Sempat Bangkrut, Pria Ini Kini Raup Ratusan Juta dari Nasi Kebuli

Jihaan Khoirunnisa - detikFood
Kamis, 17 Mar 2022 10:18 WIB
Kebuli Sulaiman Jatiwaringin
Foto: Instagram/Kebuli Sulaiman Jatiwaringin
Jakarta -

Seorang pria ini sukses menginspirasi banyak orang berkat kerja kerasnya. Adalah Deo Ramada Putra, seorang pengusaha sukses yang kini bisa mendirikan bisnis kuliner beromzet ratusan juta per bulan.

Sebelum mendirikan usaha kuliner dengan nama 'Kebuli Sulaiman', tak terhitung sudah berapa banyak profesi yang dilakoni Deo. Mulai dari driver ojek online hingga membangun usaha namun berakhir bangkrut. Diakuinya, kala itu merupakan posisi terendah dalam hidup yang pernah dialami.

"Awal berdirinya usaha dikarenakan memang sudah mengalami posisi terendah dalam hidup, mengalami penghasilan hanya sebesar Rp 10.000 per hari. Lalu dengan segudang pengalaman usaha yang mengalami kebangkrutan," katanya kepada detikcom.

"Pernah (juga) mencoba juga untuk mendaftar sebagai driver ojek online, namun keadaan tersebut tidak menghalangi saya untuk mempunyai mimpi untuk memiliki usaha sendiri," tegasnya.

Lebih lanjut Deo menjelaskan, bisnis kulinernya telah dibangunnya sejak tahun 2020. Berawal dari pertemuan dengan seorang sahabat yang sudah terlebih dahulu terjun dalam dunia usaha kuliner. Dari situ, dia pun tergerak untuk mendalami ilmu agar bisa membangun usaha sendiri.

"Berbekal dari pengalaman dan pelajaran yang saya dapat dari sahabat saya selama kurang lebih 1 tahun tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk membuka usaha Kebuli Sulaiman ini," jelasnya.

Di samping itu, diakui Deo dirinya memang memiliki ketertarikan yang kuat terhadap memasak. Sehingga ia kerap mencoba beraneka macam hidangan.

"Memang passion saya dalam mengelola usaha kuliner semakin kuat dan serius, sehingga memutuskan untuk membuka usaha Kebuli Sulaiman Ini pada awal bulan Juli 2020 hingga saat ini di garasi rumah dan berbasis online," katanya.

Dia menjelaskan saat ini usahanya bisa menjual hingga 5.000 porsi nasi kebuli setiap bulannya. Dari situ, ia mampu mengantongi omzet Rp 100- 120 juta. Menurut Deo, pandemi tidak terlalu berdampak pada keberlangsungan bisnis. Hal ini karena bisnis kuliner tersebut sudah menerapkan sistem online sejak awal.

Kendati demikian, kondisi tersebut tidak lantas membuat Deo berpuas diri. Ia terus berupaya meng-upgrade wawasan dan skill di bidang usaha agar Kebuli Sulaiman bisa semakin berkembang. Salah satunya dengan mengikuti program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang diadakan oleh detikcom dan Kraft Heinz Food Service.

"(Sejak ikut acaranya) wawasan dan pengetahuan seputar bisnis kuliner semakin bertambah. Semoga ke depan saya dapat lebih mengembangkan usaha yang saya jalani," pungkasnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)