Gurih Mlekoh Nasi Ayam Bu Pini, Seporsi Komplet Cuma Rp 10 Ribu!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 16 Des 2021 13:30 WIB
Nasi Ayam Bu Pini; Rekomendasi Nasi Ayam Enak di Semarang Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Kalau sedang lapar di Semarang, coba mampir jajan Nasi Ayam Bu Pini untuk menikmati kelezatannya. Hanya Rp 10.000 sudah bisa makan kenyang dan enak.

Kulineran di kota Semarang, Jawa Tengah memang tak ada habisnya. Banyak makanan khas Semarang yang memanjakan lidah untuk dinikmati. Salah satunya hidangan nasi ayam yang wajib untuk dicicipi.

Memang ada banyak tempat makan nasi ayam enak dan legendaris di Semarang. Salah satu tempatnya bernama Nasi Ayam Bu Pini yang kami rekomendasikan untuk dicoba saat berwisata kuliner di Semarang.

Tak tahu pastinya kapan rumah makan ini berdiri, tapi yang pasti sudah legendaris. Lokasinya berada di kawasan Pecinan Semarang, tepatnya di Gang Pinggir No. 75, Kranggan, Semarang Tengah.

Nasi Ayam Bu Pini; Rekomendasi Nasi Ayam Enak di SemarangNasi Ayam Bu Pini; Rekomendasi Nasi Ayam Enak di Semarang Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Baca Juga: Legit Empuk! Pisang Plenet Pak Yuli, Pisang Bakar Klasik Topping Selai Nanas

Dulunya rumah makan ini hanyalah warung tenda sederhana di pinggir jalan. Mendiang Bondan Winarno pernah mencicipi Nasi Ayam Bu Pini saat masih berupa warung tenda, seperti yang ditayangkan program Wisata Kuliner Trans TV.

Kini, Nasi Ayam Bu Pini sudah memiliki rumah makan yang jauh lebih nyaman karena bersih dan terang. Tak heran kalau rumah makan Nasi Ayam Bu Pini selalu laris diserbu penikmatnya.

Tim detikFood membuktikan secara langsung kelezatan Nasi Ayam Bu Pini (28/11). Saat kami datang sekitar pukul 18.00 WIB, suasana rumah makan ini sedang ramai dikunjungi pelanggan.

Nasi Ayam Bu Pini; Rekomendasi Nasi Ayam Enak di SemarangNasi Ayam Bu Pini; Rekomendasi Nasi Ayam Enak di Semarang Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kami memesan seporsi nasi ayam yang dibanderol harga Rp 10.000. Seporsinya cukup mengenyangkan dan komplet, berisikan nasi gurih dengan topping ayam suwir, tahu bacem, telur pindang, krecek, sayur labu, lalu disiram dengan kuah santan gurih.

Baca Juga: 10 Foto Kocak Masakan Gagal Buat Kekasih yang Bikin Ngakak

Sekilas tampilan nasi ayam khas Semarang ini mirip dengan nasi liwet Solo. Hanya saja kuah santan kental atau areh yang disajikan pada nasi ayam lebih melimpah. Disajikan di atas piring beralas daun pisang.

Suapan pertama kami langsung terlena dengan rasanya yang gurih. Nasi Ayam Bu Pini berhasil membuat kita tak bisa berhenti menyendokkan nasi ke dalam mulut. Cita rasa pertama yang menyentuh lidah kami adalah gurih, lalu disusul rasa pedas dari sayur labu siam.

Nasi Ayam Bu Pini; Rekomendasi Nasi Ayam Enak di SemarangNasi Ayam Bu Pini; Rekomendasi Nasi Ayam Enak di Semarang Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Paduan seporsi nasi ayam komplet racikan Ibu Pini ini sangat pas di lidah kami. Ingin tambah nikmat? Tuangkan 1-2 sendok areh atau kuah santan kental yang gurih ke atas nasi ayam.

Di setiap meja juga disediakan aneka sate untuk teman menikmati Nasi Ayam Bu Pini. Gorengan seperti bakwan, martabak telur, hingga risoles juga tersedia. Untuk aneka lauk pendamping ini dibanderol harga mulai dari Rp 3.000 saja.

Nasi Ayam Bu Pini

Gang Pinggir No. 75,
Kranggan, Semarang Tengah
Jam operasional: 06.00-21.30 WIB
No. telp: 0813-2633-8833

Baca Juga: Makan di Restoran Michelin, Food Blogger Ini Kesal Rasa Makanannya Anyir Semua



Simak Video "Kelezatan Nasi Ayam Legendaris Bali Kedewatan Ibu Mangku"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com