Review UMKM

Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam Gang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 06 Apr 2022 12:00 WIB
Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam Gang
Foto: detikfood

Quiche hingga pie apple yang layak dicoba

Jika ketupat kari gule adalah menu racikan sang ayah, maka aneka pastry yang dijual di Dapur Bandha adalah racikan Vania. Wanita lulusan jurusan Kimia ini mengaku hobi baking sejak dulu.

Menu andalannya, Quiche (Rp 25.000) yang resepnya sudah ia kembangkan sejak 11 tahun lalu. Semua berawal ketika dirinya les bahasa Prancis dan jatuh cinta pada budaya negara itu. Ia pun jadi mengenal apa itu quiche.

Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam GangQuiche buatan Dapur Bandha dengan isian jamur, bayam, smoked beef, dan 3 jenis keju lokal. Foto: detikfood

Quiche di sini berisi potongan jamur champignon yang gurih kenyal, daging asap (smoked beef), dan bayam. Rasa gurihnya kuat, namun tak bikin eneg. Berasal dari paduan 3 jenis keju lokal.

Untuk kulit quiche-nya memiliki tekstur empuk, lembut, dan renyah. Sebagai kulit quiche, ukurannya tidak terlalu tipis maupun tebal. Vania menjelaskan, kulit quiche ini hanya dibuat dari 3 bahan yaitu butter, tepung, dan air.

Tertarik dengan pastry manis, kami memesan Pie Apple (Rp 17.000) yang diberi topping es krim vanilla. Begitu dipotong, terlihat isian pie apple ini melimpah!

Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam GangPie apple di sini layak dicoba karena isiannya memakai apel granny smith yang asam segar. Foto: detikfood

Tercecap rasa asam segar yang puaskan selera dari isiannya, apalagi diiringi aroma kayu manis yang enak. Vania sengaja memakai apel Granny Smith. Ia punya alasan tersendiri.

"Sudah pernah coba pakai apel lokal, dapetnya rasanya cuma manis dingin gitu. Nggak dapet tuh 'body'nya. Kalau Granny Smith, asemnya dapat. Karena aku ngga suka manis, aku lebih menonjolkan segarnya. Ada kacang walnut, supaya ada tekstur juga," jelasnya.

Mencuci mulut dengan donat kentang dan teh pandan

Belum puas mencicipi kelezatan menu di sini, kami juga memesan Donat Kentang (Rp 6 ribu) yang tampilannya menggugah selera. Donat ini memiliki tekstur chewy dengan rasa gurih kentang yang kuat.

Penyempurnanya adalah taburan bubuk gula plus bubuk pala. Ada sensasi manis dingin dari pemakaian gula begitu donat ini digigit. Rasanya makan satu saja tidak cukup!

Dapur Bandha tak banyak menyediakan pilihan minuman. Salah satu menu andalannya adalah Teh Pandan (Rp 15 ribu) yang sudah dikemas personal dalam botol plastik dan disajikan dalam kondisi dingin.

Slurpp! Rasa tehnya manis pekat karena diracik dengan teh hitam dan gula batu. Tapi tak usah khawatir 'giung' karena rasa manisnya tak berlebih. Teh ini terasa makin enak karena menghadirkan aroma pandan yang kuat.

Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam GangTeh pandan jadi penutup santapan yang pas di Dapur Bandha. Foto: detikfood

Vania bercerita kalau semua menu di sini masih dibuat sendiri olehnya dan keluarga. Karenanya ia tak terlalu mementingkan jumlah penjualan. "Yang penting kualitasnya terjaga," tuturnya.

Ke depannya ia mengaku ingin membuka Dapur Bandha di tempat yang lebih besar. "Tapi kayaknya bakal tetap di gang-gang kayak gini sih. Soalnya nggak mau jadi sebuah bisnis yang terlalu komersil. Penginnya orang dateng tetap bisa nih aku sapa. Lebih intimate," tutupnya.

Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com

Dapur Bandha
Jl. Tebet Barat Dalam III A No.10A, Tebet Barat
Jakarta Selatan
Buka Senin-Sabtu
Jam buka: 11.30-20.30

GoFood & GrabFood:
Dapur Bandha, Tebet


(adr/odi)