Danau Bakso: Bakso Juicy dan Siomay Gurih Mantap di Tepi Danau

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 20 Mar 2019 16:50 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Jelang akhir bulan tetap bisa makan bakso, siomay, hingga mie ayam enak dengan harga terjangkau. Di kedai bakso legendaris ini semaunya ada.

Di wilayah Ciracas, Jakarta Timur, ada kedai bakso yang sudah berdiri sejak belasan tahun lalu. Namanya Danau Bakso, lokasinya dekat dengan danau Rawa Indah. Tempatnya sederhana, tapi kedai bakso ini selalu dipenuhi dengan pengunjung.

Baca Juga: Bakso Malik: Murah dan Mantap! Bakso Gerobakan Legendaris dengan Limpahan Tetelan
Danau Bakso: Bakso Juicy dan Siomay Gurih Mantap di Tepi DanauFoto: dok. detikFood
Meski bagian dalam kedai sedikit gelap, tapi tetap nyaman dengan semilir angin sejuk. Di sini menunya yang ditawarkan tak banyak, ada Bakso Mie Campur (Rp 17.000), Mie Ayam Bakso (Rp 17.000), dan Siomay (Rp 17.000).

"Sudah belasan tahun jualannya, sudah lama jualan di sini. Menunya tidak pernah berubah, racikannya juga tetap sama," tutur salah satu pelayan di sana.

Walau pengunjungnya cukup banyak, tapi pelayanannya terbilang cepat. Kurang dari 10 menit, semua pesanan kami tersedia. Pertama ada semangkuk mie bakso campur, dengan aroma kuah kaldu dan irisan daun bawang yang harum.
Danau Bakso: Bakso Juicy dan Siomay Gurih Mantap di Tepi DanauFoto: dok. detikFood
Seporsi bakso campur disajikan dengan mie kuning, bihun, dua butir bakso urat, dan tiga butir bakso polos. Kuahnya bening, dan tidak terlalu berlemak tapi tetap gurih enak. Cocok bagi Anda penggemar bakso, yang tidak terlalu suka dengan rasa lemak sapi.

Racikan bakso yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Bakso uratnya kenyal juicy diselingan irisan urat sapi yang banyak. Meski teksturnya sedikit kasar di dalam, tapi justru makin asyik dikunyah karena gurih.

Bagi penggemar pedas, jangan lupa tambahkan sambal rawit merah super pedas yang jadi andalan di sini. Karena rasa pedasnya, dijamin menyengat nendang dan bikin ketagihan.
Danau Bakso: Bakso Juicy dan Siomay Gurih Mantap di Tepi DanauFoto: dok. detikFood
Lalu ada mie ayam bakso, disajikan dengan kuah terpisah dan menggunakan sedikit kecap, mirip seperti yamin. Mie ayam dilengkapi dengan satu bakso urat, bakso polos, dan sawi. Juga ada potongan daging ayam kecap dengan daun bawang.

Tekstur mienya kenyal, dengan jejak rasa gurih dari kecap asin, lada, serta minyak ayam. Tentunya menyantap mie ayam ini semakin enak dengan bakso urat sedap, hingga bakso polos lembut yang begitu terasa daging sapinya. Bisa juga tambahkan mie ayam, dengan kuah kaldu sapi bertabur bawang goreng.

Siomay yang legendaris di sini disajikan dengan saus kacang kental, yang tak kalah menggoda selera. Di Danau Bakso, kelezatan siomaynya juga sudah terkenal. Seporsi siomay ini berisi tahu putih, kentang, telur rebus utuh, dan tentunya siomay.
Danau Bakso: Bakso Juicy dan Siomay Gurih Mantap di Tepi DanauFoto: dok. detikFood
Siomay disajikan saat masih hangat, teksurnya lembut, dengan rasa ikan tenggiri yang tidak amis. Saus kacangnya juga kental, sedikit manis dengan jejak rasa bawang putih. Porsinya cukup royal, sehingga menyantap seporsi siomay enak ini dijamin kenyang.

Nah, jika ditotalkan dengan uang Rp 50.000 saja. Makan di sini sudah bisa dapat seporsi bakso, mie ayam, hingga siomay yang enak dan ramah di kantong.

Baca Juga: Bakso Sukowati: Lezatnya Bakso Asli Sragen Langganan SBY dan Keluarga

Danau Bakso

Jl. Lap. Tembak, RT.1/RW.9.
Ciracas, Jakarta Timur.
Telp: (021) 84594811

(sob/odi)