Review UMKM

Bakso Cwan In: Slurpp! Gurih Segar Bakso Pontianak Bertabur Daun Ketumbar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 25 Feb 2022 17:00 WIB

Cita rasa Bakso All In Cwan dengan daun ketumbar

Bakso Cwan In: Slurpp! Gurih Segar Bakso Pontianak Bertabur Daun KetumbarPenampakan Bakso All In Cwan dengan isian 2 bakso halus, 2 bakso urat, dan tetelan daging. Foto: detikcom

Nyamm! Bakso urat di sini terasa nikmat. Komposisi urat dalam adonannya pas, tak terlampau sedikit ataupun banyak. Teksturnya kenyal tetapi garing. Untuk bakso halusnya memiliki tekstur yang lebih lembut dan licin. Dua-duanya memiliki rasa daging yang kuat.

Tetelan daging yang jadi pelengkap bakso tak bisa disepelekan. Jumlahnya cukup banyak dengan proporsi lemak dan daging yang seimbang. Kenyal gurihnya tetelan daging menambah tekstur pada bakso.

Menyoal pelengkap, kwetiaw paling kami sukai karena teksturnya lembut dan mulur. Makin enak saat disesap dengan kuah kaldu Bakso Cwan In yang pekat dan gurih kuat. Hal ini terlihat dari warnanya yang cokelat keruh.

Menariknya, penambahan daun ketumbar alias coriander memberikan aroma dan rasa unik pada kuah bakso. Menurut kami aroma citrus dan dedaunan yang cukup kuat dari daun ketumbar ternyata bisa 'menyatu' sempurna dengan kaldu bakso. Rasanya mengingatkan kami akan pho, hidangan mie beras khas Vietnam.

Diakui Ican, tak semua orang suka daun ketumbar. Karenanya penambahan daun ini bersifat optional atau pilihan, sesuai selera pengunjung Bakso Cwan In.

Chow Mein Cwan yang tak kalah nikmat

Bakso Cwan In: Slurpp! Gurih Segar Bakso Pontianak Bertabur Daun KetumbarChow Mein Cwan, olahan mie yang mulur gurih di Bakso Cwan In. Foto: detikfood

Selain bakso, di sini ada menu Chow Mein Cwan. Berupa bakmi yang dilengkapi bakso dan kuah kaldu. Mie yang dipakai bertekstur tips dan kecil dengan balutan bumbu yang gurih harum.

detikfood melihat langsung proses pembuatan mie ini. Bumbu utamanya adalah minyak bawang yang di-infuse dari kaldu ayam dan bawang goreng. Lalu ada juga penambahan aneka kecap seperti kecap asin, kecap ikan, dan minyak wijen.

Paduan bumbu ini membalut tiap helaian mie dengan sempurna. Tekstur mie jadi licin dengan rasa gurih enak dan aroma harum yang memuaskan selera. Mie lalu dilengkapi topping ayam kecap yang manis empuk.

Untuk menyeimbangkan rasa mie yang 'berat', kami menyesap kuah kaldu plus isian bakso yang disediakan. Slurpp! Rasanya gurih segar!

Tantangan bisnis di tengah pandemi Covid-19

Bakso Cwan In: Slurpp! Gurih Segar Bakso Pontianak Bertabur Daun KetumbarSuasana bersantap yang nyaman di Bakso Cwan In. Foto: detikcom

Erich dan Ican mengatakan memulai bisnis kuliner di tengah pandemi Covid-19 tidaklah mudah. "Tantangan sudah ada sejak awal membangun bisnis ini, terus tiba-tiba harus ada PPKM yang membatasi waktu operasional dan jumlah pengunjung. Lumayan sulit sih," kata Ican.

Mereka juga sempat mengubah konsep dari yang tadinya ingin menjual bakso beku alias frozen menjadi siap saji. Menurut Erich dan Ican, sebagai bisnis baru, mereka ingin Bakso Cwan In dikenalkan dengan racikan yang tepat dulu yaitu buatan mereka.

"Karena mie instan yang enak saja bisa jadi beda rasanya ketika dikasih ke 10 orang, apalagi makanan baru seperti ini yang berkuah. Kita mesti nyeduh bihun/kwetiau/mie kuningnya lebih dulu," kata Ican. Tapi ke depannya mereka tetap berencana ingin menjual bakso frozen.

Semuanya juga diimbangi dengan variasi menu di Bakso Cwan In. "Yang udah pasti bakal ada iga. Yang kedua pengin ada nambahin kikil dan babat (ke bakso)," terang Ican.

"Kita juga mau jual minuman bikinan sendiri. Mungkin ada snack seperti kerupuk dan lain-lain. Ada juga event di sini seperti karaoke night," tutup Erich.

Bakso Cwan In
Renee Square (dekat Sudirman Park)
Jl. KH Mas Mansyur No. 39
Jakarta Pusat
Instagram: baksocwanin

Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com


(adr/odi)