Bakso Janda Ma'Idah: Bakso Kuah Sop Janda yang Populer di Bekasi

ADVERTISEMENT

Bakso Janda Ma'Idah: Bakso Kuah Sop Janda yang Populer di Bekasi

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 27 Sep 2022 17:00 WIB
4
"Salah satu warung bakso di bekasi yang wajib dicoba. Mereka punya menu bakso janda kuah cabe ijo yang pedas nikmat dan bakso steak hotplate hingga mie janda." - adr
Bakso Janda Maidah
Foto: Detikcom / Atiqa Rana
Jakarta -

Terinspirasi sop janda, di Bekasi ada bakso kuah janda yang pedasnya nikmat. Selain bakso, ada juga mie janda hingga bakso steak yang enak dan murah di Bakso Janda Ma'idah.

Sop janda sudah lebih dulu populer di kalangan pencinta makanan pedas. Potongan iga sapi empuk direndam kuah sop bening berisi cabe hijau utuh. Hidangan sop janda ini ternyata menginspirasi menu bakso janda di Bekasi.

Bakso berkuah sop janda bisa ditemukan di Bakso Janda Ma'Idah. Tempat makan bakso ini sudah berdiri sejak 2014. Sejak awal berjualan, mereka menyajikan bakso dengan campuran kuah pedas segar layaknya kuah sop janda asli.

Selain bakso kuah sop janda, kamu juga bisa menemukan menu bakso unik lainnya. Salah satunya, bakso yang disajikan di atas hot plate.

Menu ini sangat cocok dijadikan alternatif jika ingin makan steak daging versi lebih murah. Ada daging bakso yang dipipihkan kemudian di bakar di atas hot plate dan dilengkapi dengan saus steak.

Detail Informasi (Nama Tempat Makan)
Nama Tempat MakanBakso Janda Ma'idah
AlamatJl. Nusantara Raya No.12, RT.006/RW.011, Aren Jaya, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17111
No Telp0815-7277-6509
Jam Operasional10.00 WIB - 21.00 WIB
Estimasi HargaRp 7.000 - Rp 30.000
Tipe KulinerBakso
Fasilitas
  • Tempat makan tidak begitu besar, namun cukup banyak tempat duduk

  • Area Indoor

  • Ada pilihan duduk di meja dan lesehan

  • Tempat parkir di depan warung atau di seberang jalan

Selain bakso, ada lagi Mie Janda yang penyajiannya juga sama-sama pakai hot plate. Berikut detikfood merangkum keistimewaan menu-menu di Bakso Janda Ma'Idah.

1. Asal Mula Menu Bakso Janda

Tempat makan bakso ini punya nama unik yaitu Bakso Janda Ma'idah. Nama janda yang dimaksud bukanlan status seorang wanita yang ditinggal suaminya, melainkan singkatan dari Jakarta-Sunda.

Sebelumnya, ada hidangan yang dinamakan sop janda. Dari hidangan itu akhirnya hadir bakso dengan kuah yang terinspirasi dari sop tersebut.

Detikfood tidak sempat bertemu dengan pemilik aslinya, tetapi berhasil bertanya kepada salah satu karyawan bernama Mas Isa (23/09). Mas Isa berujar, "Awal mulanya dibuat warung makan bakso janda sih ya karena Ma'idah (pemilik) terinspirasi dari sop janda."

Namun karena sop janda sudah banyak dijual, akhirnya dengan modal iseng, Ma'idah berpikir untuk menciptakan menu berbeda berupa bakso berkuah bening pedas dengan tambahan cabe hijau utuh seperti kuah sop janda.

2. Menu Bakso yang Cukup Beragam

Bakso Janda Ma'idahAda tiga macam pilihan kuah yaitu tidak pedas, pedas, hingga ekstra pedas. Sementara untuk baksonya bisa pilih bakso halus, urat, atau spesial. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Awalnya, warung Bakso Janda Ma'idah hanya menyajikan menu bakso janda dan mie ayam biasa. Ada tiga macam pilihan kuah yaitu tidak pedas, pedas, hingga ekstra pedas. Sementara untuk baksonya bisa pilih bakso halus, urat, atau spesial.

Namun seiring berjalannya waktu, Ma'idah dan timnya ingin membuat menu baru. Mengingat banyaknya saingan penjual bakso, Ma'idah menyiapkan variasi menu. Ia akhirnya meluncurkan menu bakso steak dan mie ayam hot plate.

Mas Isa mengungkap, justru yang lebih banyak digemari saat ini adalah bakso steak hot plate. "Ya sekarang sih malah lebih banyak yang pilih bakso hot plate. Kan pelanggan kita emang kebanyakan menengah ke bawah, jadi mereka yang mau makan steak daging bisa diganti sama bakso steak ini yang harganya jauh lebih murah," ujarnya pada detikfood.

Menu bakso steak hot plate juga bisa dipilih mau ditambah dengan bakso halus, urat, atau iga. Untuk mie ayam hot plate juga bisa dilengkapi dengan beberapa pilihan bakso.

Detikfood mencoba tiga menu bakso yaitu; Bakso Spesial Pedas (Rp 30.000), Bakso Steak + Iga Hotplate (Rp 30.000), dan Mie Janda Hotplate Bakso Halus (Rp 16.000).

Mereka juga menyediakan nasi putih sebagai persediaan jika pelanggan ingin makan bakso dengan tambahan nasi. "Kita juga jual nasi putih, jarang-jarang kan ada warung bakso jualan nasi putih. Biasanya kalau ada pelanggan yang udah lama gitu suka minta nasi putih juga," ucap Mas Isa.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT