ADVERTISEMENT

Sluurp! Gurih Nikmat Konro Karebosi yang Legendaris di Makassar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 21 Mar 2020 12:00 WIB
Konro Karebosi
Foto: dok. detikFood
Makassar -

Jalan-jalan ke Makassar tak lengkap tanpa mampir ke Konro Karebosi. Di sini ada konro bakar dan sup konro yang kenikmatannya tak tertandingi.

Makassar menawarkan banyak pilihan kuliner tradisional enak. Ada coto, pallubasa, sampai konro yang sayang dilewatkan. Sebagai penggemar iga sapi, kami tak melewatkan sajian konro di kota yang memiliki ikon Pantai Losari ini.

Dari banyaknya tempat makan konro di Makassar, Konro Karebosi adalah yang paling terkenal. Lokasinya ada di Jalan Gunung Lompobattang, menempati bangunan ruko dua lantai. Rumah makan ini selalu ramai terutama di jam makan siang dan malam.

Sluurp! Gurih Nikmat Konro Karebosi yang Legendaris di MakassarFoto: dok. detikFood

Konro Karebosi memiliki sejarah panjang. Konon sudah ada sejak 1968. Awalnya didirikan H. Hanaping dari warung tenda di Lapangan Karebosi. Dari sinilah nama 'Konro Karebosi' berasal. Pada 1972, H. Hanaping memindahkan lokasi berjualannya ke ruko hingga hadi tempat makan konro ternama.

Cita rasa konro di sini disebut tidak berubah. Hanya ada 2 menu yang ditawarkan yaitu konro bakar dan sup konro. Masing-masing harganya sekitar Rp 70.000.

Baca Juga: Coto Daeng Sirua: Nikmatnya Coto Makassar Kuah Putih Isi Daging hingga Paru

Dua menu konro ini tersaji cepat. Tampilannya menggugah selera karena memperlihatkan potongan iga sapi yang besar. Menurut kami ini sepadan dengan harganya, bahkan tergolong terjangkau.

Sluurp! Gurih Nikmat Konro Karebosi yang Legendaris di MakassarFoto: dok. detikFood

Untuk konro bakar disajikan bersama limpahan saus kacang dan kuah kaldu. Konro bakar beraroma smoky khas daging panggang. Bagian luarnya agak garing sedangkan dalamnya super lembut. Dikoyak sedikit pakai garpu, daging iga langsung terlepas dari tulang. Rasa gurih dari saus kacangnya pas, tidak terlalu pekat.

Untuk kuahnya berwarna cokelat cenderung hitam. Kuah konro bakar ini dibuat dari kluwak dengan paduan rempah yang menghadirkan rasa gurih enak. Paling enak menyeruput kuah usai menyantap konro bakar.

Sluurp! Gurih Nikmat Konro Karebosi yang Legendaris di MakassarFoto: dok. detikFood

Kenikmatan konro pada olahan sup tak jauh beda. Hanya saja menurut kami dagingnya lebih lembut karena daging dimasak bersama kuah kaldu. Tambahan sedikit seledri dan bawang goreng menambah cita rasa.

Untuk pelengkap, Konro Karebosi menyediakan perasan jeruk nipis, kecap manis, dan sambal khas Makassar berwarna merah oranye di meja. Rasa pedas sambalnya lumayan nendang hingga bikin nafsu makan bertambah.

Sluurp! Gurih Nikmat Konro Karebosi yang Legendaris di MakassarFoto: dok. detikFood

Mengenai bumbu, konro dibuat dengan aneka rempah. Mulai dari kayu manis, kapulaga, daun salam, cengkeh, kluwak, jinten, biji pala, dan banyak lainnya.

Kelezatan Konro Karebosi membuatnya bisa melebarkan sayap. Buktinya mereka membuka buka cabang di kota-kota lain. Di Jakarta gerainya ada di Kelapa Gading. Tertarik mencicipi?

Baca Juga: Konro Bakar Paling Empuk dan Enak Ada di Sini!



Simak Video "Bikin Laper: Kapurung Khas Makassar yang Segar dan Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT