Bakso Ati Raja: Enaknya Nyuk Nyang Makassar Dimakan dengan Burasa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Apr 2020 17:00 WIB
Bakso Ati Raja Foto: dok. detikFood
Makassar -

Bakso punya sebutan lain di Makassar yaitu nyuk nyang. Kalau mau cicip nyuk nyang enak di sana, mampirlah ke Bakso Ati Raja yang tersohor.

Bakso adalah 'comfort food' orang Indonesia yang bisa ditemui di hampir seluruh Nusantara. Tiap daerah memiliki racikan dan bumbu bakso yang khas, tak terkecuali bakso di Makassar.

Di Kota Anging Mammiri ini bakso bahkan punya sebutan lain yaitu nyuk nyang. Salah satu tempat favorit untuk menikmatinya adalah di Bakso Ati Raja. Cabangnya ada sekitar 7 di Makassar, namun kami mampir ke lokasi yang konon pertama.

Bakso Ati Raja: Enaknya Nyuk Nyang Makassar Dimakan dengan BurasaFoto: dok. detikFood

Bakso Ati Raja ada di Jalan Gunung Merapi Nomor 177. Rumah makan ini cukup luas dan bersih sehingga cocok disambangi bersama keluarga. Interior rumah makannya juga sudah modern.

Seporsi Bakso Ati Raja harganya Rp 30.000, namun bakso ini juga bisa dipesan setengah porsi (Rp 15.000). Isiannya ada bakso halus, bakso kasar, dan bakso goreng.

Kami tertarik menjajal setengah porsi Bakso Ati Raja campur (Rp 15.000) dan satu porsi bakso goreng (Rp 30.000). Bakso datang dalam kondisi kuah panas mengepul. Aroma gurih kaldunya langsung menggelitik hidung.

Bakso Ati Raja: Enaknya Nyuk Nyang Makassar Dimakan dengan BurasaFoto: dok. detikFood

Baca Juga: Sluurp! Gurih Nikmat Konro Karebosi yang Legendaris di Makassar

Setengah porsi Bakso Ati Raja Campur berisi 5 buah yang terdiri dari 3 bakso halus dan 2 bakso kasar. Tampilan bakso cenderung polos karena hanya ditambahkan irisan daun bawang saja. Kuah kaldunya bening, hampir tak ada jejak minyak.

Slurpp! Kuah kaldu bakso di sini terasa gurih menyegarkan. Gurihnya cenderung 'bersih' di tenggorokan seperti minim pemakaian MSG. Sementara kehadiran daun bawang menambah aroma sekaligus rasa yang bikin makin enak.

Bakso Ati Raja: Enaknya Nyuk Nyang Makassar Dimakan dengan BurasaFoto: dok. detikFood

Supaya makin 'nendang', kami meracik kuah bakso dengan berbagai pelengkap yang ada di meja makan. Diantaranya sambal khas Bakso Ati Raja, potongan jeruk nipis segar, dan kecap manis.

Perasan jeruk nipis menambah aksen asam yang segar pada kuah kaldu. Sangat enak dipadukan sambal berbahan bawang putih dan cabai rawit yang pedasnya kuat. Kombinasi asam, pedas, dan gurih ini bikin kami jatuh cinta!

Untuk bakso halus, bentuknya tidak bulat sempurna. Ukurannya lumayan besar dengan warna putih sedikit cokelat. Keempukan bakso halusnya juara! Apalagi rasa dagingnya sangat kuat. Bakso Ati Raja memang hanya menggunakan 100% daging sapi dengan komposisi tepung yang tak banyak.

Bakso Ati Raja: Enaknya Nyuk Nyang Makassar Dimakan dengan BurasaFoto: dok. detikFood

Sementara bakso kasarnya berwarna hitam gelap. Banyak orang menduga bakso ini diracik dari urat, padahal dari bagian daging khusus. Kami menduga daging tersebut adalah sengkel. Teksturnya agak kenyal, liat, dan berserat. Mirip bakso goreng yang ada di bakwan Malang.

Kenikmatan lain juga kami temukan pada bakso goreng. Per porsi isinya 10 buah. Ukurannya lumayan besar dengan tampilan mirip tahu bulat. Hanya saja bagian dalamnya padat karena merupakan adonan bakso plus daun bawang.

Bakso Ati Raja: Enaknya Nyuk Nyang Makassar Dimakan dengan BurasaFoto: dok. detikFood

Bakso goreng ini terasa kenyal di luar dan lembut di dalam. Gurihnya bakso makin enak ketika dicelup ke saus asam manis yang mirip saus Thailand. Kabarnya menu inilah yang membuat Bakso Ati Raja mendapat tempat di hati pencinta nyuk nyang sejak berdiri tahun 1995.

Konon bakso goreng adalah menu tidak sengaja yang berawal dari kegagalan. Saat itu sang pemilik salah membuat adonan bakso. Alih-alih dibuang, ia malah menggorengnya. Ternyata banyak orang suka dengan kreasi bakso goreng ini.

Baca Juga: Coto Daeng Sirua: Nikmatnya Coto Makassar Kuah Putih Isi Daging hingga Paru

Semangkuk bakso Ati Raja Campur makin memuaskan saat dipadukan potongan burasa. Seorang teman merekomendasikan kami untuk mencicipi burasa di sini. Harganya Rp 6.000 per potong dengan ukuran sedang.

Bakso Ati Raja: Enaknya Nyuk Nyang Makassar Dimakan dengan BurasaFoto: dok. detikFood

Benar saja, burasa di sini sangat empuk, lembut, gurih, dan wangi daun pisang. Menyantap satu potong saja rasanya kurang. Pasalnya ketika direndam dalam kuah bakso, rasa burasa makin mantap.

Selain bakso, rumah makan ini juga menjual menu lain seperti nasi ayam goreng, capcay, soto Banjar, nasi goreng Jakarta, hingga mie goreng Jawa. Harganya rata-rata Rp 35.000. Juga camilan seperti bakwan udang, lumpia, tahu isi, sampai pisang goreng.

Oh ya, selain bersantap di tempat, pengunjung juga bisa membawa pulang Bakso Ati Raja sebagai oleh-oleh. Bakso ini tersedia dalam kondisi beku sehingga awet untuk dibawa ke luar kota.

Kalau ke Makassar, pencinta bakso sebaiknya tak melewatkan nyuk nyang di sini. Rasanya layak dicicipi dan harganya juga tidak terlalu mahal.

Bakso Ati Raja
Jalan Gunung Merapi Nomor 177

Jalan Penghibur Nomor 54B, dekat Pantai Losari



Simak Video "Gurih Mantap Nyuk Nyang Makassar Dimakan dengan Burasa"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)