Ayam Goreng Madukoro: Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBY

Devi Setya - detikFood Senin, 02 Agu 2021 17:00 WIB
Ayam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBY Foto: detikFood/Devi S. Lestari

2. Menggunakan ayam kampung

Ayam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBYAyam Goreng Madukoro : Gurih Empuk Ayam Kampung Goreng Langganan SBY Foto: detikFood/Devi S. Lestari


Sesuai dengan namanya, Ayam Goreng Madukoro mengandalkan menu ayam goreng sebagai menu utama. Ayam goreng ini dibuat menggunakan jenis ayam kampung.

Dengan teknik memasak khusus dan menggunakan bumbu berlimpah, ayam kampung ini tidak alot atau keras sama sekali. Justru teksturnya empuk dan rasa bumbunya meresap sampai ke tulang.

"Pilihan menggunakan ayam kampung dikarenakan rasa daging ayamnya terasa lebih gurih dan juga lebih alami jika dibandingkan dengan ayam broiler. Kita semua tau bahwa dalam proses pertumbuhan ayam kampung diberikan pakan alami dan tradisional tanpa menggunakan pakan olahan dan tanpa ada tambahan obat," ujar Ronny.

Rahasia lain yang membuat daging ayam kampung ini empuk adalah karena diungkep bersama bumbu dalam waktu lama.

3. Ayam goreng kremes yang empuk

Madukoro menyediakan pilihan porsi ayam satu ekor, setengah ekor dan seperempat ekor atau porsi personal. Kami mencoba memesan ayam goreng kremes setengah ekor Rp 69 ribu.

Ayam kampung memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan gemuk. Porsi setengah ekor ini termasuk bagian kepala ayam, dada, sayap dan paha. Semuanya dihidangkan utuh alias tidak dipotong-potong. Paket ayam goreng ini juga termasuk sambal dan kremesan yang disajikan dalam wadah terpisah.

Aroma gurih ayam goreng ini sudah menggoda selera, seolah memanggil untuk segera disantap. Benar saja, ayam kampung yang digoreng hingga kuning keemasan ini memiliki tekstur empuk. Rasanya dominan gurih sedikit manis.

Daging ayam juga mudah dikunyah alias tidak alot. Yang tak kalah menggoda yakni sambalnya. Rasa pedas sambal ini pas dipadukan saat makan ayam goreng. Makin komplet jika disantap dengan nasi putih hangat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Bikin Ayam Bakar Viral Ala Serial Upin Ipin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com