Mulur Unik! Mie Goreng Mang Udin yang Eksis 44 Tahun di Sukabumi

Siti Fatimah  - detikFood Selasa, 18 Jan 2022 12:30 WIB
Mulur Unik! Mie Goreng Mang Udin yang Eksis 44 Tahun di Sukabumi Foto: Siti Fatimah/detikFood
Sukabumi -

Bukan hanya bubur ayam dan bakso enak yang bisa dinikmati di Sukabumi. Di kota ini juga ada mie goreng legendaris porsi jumbo yang mantap enak. Wajib coba!

Sukabumi merupakan salah satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Meskipun demikian ada banyak tempatmakan yang tersohor dengan hidangan enak dan bertahan puluhan tahun.

Salah satunya Mie Goreng Mang Udin Nusantara.Tempat makan ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan tetap eksis hingga hari ini. Menariknya, mie goreng ini tawarkan dalam porsi jumbo. Dijaminpuas dan kenyang!

Lokasinya berada di Jalan Arif Rahman Hakim nomor 76 Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Aroma gurih wangi mie goreng bahkan tercium tajam saat melintasi depan tempat makan ini.

Mulur Unik! Mie Goreng Mang Udin yang Eksis 44 Tahun di SukabumiProses pembuatan mie goreng legendaris. Foto: Siti Fatimah/detikFood



PemilikMie Goreng Mang Udin Nusantara, Ramdan Taufik Hidayatmenuturkan bahwa mie goreng ini sudah ada sejak tahun 1978 dan diwariskan secara turun temurun. Kini, makanan olahan mie itu sudah memasuki generasi ketiga.

"Awalnya berjualan hanya di gerobak, masih di tempat yang sama cuman hanya di gerobak. Yang berjualan cuman berdua dulu, kakek sama saya. Udin Syamsudin itu kakek saya, Dudi Supardi itu ayah saya," kata Taufik kepada detikcom beberapa waktu yang lalu.

Saat ini, Mie Goreng Mang Udin Nusantara masih dikelola oleh ayahnya. Namun, Taufik sudah mulai bersiap untuk meneruskan usaha keluarganya tersebut.

Mie goreng ini memiliki daya tarik tersendiri. Bukan hanya porsinya yang besar sampai bisa disebut 'porsi kuli,' tapi penyajiannya pun menarik. Potongan ayamnya pun besar ditambah dengan sayuran.

Mulur Unik! Mie Goreng Mang Udin yang Eksis 44 Tahun di SukabumiMie goreng legendaris porsi jumbo yang enak. Foto: Siti Fatimah/detikFood



Selama proses pembuatan mie goreng, pembelibisa mengamati atraksi memasak mie dengan api yang menjilat-jilat atau biasa dikenal teknik 'flambe'.

Saat pesanan mie datang, mie goreng ditaruh dalam mangkuk porselin seperti mie ayam biasa. Kemudian diberikan sepotong kertas yang dialasi sepotong daun pisang dan sepasang sumpit. Cara makannya, mie yang munjung dalam mangkuk ditumpahkan sekaligus atau sebagian ke atas daun pisang.

Hal ini memudahkan menyantap mie goreng yang porsinya jumbo. Warnanya cokelat gelap. Kenyal mulur mie pipihnya terasa gurih sementara baluran kecap manisnya terjejak aroma asap yang sedap. Ini karena mie goreng dimasak dengan api besar.

"Daya tarik tersendiri dari mie goreng ciri khasnya beda, dari tekstur mienya sama cara pembuatan dan cara masaknya yang berapi-api," ujarnya.

Dalam sehari, ia dapat menghabiskan 40 kilogram mie. Jikaakhir pekan bisa mencapai 40-60 kilogram. Terutama di hari raya bisa menghabiskan hingga 100 kilogram.

Mie Goreng Mang Udin Nusantara buka setiap hari dari pukul 16.00 WIB. Harga yang ditawarkan bervariasi, misalnya untuk mie goreng tulang seporsi dijual dengan harga Rp 50 ribu, mie goreng setengah porsi dijual Rp 30 ribu dan mie goreng seporsi dijual Rp 45 ribu.



Simak Video "H-1 Lebaran, Ketupat Air Tanjung Tasikmalaya Naik Omzet 100 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com