Bakso Sukowati: Lezatnya Bakso Asli Sragen Langganan SBY dan Keluarga

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 13 Feb 2019 16:58 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Mampir ke wilayah Cikeas ada kedai bakso legendaris. Bakso Sukowati terkenal sebagai bakso yang disukai oleh SBY dan keluarga sejak dulu.

Berjualan sejak tahun 1994, Bakso Sukowati mulai terkenal setelah menjadi langganan dari keluarga mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bahkan SBY sudah berlangganan bakso asal Sragen ini jauh sebelum beliau menjabat menjadi presiden.

Hingga saat ini Bakso Sukowati selalu ramai dengan pengunjung. Bermodalkan gerobak panjang yang besar, ribuan mangkok bakso ludes terjual setiap harinya. Ruang makan dan parkirannya juga luas, sehingga memudahkan orang untuk makan di kedai bakso ini.

Baca Juga: Bakso Cendana : Ini Gurih Nikmatnya Bakso Favorit Keluarga Cendana
Bakso Sukowati: Lezatnya Bakso Asli Sragen Langganan SBY dan KeluargaFoto: dok. detikFood
Menu yang ditawarkan tidak pernah berubah sejak 24 tahun lalu. Hanya bakso polos, dengan pilihan mie kuning atau bihun. Waktu penyajiannya juga secepat kilat, kurang dari 5 menit pesanan bakso sudah diantarkan ke setiap meja.

Dulu Pak Sugimin langsung yang melayani setiap pesanan pembeli. Kini Pak Sugimin hanya mengawasi saja bisnis kulinernya ini.

Satu porsi bakso Sukowati dihargai Rp 20.000. Terdiri enam butir bakso polos, mie, dan ditaburi bawang goreng serta seledri. Aroma dari kuah bakso yang mengepul panas begitu gurih menggugah selera. Baksonya berukuran sedang, ketika dipotong, tekstur bakso cukup kenyal dan lembut.
Bakso Sukowati: Lezatnya Bakso Asli Sragen Langganan SBY dan KeluargaFoto: dok. detikFood
Kaldu sapinya bening, tidak terlalu berlemak, sehingga tidak meninggalkan kerak minyak di mulut. Ringan tetapi gurih kaldunya cukup kuat dan tidak terlalu asin. Di sini disediakan tambahan garam di setiap meja, untuk menyesuaikan selera.

Sementara untuk rasa baksonya, meski bakso polos tapi rasa daging sapi terasa begitu kuat dengan campuran jejak rasa bawang putih dan lada di setiap gigitan, tidak kalah dengan bakso urat atau bakso isi lainnya. Sensasi sedap gurih dari setiap butir bakso, semakin enak saat dipadukan dengan mie kuning kenyal, dan taburan bawang goreng.
Bakso Sukowati: Lezatnya Bakso Asli Sragen Langganan SBY dan KeluargaFoto: dok. detikFood
Kalau tidak suka mie kuning, paduan bakso dengan bihun juga tidak kalah enak. Di sini isan porsi dan mie kuningnya cukup royal, jadi menyantap satu porsi bakso ini cukup kenyang.

Banyak juga pelanggan yang sering membeli bakso kuah saja. Biasanya bakso kuah ini diracik dengan sambal cabe rawit yang merah pedas, dipadukan dengan sedikit kecap agar rasanya semakin enak.
Bakso Sukowati: Lezatnya Bakso Asli Sragen Langganan SBY dan KeluargaFoto: dok. detikFood
Tidak heran SBY dan keluarga selalu memesan bakso ini, mulai dari acara keluarga hingga acara kenegaraan dulu yang sering digelarnya. Nah, jika penasaran ingin mencoba langsung racikan bakso legendaris ini, bisa mampir langsung ke Cikeas!

Baca Juga: Mie Ayam Bakso Yunus: Mantap! Mie Yamin Bakso Legendaris yang Jadi Favorit Para

Bakso Sukowati Cikeas
Jl. Letda Nasir, Nagrak, Gn. Putri.
Bogor, Jawa Barat.
Telp: (021) 82466044


Tonton video 'Menikmati Bakso Langganan SBY di Cikeas':

[Gambas:Video 20detik]




(sob/odi)