ADVERTISEMENT

Peluang Cuan, Kedai Kopi Kekinian Ini Sukses Buka 2 Cabang di Surabaya

Erika Dyah - detikFood
Jumat, 18 Mar 2022 10:43 WIB
katahati_kafe
Foto: Instagram/katahati_kafe
Jakarta -

Tren kopi kekinian yang menjamur di mana-mana membuat bisnis kuliner yang satu ini bersaing ketat. Namun tampaknya, hal ini masih menjadi peluang menjanjikan bagi sebagian pelaku usaha seperti yang terjadi di Surabaya.

Di Surabaya, ada sebuah kedai kopi kekinian bernama Katahati Kafe yang bahkan sudah memiliki 2 cabang. Satu di daerah perumahan dan satu lagi berada di pusat perbelanjaan ternama, Tunjungan Plaza.

Pemilik Katahati Kafe, Chely mengungkap bisnis ini dimulainya dengan melihat kondisi masyarakat sekitar yang sering mengawali hari dengan minum secangkir kopi.

"Karena itu, Katahati Kafe dibangun dengan konsep kopi yang bisa dinikmati oleh semua kalangan dengan harga yang affordable dan membuat setiap orang bisa mengekspresikan hari mereka dengan ceria," ungkap Chely kepada detikcom.

Meski kopi menjadi andalannya, Chely juga menyediakan varian makanan dan minuman lain. Sehingga, produk-produk Katahati Kafe dapat menyasar pencinta kopi, teh, maupun susu sekalipun.

Tak hanya itu, ada juga anek camilan yang bisa dinikmati dengan segelas minuman segar/hangat, seperti kentang goreng, pempek, bakso goreng, hingga pisang nugget. Terbaru, ia juga menawarkan menu pie susu homemade dalam dua pilihan rasa, yaitu original dan choco. Bahkan, pie susu satu loyang ini juga bisa dipesan untuk hampers loh!

Jika kamu cukup lapar, kedai ini juga menyediakan menu mengenyangkan berupa rice bowl berisi ayam gepuk dengan berbagai sambal pilihan, seperti sambal ijo, sambal matah, juga sambal bawang. Lengkap, bukan?

Dengan berbagai pilihan menu yang lengkap tersebut, Chely mengaku bisa mengantongi omzet Rp7-10 juta per bulannya. Adapun minuman yang ditawarkan bisa laku terjual sekitar 700-1.000 cup/bulan.

Meski demikian, kondisi pandemi membuat bisnisnya sempat tak lancar. Apalagi menurutnya pandemi COVID-19 membuat orang jadi tidak berani keluar rumah, terutama tempat umum seperti cafe.

Untuk itu, ia pun menciptakan strategi dengan membuat produk yang bisa dinikmati dengan penjualan online dan open PO. Salah satunya dengan menawarkan varian iced drink (kopi dan susu) favorit dalam kemasan botol yang tersedia dalam ukuran 250ml, 500ml, dan 1.000ml. Tak hanya itu, ada juga menu baru SINOM, rackina herbal homemade yang bermanfaat untuk detox tubuh hingga menambah darah.

Selain itu, Chely juga mengikuti program pengembangan bisnis kuliner untuk belajar mengembangkan usahanya. Salah satunya dengan mengikuti 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom bekerja sama dengan Kraft Heinz Food Service.

"Pengalaman menarik, menjadi tertantang untuk selalu berinovasi membuat resep yang baru dan belajar strategi marketing yang mampu bersaing di era sekarang," ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dirinya bisa mengembangkan bisnis lebih luas lagi, bahkan bisa membuka cabang di berbagai daerah.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT