Teh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara Bleszynski

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 28 Apr 2021 14:00 WIB
Canggu -

Teh Manis adalah usaha kuliner milik artis Tamara Bleszynski. Di sini ia menawarkan aneka masakan rumahan nikmat dengan harga lumayan ramah di kantong!

Canggu didominasi kehadiran restoran dan kafe bermenu sehat, tapi kalau kamu sedang ingin menikmati masakan rumahan gaya Warung Tegal (warteg), tempat ini layak disambangi. Namanya Teh Manis yang berlokasi di Jalan Batu Mejan, dekat hotel COMO Uma Canggu.

Teh Manis dikenal luas para foodies karena pemiliknya adalah artis Tamara Bleszynski. Pada 9 Januari 2019, ia mendirikan rumah makan ini di pelataran rumahnya.

Area bersantapnya memang tak terlalu besar, tapi terasa homey dan nyaman. Tamara Bleszynski bahkan menyediakan musala untuk pengunjung muslim yang ingin salat.

Pilih menu sendiri

Teh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara BleszynskiTeh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara Bleszynski Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Sudah bukan rahasia lagi kalau Tamara Bleszynski penggemar berat makanan Indonesia. Ia tak segan menyantap makanan tradisional, bahkan pergi ke pasar tradisional untuk berburu bahan makanan lokal.

Karena kecintaannya inilah, Tamara Bleszynski putuskan membuka warung makan yang konsepnya serupa warteg. Ia menawarkan aneka masakan rumahan yang pilihannya berganti setiap hari.

Saat kami mampir (31/3), tersedia opor ayam, ikan pesmol, ayam goreng, mie goreng, telur balado, ikan asin kapas goreng, hingga tumis tauge tahu. Juga beragam menu lain yang sifatnya tetap.

Untuk bersantap di sini, kami perlu memilih sendiri makanan yang dipajang di etalase kaca. Persis kayak di warteg. Pemesanannya juga langsung diiringi dengan pembayaran.

Kami bisa memilih nasi putih, nasi kuning, atau nasi merah. Barulah setelah itu menunjuk lauk yang diinginkan atau memesan menu lainnya langsung di kasir.

Nasi kuning dengan semur jengkol

Teh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara BleszynskiTeh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara Bleszynski Foto: detikfood

Pilihan kami jatuh pada nasi kuning (Rp10.000) dengan paduan lauk ayam goreng (Rp15.000), bakwan jagung (Rp8.000), dan semur jengkol (Rp15.000). Juga pelengkap sayur capcay dan sambal merah serta sambal matah.

Porsi nasi rames ini cukup banyak dan terlihat menggugah selera dengan balutan bumbu yang tebal. Nasi kuningnya tercium harum dengan tekstur empuk pulen.

Kami memadukannya dengan ayam goreng yang mirip masakan di rumah. Luarnya garing dan bagian dalamnya empuk dengan rasa gurih yang pas.

Paling enak memang menyuapnya bersamaan dengan nasi kuning dan sayur capcay. Jangan lupakan semur jengkolnya yang berbumbu 'medok'.

Bumbu yang gurih manis ini berpadu enak dengan jengkol yang empuk. Aromanya masih cukup tercium dan terasa, namun hal ini justru menjadi kenikmatan tersendiri untuk pencinta jengkol.

Bakwan jagung buatan Teh Manis juga juara! Pantas saja menu ini jadi favorit. Jenisnya bukan bakwan jagung renyah, melainkan bakwan yang empuk. Butiran jagung manisnya masih tampak jelas dengan rasa yang manis renyah.

Baca Juga: Cantik-cantik, Tamara Bleszynski Doyan Banget Makan di Warung!

Nasi merah dengan ikan pesmol

Teh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara BleszynskiTeh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara Bleszynski Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Bagi pelaku hidup sehat yang menyukai nasi merah, Teh Manis juga menyediakannya. Teksturnya tetap pulen meski bulirannya tidak seempuk nasi kuning.

Lauk yang kami pilih adalah orek tempe dan ikan pesmol. Keduanya terasa nikmat dengan bumbu yang lagi-lagi sangat berani menurut kami.

Pada orek tempe, rasa manis karamelnya yang legit terasa enak. Lalu pada pesmol ikan tongkol, daging ikannya tebal dan bumbu pesmolnya gurih enak. Bumbu ini meresap sampai ke serat-serat daging ikan.

Kami juga menyukai sambal merah dan sambal matah di sini. Apalagi sambal matahnya yang terasa pedas menyegarkan.

Gado-gado dan soto ayam yang nikmat

Teh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara BleszynskiTeh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara Bleszynski Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Teh Manis juga menawarkan menu ala carte yang cukup lengkap. Gado-gado (Rp22.000) diracik segar setelah kami pesan. Isian sayurnya lengkap, dengan pendamping setengah telur rebus, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

Karena memesan pedas, bumbu gado-gado ini memang terasa pedas nendang! Bumbu kacangnya kental dan gurih sehingga puaskan selera.

Lalu ada juga soto ayam (Rp30.000). Menurut kami, rasa soto ayamnya enak, namun sedikit kurang gurih. Padahal isiannya sudah lengkap seperti irisan kentang goreng, bihun, dan telur rebus.

Menu lain di Teh Manis

Teh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara BleszynskiTeh Manis: Makanan Rumahan ala Warteg Racikan Tamara Bleszynski Foto: detikfood

Menu lainnya yang bisa kamu coba di sini adalah nasi goreng sosis sapi, sate ayam, mie goreng, sampai rujak. Juga rice bowl ayam komplit (Rp43.500), rice bowl ayam sambal matah, ayam mayonnaise, vegetarian, sampai rendang komplet.

Untuk penutup, cobalah jamu segar dalam ukuran botol besar di sini. Harganya Rp25.000. Kami mencicipi jamu kunyit asem yang rasa asamnya menyegarkan. Teksturnya juga cukup kental, pertanda jamu diracik dengan pemakaian rempah yang royal.

Sayangnya saat mampir makan di Teh Manis, kami tidak bertemu dengan Tamara Bleszynski yang sedang keluar rumah. Padahal menurut informasi yang kami baca di media sosial, Tamara Bleszynski tak segan menyapa langsung para tamu dan berfoto bersama.

Ia sendiri kabarnya tinggal di rumah di bagian belakang rumah makan ini. Tak mengherankan jika Tamara Bleszynski bisa mengontrol Teh Manis Bali dengan mudah.

Perjalanan kami ke Bali terasa nyaman dan menyenangkan dengan Hyundai Ioniq Electric Car. Mobil listrik ini juga membawa kami mencicipi kuliner enak di berbagai kota di Indonesia.

Baca Juga: Sempat Tutup! Ini 5 Fakta Warung Makan Teh Manis Milik Tamara Bleszynski

Teh Manis Bali
Jl. Batu Mejan, Echo Beach, Canggu, Bali
Telepon: 0812 46409786

Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com