Mbak Tum: Gudeg Koyor dan Lontong Opor Enak di Semarang Sejak 1991

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 04 Jun 2021 19:00 WIB
Mbak Tum: Gudeg Koyor dan Lontong Opor Enak di Semarang Sejak 1991 Foto: detikfood
Semarang -

Di Semarang ada gudeg enak racikan Mbak Tum. Menu andalannya gudeg koyor yang empuk lembut serta lontong opor yang kuahnya gurih mlekoh!

Gudeg identik sebagai kuliner khas Yogyakarta, namun di Semarang ternyata ada juga gudeg enak yang layak dicicipi. Racikan gudeg ini bahkan sudah ada sejak 1991.

Namanya Gudeg Koyor Mbak Tum yang berlokasi di Peterongan. Tempat ini merupakan pusat, sementara cabangnya ada di Jalan Majapahit dan Purwodadi.

Banyak orang merekomendasikan cicip gudeg koyor saat di kota lumpia ini. Cita rasa gudeg Semarang konon juga berbeda dengan gudeg Yogyakarta karena lebih gurih.

detikfood (4/4) tertarik membuktikan kelezatan Gudeg Koyor Mbak Tum di lokasi pusat. Rumah makan ini menempati dua kios. Satu kios dikhususkan sebagai tempat meracik makanan dan satu lagi untuk area bersantap lesehan.

Meski begitu, di bagian depannya juga ada area makan kaki lima. Pengunjung bebas memilih mau duduk di mana.

Uniknya, warung yang buka siang ini semakin malam pengunjungnya malah semakin ramai. Seperti ketika kami datang sekitar pukul 10 malam.

Mbak Tum meracik nasi gudeg sendiri

Mbak Tum: Gudeg Koyor dan Lontong Opor Enak di Semarang Sejak 1991Mbak Tum: Gudeg Koyor dan Lontong Opor Enak di Semarang Sejak 1991 Foto: detikfood

Lantas apa itu gudeg koyor? Hidangan ini merupakan nasi gudeg yang diracik dengan lauk utama, koyor alias urat sapi.

Selintas tampilannya seperti kikil, namun koyor lebih besar, tebal, dan masih ada bagian dagingnya. Mbak Tum mengolah koyor dengan teknik khusus hingga super empuk.

Mbak Tum meracik nasi gudeg koyor langsung di hadapan pengunjung. Pemandangan ini begitu menarik karena Mbak Tum terlihat sangat cekatan.

Ia akan menaruh nasi di piring, menggunting-gunting koyor di atasnya, dan menaruh ragam pelengkap. Mulai dari krecek, sedikit kuah opor, gudeg, dan sambal.

Semua lauk dan pelengkap nasi gudeg itu ditempatkan dalam baskom besar di hadapannya. Bagi yang tertarik, pengunjung juga bisa makan di dekat area Mbak Tum.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com