ADVERTISEMENT

Agung Lestari: Chinese Food Enak Buatan Mantan Chef Restoran China Ternama

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 10 Agu 2022 12:00 WIB
5
"Restoran Chinese food baru yang menunya mirip restoran China ternama di Santa. Menyajikan nasi goreng, fuyung hai, sapo tahu, hingga lumpia udang yang nikmat." - odi
Agung Lestari: Chinese Food Enak Buatan Mantan Chef Restoran China Ternama
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Jakarta -

Di kawasan Mampang Prapatan, ada restoran Chinese food baru yang curi perhatian. Restoran ini didirikan para eks pegawai restoran China ternama di Santa. Menunya ada nasi goreng hingga lumpia udang yang sedap!

Makanan khas China atau akrab disebut Chinese food sangat disukai orang Indonesia. Buktinya, ada banyak restoran Chinese food yang bertahan di berbagai kota di Indonesia.

Di Jakarta saja, beberapa restoran Chinese food tergolong legendaris karena sudah berdiri puluhan tahun. Eksistensi mereka tak luntur berkat pelanggan setia dari satu generasi ke generasi lainnya.

Namun di tengah perjalanan, mungkin terjadi kendala hingga membuat manajemen restoran itu tidak kokoh lagi. Keputusan keluarnya pegawai yang sudah bekerja puluhan tahun pun tak terhindarkan.

Para pegawai yang sudah punya 'bekal' ilmu cukup lantas bisa mendirikan restoran sendiri dengan menu yang dijual serupa dengan tempat mereka bekerja dulu. Hal inilah yang terjadi pada restoran Agung Lestari Seafood.

Nama Tempat MakanRestaurant Agung Lestari Seafood
Alamat

Jl. Mampang Prapatan Raya No. 49
Depan Halte Busway Mampang Prapatan
Jakarta Selatan

No Telp0812-8459-7021
Jam Operasional

08.00 - 22.00

Estimasi HargaRp 40.000-Rp 110.000
Tipe KulinerChinese food
Fasilitas
  • Area ruang makan nyaman dengan pendingin udara
  • Belum ada toilet dan tempat parkir tak terlalu luas

Usaha gabungan eks 7 pegawai restoran Chinese food ternama

Agung Lestari: Chinese Food Enak Buatan Mantan Chef Restoran China TernamaRestaurant Agung Lestari Seafood menempati ruko sederhana di depan Halte Busway Mampang Prapatan. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Agung Lestari Seafood baru berjalan sekitar 2,5 bulan. Restoran ini berada di sebelah toko mebel Sumber Agung yang sudah lebih dari 40 tahun berdiri. Patokan mudahnya di depan Halte Busway Mampang Prapatan.

Bagian depannya ditandai dari spanduk besar yang memperkenalkan nama restoran sekaligus foto-foto menu yang dijual. Ditemui detikfood (8/8), Jabidin salah satu pengelola restoran menceritakan nama 'Agung Lestari'.

Nama 'Agung' diambil dari nama toko mebel di sebelahnya yang merupakan pemilik ruko tempat restoran mereka berdiri. Sedangkan 'Lestari' adalah nama yang ia pilih bersama 6 rekannya.

Ketujuh orang ini putuskan keluar dari pekerjaannya sebagai pegawai restoran Chinese food yang ternama di kawasan Santa. Mereka putuskan bangun usaha bersama setelah tak lagi bekerja di sana.

Masing-masing dari mereka punya keahlian berbeda. Ada yang bertanggung jawab di dapur, bagian pelayanan, hingga operasional restoran.

Mereka mendirikan Agung Lestari Seafood yang menawarkan lebih dari 50 menu khas Chinese food. Menu ini serupa dengan yang dijual di restoran tempat mereka bekerja dulu.

Nasi goreng seafood dan lumpia udang yang puaskan selera

Agung Lestari: Chinese Food Enak Buatan Mantan Chef Restoran China TernamaNasi goreng seafood berporsi besar dengan isian udang hingga bakso ikan. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Ingin membuktikan kelezatan menu di sini, detikfood mencicipi berbagai menu andalannya. Ada Nasi Goreng Seafood (Rp 50.000) dan Lumpia Udang (Rp 90.000) yang direkomendasikan Jabidin.

Semua menu dimasak segar sehingga kami perlu menunggu sekitar 5 menit. Saat itu kondisi restoran sedang tak ramai sehingga waktu tunggu tak lama. Tentu beda cerita jika restoran tengah padat pembeli.

Nasi Goreng Seafood punya porsi menggunung. Disajikan di atas piring putih dengan hiasan daun selada, irisan mentimun, dan tomat segar.

Tampilannya cantik karena ada irisan cabai merah, daun sawi, dan daun bawang yang memberi sentuhan warna merah dan hijau di antara buliran nasi. Samar-samar tercium wangi gurih dari sajian ini begitu diaduk.

Benar saja! Selain aromanya yang harum, rasa nasi goreng ini juga gurih enak. Ada jejak rasa manis dan gurih yang seimbang. Tekstur nasinya yang pera tapi empuk juga puaskan selera.

Di antaranya terselip topping berupa orak-arik telur, udang, ikan, dan irisan bakso ikan. Semua topping yang dipakai segar sehingga tak tercium aroma atau rasa amis.

Agung Lestari: Chinese Food Enak Buatan Mantan Chef Restoran China TernamaLumpia udang yang empuk gurih semakin enak dengan cocolan saus mentega. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Lumpia udang juga tak kalah menarik selera. Dibuat dari udang cincang yang dibalut adonan telur dan tepung. Adonan ini kemudian digulung, dipotong-potong, dan digoreng sampai matang.

Per porsinya berisi sekitar 15 potong. Lumpia udang ini punya tekstur garing renyah di luar, namun empuk dan lembut di dalamnya. Pemakaian udang segar menjadi kunci kelezatan menu ini dengan rasa gurih manis alami yang enak.

Rasa lumpia udang makin nikmat dengan tambahan perasan jeruk limau yang disediakan di piring. Aksen asam segar ini makin sempurna saat lumpia udang dicocol ke saus mentega yang gurih sedikit manis.

Baca halaman selanjutnya untuk tahu kelezatan menu lain di Restaurant Agung Lestari Seafood.



Simak Video "Menjajal Menu Buatan Eks Chef Restoran China Ternama"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT