dapat menjaga kesegaran. Ternyata hal ini justru berbahaya untuk kesehatan.

Belakangan ini banyak kampanye yang mendukung Go Green dan anti plastik. Tapi, tampaknya banyak orang sepertinya masih tidak bisa meninggalkan ketergantungan memakai kantong plastik. Kantong plastik yang murah, mudah di dapat dan praktis. Hal ini membuat masyarakat masih saja menggunakan kantong plastik dalam kehidupan sehar-hari.

Baca juga : Inilah Simbol Plastik Aman Untuk Makanan!

Ini Alasan Mengapa Sayuran Sebaiknya Tidak Ditaruh Dalam Kantong PlastikFoto: Getty Images

Dikutip dari food.ndtv.com (26/7) dan beberapa sumber, kantong plastik biasanya digunakan saat berbelanja bahan makanan. Tidak hanya itu, kantong plastik khusus juga sering sekali digunakan untuk menyimpan buah atau sayur yang sudah dibeli dengan alasan agar tetap segar.

Namun, menaruh makanan di kantong plastik apapun dan menyimpannya di kulkas, dapat menyebabkan beberapa bahaya kesehatan bagi tubuh manusia. Banyak orang percaya bahwa buah dan sayuran akan bertahan lemih lama jika disimpan di kulkas dan tidak dibiarkan di udara terbuka. Tapi bertentangan dengan hal tersebut, sayuran juga butuh ruang untuk bernafas.

Ini Alasan Mengapa Sayuran Sebaiknya Tidak Ditaruh Dalam Kantong PlastikFoto: iStock

Karenanya simpanlah sayuran di dalam kantong plastik yang berlubang-lubang agar sayuran bisa bernafas. Atau letakkan di atas jaring-jaring plastik atau wadah berlubang dan masukkan ke dalam lemari es. Plastik tidak menghasilkan unsur-unsur bumi secara alami. Plastik dibuat secara sintetis dengan kombinasi bahan kimia. Saat makanan disimpan di dalam plastik, bahan kimia yang ada pada plastik bisa menempel pada makanan.

Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia ini dapat menyebabkan perubahan jaringan, kerusakan genetik, pubertas dini dan perubahan hormon pada manusia. Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan kantong kertas cokelat atau tas polietilen agar lebih aman.

Kantong penyimpan makanan bisa saja memiliki hama atau terkontaminasi oleh bakteri. Jadi, pastikan Anda mencuci dan membuang semua kotoran sebelum menyimpannya di kulkas.

Ini Alasan Mengapa Sayuran Sebaiknya Tidak Ditaruh Dalam Kantong PlastikFoto: iStock

Berikut beberapa tips penyimpanan untuk beberapa buah dan sayuran.

1. Apel: Simpan di atas rak kulkas agar apel bertahan segar sampai dua minggu. Jika ingin menyimpannya lama, simpan di kotak kardus dan masukkan lemari es.

2. Strawberry: Sebisa mungkin jauhkan dari kelembaban. Simpan di kantong kertas dan masukkan lemari es, dengan cara ini strawberry akan bertahan selama seminggu.

3. Tomat: Jangan menyimpan tomat di kulkas. Bergantung pada kematangannya, tomat bisa bertahan hingga dua minggu di suhu ruang.

4. Kentang: Seperti bawang putih dan bawang bombay, simpan kentang di tempat yang sejuk, gelap dan kering, seperti kotak di sudut gelap atau kantong kertas.

5. Sayuran Hijau: Lepaskan tali atau benang yang mengikat sayur. Simpan sayuran hijau di wadah kedap udara dengan kain lembab, agar tidak mengering.

Baca juga : Ini Alasan Kentang Mentah Sebaiknya Tak Disimpan di Kulkas (odi/odi)