Ayam Afrika: 24 Jam Bisa Makan Kambing dan Ayam Goreng Afrika di Sini

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 28 Nov 2019 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Terletak di daerah Menteng, ada tempat makan ayam goreng yang unik dan buka selama 24 jam. Dari ayam hingga kambing goreng ala Afrika enak ada di sini.

Di Jalan Kebon Sirih, ada tempat makan sederhana yang sudah populer sejak dulu. Namanya Ayam Afrika, dan menu yang ditawarkan juga sederhana, ada ayam, kambing, hingga ikan goreng yang ditaburi irisan bawang bombai goreng di atasnya.

Baca Juga: Ayam Goreng Jawa Berbumbu Sederhana yang Legendaris Ada di Sini

Ayam Afrika: 24 Jam Bisa Makan Kambing dan Ayam Goreng Afrika di SiniFoto: dok. detikFood

Tempat makan ini berdiri sejak awal 2003. Berawal dari resep ayam goreng Afrika, yang didapat pemilik tempat makan dari teman-temannya yang asli orang Afrika. Hidangan ayam goreng ini kini sudah memiliki banyak penggemar.

Penasaran dengan cita rasa ayam goreng ini, kami pun memesan Nasi Ayam Afrika (Rp 20.000). Pelayanannya cepat, meski pun pengunjungnya ramai. Sekilas tampilan ayam Afrika ini mirip seperti ayam goreng pada umumnya, hanya saja ciri khasnya terletak pada taburan irisan bawang bombai di atasnya.

Bawang bombai ini lah yang menjadi ciri khas dari ayam goreng di Afrika. Namun untuk menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia, bawang bombai yang aslinya disajikan mentah, di Ayam Afrika disajikan menjadi bawang bombai goreng yang gurih.

Ayam Afrika: 24 Jam Bisa Makan Kambing dan Ayam Goreng Afrika di SiniFoto: dok. detikFood

Potongan ayam gorengnya cukup besar, karena mereka menggunakan potongan ayam negeri, yang diolah dengan panci bertekanan hingga tekstur daging tak alot, dan lebih empuk. Agar rasanya lebih enak, ayam ini digoreng garing dan berpadu sempurna dengan rasa gurih manis dari irisan bawang goreng bombai yang melimpah di atasnya.

Rasa enak dari ayam Afrika ini juga tak lepas dari sambal khas tempat makan ini. Karena ada sambal biasa, dan ada juga sambal yang dicampur dengan kemiri, bawang putih, cabai hijau, dan sedikit paprika yang sudah dihaluskan. Karenanya rasa pedasnya ini seimbang, dan tentunya membuat rasa sambal berbeda dengan sambal ayam goreng lainnya.

Ayam Afrika: 24 Jam Bisa Makan Kambing dan Ayam Goreng Afrika di SiniFoto: dok. detikFood

Tak hanya ayam goreng, di sini juga menyediakan Nasi Kambing Afrika (Rp 50.000). Karena dulunya, tempat makan ini fokus menyajikan hidangan kambing hingga sop kambing. Di sini potongan daging kambing bagian leher yang sudah dipresto, membumbung tinggi dengan baluran bawang bombai goreng di atasnya. Aroma harum dari bawang bombai ini mengurangi aroma prengus dari daging kambing.

Meski ukurannya besar, tapi daging kambing ini tidak alot, cukup empuk dan tidak sulit dilepaskan dari tulang. Cukup dicocol dengan sambal dan tambahan bawang bombai, serta nasi putih, dijamin rasanya bikin nagih dan membuat kita tak bisa berhenti makan.

Ayam Afrika: 24 Jam Bisa Makan Kambing dan Ayam Goreng Afrika di SiniFoto: dok. detikFood

Porsi daging kambing yang besar ini, bisa untuk porsi makan dua orang. Bisa juga dijadikan menu tambahan saat makan ayam goreng Afrika.

Oh ya, semua ayam goreng di sini disajikan secara segar. Karena Ayam Afrika selalu menyajikan ayam goreng dan kambing yang diolah hari itu, jadi selain rasanya enak, harganya yang terjangkau, makanan di sini juga punya kualitas terjamin.

Nah, bagi yang lapar di malam hari. Bisa langsung menyambangi Ayam Afrika, karena setiap harinya mereka buka selama 24 jam penuh. Bisa juga pesan lewat aplikasi online.

Baca Juga: Ayam Goreng Terenak di Jakarta Bisa Dinikmati di 5 Tempat Ini

Ayam Afrika
Jl. Kb. Sirih Tim. Dalam No.02.
Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: 0815-8686-1692

Simak Video "Gurih Lezat Nasi Ayam dan Kambing Khas Afrika "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)