Warung Dumi: Sedap Smoky Nasi Flambe Sambal Terasi Bojonegoro

ADVERTISEMENT

Warung Dumi: Sedap Smoky Nasi Flambe Sambal Terasi Bojonegoro

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 28 Okt 2022 12:00 WIB
4
"Cita rasa nasi flambe ada pada sambal terasinya. Sambal terasinya terasa segar, ada rasa dan aroma smoky hasil dari proses memasaknya." - odi
Bojonegoro -

Mampir ke Bojonegoro, Jawa Timur bisa mencicipi kuliner khas nasi flambe. Disajikan dengan sambal yang cara masaknya terinspirasi dari Prancis.

Bojonegoro merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini dikenal dengan julukan kota jati, karena banyak hutan jati yang nantinya akan diproduksi menjadi mebel hingga kerajinan.

Di samping itu, kuliner khas Bojonegoro juga tak kalah populer. Salah satunya ada nasi flambe, hidangan berupa nasi putih yang disajikan dengan aneka lauk dan sambal.

Jika ingin mencicipinya, kamu bisa mampir ke Warung Dumi yang dikenal sebagai spesialis nasi flambe. Warung Dumi ini berlokasi di Jalan Rajawali Pojok, nomor 94, Bojonegoro.

Detail Informasi (Nama Tempat Makan)
Nama Tempat MakanWarung Dumi
AlamatJalan Rajawali Pojok, nomor 94, Bojonegoro, Jawa Timur
No Telp0818-525-805
Jam Operasional11.00
20.00
Estimasi HargaRp 7.000-Rp 15.000
Tipe KulinerKuliner Tradisional Jawa
Fasilitas
  • Area makan
  • Area salat

1. Berdiri Sejak Tahun 2012

Warung DumiWarung Dumi merupakan milik seorang pria bernama Jeffry Kurniawan. Foto: detikcom/Riska Fitria

Warung Dumi merupakan milik seorang pria bernama Jeffry Kurniawan. Jeffry sendiri merupakan seorang juru masak yang sudah bergelut di dunia kuliner sejak lama.

Kepiawaiannya dalam memasak membuat dirinya memutuskan untuk mendirikan bisnis kuliner bernama Warung Dumi. Gerai makan tersebut pertama kali didirikan pada tahun 2012.

"Dumi berdiri sejak 2012 semula bernama Kebon Iwak menjual Gurami Bakar lalu berubah nama menjadi Dumi tahun 2013 menjual mie ayam. Tahun 2014 mulai ada menu nasi flambe," ujar Jeffry.

Selama menjalani bisnis kuliner, Jeffry sempat mengubah-ubah menu yang ditawarkan. Awalnya, Jeffry menawarkan menu mie goreng telur. Kemudian ia sempat menawarkan Chinese food.

Lalu beralih menawarkan kuliner tradisional, seperti soto Madura, sate, bebek goreng dan kini di Warung Dumi ia berfokus menawarkan menu penyetan, bakaran dan nasi flambe.

2. Apa Itu Nasi Flambe?

Warung DumiNasi flambe adalah sejenis nasi rames, nasi yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk. Foto: detikcom/Riska Fitria

Nasi flambe adalah sejenis nasi rames, nasi yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk. Lauk yang disajikan pada nasi flambe adalah telur orak-arik, ayam bakar suwir, udang tepung goreng, lalapan seperti timun dan kemangi.

Kemudian juga disajikan dengan sambal terasi. Nah, penambahan sambal terasi ini lah yang menjadi pembeda dengan nasi rames lainnya. Sambal terasi di nasi flambe di masak dengan cara berbeda.

Jeffry menjelaskan bahwa cara memasaknya terinspirasi dari metode memasak ala Prancis. Kata 'flambe' juga diambil dari bahasa Prancis flambé yang artinya gaya memasak menggunakan api besar.

Gaya memasak flambe di Prancis menggunakan minuman alkohol pada masakan untuk menghasilkan api yang besar. Namun, masyarakat Bojonegoro memodifikasi menggunakan minyak.

3. Suasana Makan di Warung Dumi

Warung DumiWarung Dumi buka setiap hari mulai dari pukul 11.00-20.00. Warung makan ini tidak begitu luas, tetapi cukup nyaman. Foto: detikcom/Riska Fitria

Warung Dumi buka setiap hari mulai dari pukul 11.00-20.00. Warung makan ini tidak begitu luas, tetapi cukup nyaman. Warungnya didominasi warna biru dan kuning.

Lokasinya yang strategis dekat dengan stasiun kereta Bojonegoro. Kamu akan langsung mengenali warungnya karena terdapat tulisan 'Dumi' dengan ukuran yang besar.

Datang ke sana bisa langsung pesan di kasir dan langsung melakukan pembayaran. Transaksinya bisa dilakukan tunai maupun non tunai. Setelah itu, bisa langsung pilih tempat duduk.

Nanti pesanan akan diantarkan oleh pelayan di sana. Karena buka bertepatan dengan jam makan siang, saat kami datang pun banyak yang sudah pesan baik pelanggan yang makan di sana maupun yang pesan via ojek online.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT