ADVERTISEMENT

Begini Rasa Klepon Gianyar yang Bergelar Klepon Terenak di Dunia

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 06 Des 2021 15:00 WIB
Klepon Gianyar Sejak 1980 Paling Enak di Dunia
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Di Gianyar, Bali ada tempat jual klepon yang paling populer dan direkomendasi orang. Bahkan, disebut-sebut yang terenak di dunia. Seperti ini citarasanya.

Klepon merupakan jajanan pasar yang terbuat dari tepung ketan dengan isian gula merah dan dibalut kelapa parut. Klepon biasanya berbentuk bola-bola kecil dengan warna hijau cantik. Warna hijaunya dari air daun suji pandan atau pasta pandan atau pewarna hijau.

Jajanan pasar dengan rasa legit kenyal ini asalnya dari Jawa. Namun, klepon juga sangat populer di Bali. Banyak tempat populer, khususnya Tanah Lot yang menawarkan klepon di area wisata.

Namun klepon yang enak juga bisa kamu temui di Gianyar. Dikenal dengan nama Klepon Gianyar, warung kecil dan sederhana satu ini menawarkan klepon yang disebut-sebut paling enak di dunia.

Kenapa Dijuluki Klepon Terenak di Dunia?

Klepon Gianyar Sejak 1980 'Paling Enak di Dunia'Klepon Gianyar Sejak 1980 'Paling Enak di Dunia' Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Julukan 'Klepon Terenak di Dunia' ini diberikan oleh almarhum Bondan Winarno dan pakar kuliner Indonesia William W. Wongso. Keduanya tentu saja memiliki alasan kuat berdasarkan standar selera yang tinggi memilih Klepon Gianyar sebagai yang terenak di dunia.

Almarhum Bondan Winarno juga pernah secara langsung mencicipi kelezatan Klepon Gianyar dan memberikan komentar 'maknyuuuus' yang artinya paling enak. Tak hanya itu, almarhum Bondan Winarno juga memasukkan Klepon Gianyar ke dalam bukunya '100 Maknyus Bali', seperti dikutip dari detikFood (21/7/2020).

Baca Juga: Resep Ikan Kuah Asam Segar yang Cocok Buat Penghangat Badan

Sudah ada sejak 1980

Klepon Gianyar Sejak 1980 'Paling Enak di Dunia'Klepon Gianyar Sejak 1980 'Paling Enak di Dunia' Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Klepon Gianyar sudah dijual sejak tahun 1980. Dikenal juga dengan nama Klepon Ida Bagus Nyoman Berata. Warung kecil ini sudah melegenda di Bali dan sekarang dikelola oleh generasi kedua oleh Ida Ayu Laksmi Dewi.

Kepada detikFood (25/11), Desak Putu Merte selaku karyawan di Klepon Gianyar menjelaskan kalau saat ini pengelolaannya sudah dipegang oleh generasi keduanya. "Sekarang dipegang Ida Ayu Laksmi Dewi, dia penerusnya generasi penerusnya," ujarnya.

Di warung sederhana inilah, Klepon Gianyar yang termahsyur bisa kamu cicipi. Tak hanya itu, para pelanggan juga bisa langsung melihat proses pembuatannya. Semua klepon di sini selalu segar karena dibuat langsung. Tidak pernah ada stok.



Simak Video "Laris Manis Laklak Biu Men Bayu Khas Tabanan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT