ADVERTISEMENT

Review UMKM

Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam Gang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 06 Apr 2022 12:00 WIB
Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam Gang
Foto: detikfood
Jakarta -

Di Tebet ada tempat makan 'hidden gem' yang lokasinya benar-benar masuk gang. Menu andalannya, ketupat kari gule seharga Rp 25 ribu dengan isian yang lengkap. Gurih mantap!

Tempat makan yang lokasinya nyempil di dalam gang dan belum banyak orang tahu kerap menarik perhatian. Biasanya disebut 'hidden gem' karena belum banyak orang mengetahuinya.

detikfood tertarik menyambangi Dapur Bandha di kawasan Tebet Barat yang banyak disebut 'hidden gem' di media sosial. Lokasi tempat makan ini ternyata benar-benar 'tersembunyi'.

Kami harus menyusuri gang untuk mencapai lokasi. Untungnya ada penanda nama Dapur Bandha dan tiang warna hijau tua yang membantu kami menemukan restoran mungil ini.

Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam GangDapur Bandha, restoran 'hidden gem' di kawasan Tebet Barat. Foto: detikfood

Bangunan Dapur Bandha ternyata hanya selebar sekitar 2 meter! Mirip ruko mungil, restoran ini diapit rumah di kanan-kirinya. Area bersantapnya juga kecil yaitu hanya bisa menampung 4 pengunjung.

Sesampainya di rumah makan mugil ini, kami disuguhi pemandangan deretan pastry yang dijual di hari itu. Ada juga menu utama yang jadi andalan, ketupat kari gule.

Ketupat kari gule yang tersohor

Kari Gule adalah menu andalan Dapur Bandha. Pengunjung bisa memilih mau pakai nasi atau ketupat. detikfood memilih menu yang paling lengkap dengan ketupat yaitu Ketupat Kari Gule dengan Ayam dan Telur Dadar.

Semua menu diracik saat dipesan pengunjung. Hanya dengan Rp 25 ribu, kami sudah mendapat menu yang lengkap. Terlihat potongan ketupat ditaburi serundeng kelapa.

Kuah kari gulenya berwarna cokelat kemerahan. Ada juga potongan daging ayam sebagai topping. Disusul dengan tempe orek dan telur dadar berbentuk bulat sebagai pendamping.

Hmmm... Aroma gurih rempah menguar dari kari gule. Tekstur kuahnya kental dengan rasa gurih agak pedas yang memuaskan selera. Cita rasanya mengingatkan kami akan paduan kari India dan Jepang.

Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam GangKetupat kari gule buatan Dapur Bandha ini dibanderol Rp 25 ribu per porsi. Foto: detikfood

Tercecap rasa kemiri yang kuat, disusul dengan aroma daun kari dan paduan rempah seperti kayu manis, kapulaga, pala, dan banyak lainnya. Rasanya kompleks, mirip kari tetapi ada jejak gule Jawa yang tak bikin eneg.

Potongan daging ayam menyempurnakan cita rasa ketupat kari gule karena empuk dan juicy. Ditambah lagi orek tempe yang memberi sensasi kriuk renyah dengan rasa manis seperti karamel yang legit.

Dapur Bandha juga menyempurnakan hidangan ini dengan telur dadar yang unik. Adonan telur kocok dengan bumbu gurih dibuat seperti tamago alias telur gulung khas Jepang. Teksturnya begitu lembut dan puaskan selera!

Sebagai pelengkap, ketupat kari gule dipadukan sambal ebi. Rasanya pedas gurih karena ada potongan ebinya. Soal tingkat pedasnya, sambal ini cukup 'nendang'!

Ketupat kari gule buatan rumah yang diracik dalam versi sehat

Kepada detikfood (28/3/2022), Vania selaku pemilik Dapur Bandha mengatakan ketupat kari gule adalah menu racikan ayahnya yang kemudian jadi 'signature' Dapur Bandha. Ia mengatakan sejak dulu ayahnya hobi cicip berbagai makanan.

Mengingat sang ayah sangat menjaga pola makan, ia membuat kari gule tanpa santan. "Jadi ini nggak pakai santan. Bumbunya kita pakai kemiri. Kemirinya kita hancurkan sampai benar-benar kental," kata Vania.

Dapur Bandha: Gurih Berempah! Ketupat Kari Gule yang Ngumpet di Dalam GangBumbu ketupat kari gule yang kental dibuat dari kemiri. Foto: detikfood

Ia juga menjelaskan kalau sambal ebi di Dapur Bandha dibuat tanpa MSG. Karenanya ia memakai ebi sebagai pemberi rasa gurih umami yang alami.

Sementara ketupatnya dibuat dari beras organik. "Ketupat dibuat tanpa ketan sama sekali. Berasnya berasal dari sebuah kampung, kebetulan saya punya teman kuliah yang ayahnya petani dan dia memproduksi beras ini sendiri," lanjut Vania.

Lihat halaman selanjutnya untuk tahu kelezatan quiche hingga donat kentang buatan Dapur Bandha.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT