Gurih Nagih Ramen

Mantap! Cicip Jinoramen hingga Pidis Jiwi Men di Resto Alshad Ahmad

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 29 Mei 2022 13:00 WIB
Mantap! Cicip Jinoramen hingga Pidis Jiwi Men di Resto Alshad Ahmad
Foto: detikfood
Jakarta -

Bisnis ramen kekinian ditekuni Alshad Ahmad dan Menantea Group. Mereka membuka Kumaw Ramen di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat dengan menu andalan Jinoramen hingga Pidis Jiwi Men.

Gerai ramen di Jakarta dan sekitarnya hadir dalam beragam konsep. Salah satunya mengusung menu naked ramen atau dry ramen. Ramen ini disajikan tanpa kuah (kering) lalu dikemas menggunakan kemasan praktis.

Mantap! Cicip Jinoramen hingga Pidis Jiwi Men di Resto Alshad AhmadKumaw Ramen milik Alshad Ahmad dan Menantea Group di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Foto: detikfood

Bernama Kumaw Ramen, usaha milik kreator konten Alshad Ahmad dan Menantea Group ini baru dibuka sebulan lalu. Gerainya ada di Lantai 2 Menantea Benhil, Jalan Danau Tondano Nomor 4B.

Kumaw Ramen menerapkan sistem self service dimana pengunjung memesan makanan langsung ke kasir hingga diharapkan merapikan kemasan makanan sendiri nantinya. Menu ramen di sini hadir dalam 7 pilihan.

Kepada detikfood (29/5), Jehian Panangian Sijabat selaku CEO Menantea menjelaskan Kumaw Ramen menghadirkan ramen kontemporer. "Spesialisasinya ada di dry ramen, itu kenapa kita kasih slogan "Best Naked Ramen"," katanya.

Ramen di sini dijajakan dengan ragam tempura. "Harapannya, kan dry ramen itu identiknya dengan sesuatu yang polos tanpa kuah. Jadi kalau dipadukan dengan tempura jadi sesuatu yang enak, yang bisa dinikmati oleh banyak orang," tutur kakak Jerome Polin itu.

Ia tak menampik kalau menu Kumaw Ramen disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Jehian menjelaskan, "Ramen identik dengan Jepang tapi kami sadar bikin bisnis ini di Indonesia. Itu kenapa racikan naked ramen kita bukan benar-benar yang 'medok' Jepang banget. Kita justru mengombinasikannya dengan ciri khas Indonesia, misalnya sambal dimana kalau di Jepang pasti nggak pakai sambal."

Jinoramen yang jadi menu andalan

Mantap! Cicip Jinoramen hingga Pidis Jiwi Men di Resto Alshad AhmadJinoramen, menu signature Kumaw Ramen yang layak dicoba. Foto: detikfood

Jinoramen selintas mengingatkan banyak orang dengan Jinora, nama salah satu harimau peliharaan Alshad Ahmad. Agaknya nama Jinora menjadi inspirasi nama menu signature Kumaw Ramen ini.

Jinoramen dibuat dengan saus homemade dengan pilihan varian tidak pedas dan pedas. Harganya Rp 38 ribu per porsi.

detikfood (25/5) melihat langsung proses pembuatan ramen di restoran dengan konsep open kitchen ini. Secara umum, mie ramen di sini direbus 1,5 menit saja.

Setelahnya ramen dimasukkan ke dalam cup kertas, dibumbui minyak bawang dan penyedap rasa, lalu diaduk jadi satu. Ramen juga diberi topping seperti chashu ayam, irisan daun bawang, rumput laut (nori), telur ajitama, wijen putih, dan irisan jeruk nipis.

Pada Jinoramen, seorang pegawai Kumaw Ramen menjelaskan bumbu utamanya berupa dark soy. Ramen ini memiliki rasa gurih khas shoyu yang nikmat.

Tekstur mie keritingnya juga lembut dan kenyal sehingga melengkapi kenikmatan ramen. Menurut kami Jinoramen jadi pilihan aman untuk mereka yang mau mencicipi menu 'original' dan tak suka pedas.

Pidis Jiwi Men yang pedasnya nendang

Mantap! Cicip Jinoramen hingga Pidis Jiwi Men di Resto Alshad AhmadPidis Jiwi Men (paling atas), ramen pedas dari Kumaw Ramen yang pedasnya nendang. Foto: detikfood

Penggemar Menantea pasti tak asing dengan Pidis Jiwi, saus yang dipakai untuk menu kentang goreng andalan mereka. Saus ini rupanya juga hadir di Kumaw Ramen dalam menu Pidis Jiwi Men (Rp 38 ribu).

Ramen dibuat dengan campuran saus super pedas ini, kemudian terakhir diberi topping saus serupa. Jadi ada 2 kali penambahan saus Pidis Jiwi. Tak heran kalau warna ramen ini kemerahan setelah diaduk rata.

Soal rasa, pedasnya Pidis Jiwi Men benar-benar menantang! Kami yang penggemar pedas saja merasa cukup kaget di awal dengan sengatan panas dan pedas saus cabe ini. Rasa pedasnya kian intens pada suapan selanjutnya.

Ramen Pidis Jiwi Men maupun Jinoramen semakin nikmat dimakan dengan chashu ayam yang memiliki aroma smokey karena proses pembakaran. Teksturnya juga lembut dan padat.

Untuk telurnya disebut ajitama dimana telur dibumbui bawang hingga shoyu. Telur yang biasa jadi pelengkap ramen ini memiliki kuning yang masih leleh sehingga terasa creamy dan gurih. Oishii!

Kumaw Ramen juga punya menu ramen kuah. Baca di halaman selanjutnya.