Kedai Kollout: Kafe Antik di Bogor Ini Punya Rawon Klasik yang Mantap Gurihnya

ADVERTISEMENT

Kedai Kollout: Kafe Antik di Bogor Ini Punya Rawon Klasik yang Mantap Gurihnya

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 12 Des 2022 12:00 WIB
4
"Area makan yang nyaman dilengkapi menu yang enak bikin betah lama-lama!" - odi
Kedai Kollout: Kafe Antik di Bogor Ini Punya Rawon Klasik yang Mantap Gurihnya
Foto: detikcom
Jakarta -

Di Bogor ada kedai yang menyajikan berbagai hidangan Nusantara. Salah satu menu andalannya adalah rawon yang digadang-gadang menjadi rawon terbaik di Bogor.

Kota Bogor yang menjadi salah satu bagian dari provinsi Jawa Barat identik kental dengan budaya khas Sunda. Selain kafe yang menjamur, berbagai restoran khas Sunda juga mudah ditemui dan banyak dikunjungi ketika datang ke Bogor.

Selain berbagai makanan khas Sunda ternyata ada salah satu tempat makan yang menyajikan makanan khas Jawa. Menunya begitu variatif, mulai dari cita rasa yang klasik hingga kekinian bisa dipesan oleh pengunjung yang datang.

Tak hanya pilihan makanannya saja, bangunan dari tempat makan ini juga merupakan bangunan kolonial. Berupa rumah tua yang dimodifikasi menjadi tempat makan sehingga terasa nyaman seperti di rumah nenek.

Menyambangi Kedai Kollout (13/11) detikfood mencicipi langsung cita rasa menu rawon andalan mereka yang disebut-sebut menjadi rawon terbaik di Kota Bogor. Ada juga beberapa menu makanan klasik hingga kekinian yang kami cicipi di sana, seperti apa rasanya?

Detail Informasi
Nama Tempat MakanKedai Kollout
AlamatJl. Destarata 3 No.2, RT.01/RW.16, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor.
InstagramInstagram @kollout
Jam OperasionalSenin - Minggu, 11.00 - 22.00
Estimasi HargaRp 20.000 - Rp 55.000
Tipe KulinerTradisional, Jawa
Fasilitas
  • Makan di Tempat
  • Bawa pulang
  • Reservasi untuk acara
  • dll.
Kedai Kollout: Kafe Antik di Bogor Ini Punya Rawon Klasik yang Mantap GurihnyaKedai Kollout masih menjaga keaslian bangunan era kolonial yang nyaman. Foto: detikcom

Bagunan kolonial yang nyaman

Untuk tiba di Kedai Kollout pertama kalinya, wajib memperhatikan arahan lokasi yang ditunjukkan Googlemap. Walaupun plang namanya sudah terlihat dari pinggir jalan tetapi akses masuknya menyatu dengan perumahan dengan sebuah gerbang. Jalannya tak terlalu besar sehingga agak repot jika berpapasan dengan kendaraan lain.

Ketika tiba di Kedai Kollout suasana tradisionalnya akan langsung terasa. Bangunan rumah tua yang tak direnovasi dan hanya sedikit dimodifikasi juga tampil berbeda dengan bangunan lain di perumahaan sekitarnya.

Tembok dengan sentuhan batu masih dipertahankan di bagian depannya. Ditambah kursi-kursi kayu dan keramik layaknya rumah tua semakin menambah kesan 'rumah nenek' pada kedai yang sudah berdiri sejak tahun 2016 ini.

Di bagian dalam ada meja kasir sekaligus pemesanan. Kedai yang dari luar hanya terlihat seperti bangunan satu lantai ternyata memiliki area mezzanine yang juga dimanfaatkan sebagai area makan. Menggunakan kayu dan desain kuno bernuansa era 1960an.

Gurihnya rawon terbaik di kota Bogor

Kedai Kollout: Kafe Antik di Bogor Ini Punya Rawon Klasik yang Mantap GurihnyaMenu rawonnya disebut-sebut menjadi rawon terbaik di Bogor. Foto: detikcom

Sesuai dengan slogannya, Kedai Kollout mengaku mereka memiliki rawon terbaik di Kota Bogor. Pengakuannya ini yang membuat kami semakin penasaran dan tak sabar untuk mencobanya semangkuk rawon yang disajikan di sini.

"Di sini kita menu andalannya ada rawon dan yang paling banyak dipesan pelanggan juga rawon. Ada rawon daging, iga, buntut, nasi goreng rawon hingga mie goreng rawon juga ada semua," kata salah satu pekerja kepada detikcom.

Setelah memesan, sekitar 10 menit kami harus menunggu hingga rawon yang dipesan disajikan di atas meja. Lengkap dengan nasi, sambal, kecambah dan telur asin seporsi rawon di sini dibanderol seharga Rp 44.000 dengan porsi yang mengenyangkan.

Potongan daging di dalam rawonnya tidak terlalu tebal. Tetapi rasa bumbu dan kuahnya meresap dengan sempurna ke dalam dagingnya. Teksturnya juga empuk dan tidak alot, masih sangat mudah untuk dipotong dan lunak saat dikunyah.

Kuah rawonnya benar-benar disajikan dalam kondisi panas mengepul di atas meja. Bumbunya yang kental dan kluwek yang pekat gurih. Cocok disantap ketika hujan atau cuaca dingin.



Simak Video "Gurih Berempah Rawon Kiroman di Malang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT