Se'i Dalam Bambu : Se'i Sapi Gurih Dibakar Dalam Bambu Selama 5 Jam

Sonia Basoni - detikFood Senin, 31 Jan 2022 17:00 WIB
Se’i Dalam Bambu : Se’i Sapi Gurih Dibakar Dalam Bambu Selama 5 Jam Foto: detikFood
Jakarta -

Berbeda dengan se'i kekinian lainnya. Di restoran ini, se'i sapi dipanggang di dalam bambu selama lima jam, dengan rempah dan tambahan sambal kecap yang manis pedas.

Populer sejak beberapa tahun terakhir, hidangan daging se'i khas Nusa Tenggara Timur (NTT) kini sudah menjelma menjadi makanan kekinian yang mudah ditemukan di mana-mana. Ciri khas makanan ini adalah potongan daging yang disayat tipis lalu diasapi dengan bara api sampai matang.

Namun berbeda dengan penyajian se'i di restoran satu ini. Di restoran Se'i Dalam Bambu, pengunjung akan dimanjakan dengan menu se'i sapi yang dipanggang dalam bambu panjang, lengkap dengan daun singkong serta potongan daging sapi yang tebal dan juicy.

Rasa dari Se'i Dalam Bambu ini tentu saja berbeda dengan Se'i lainnya, karena cita rasa smokeynya lebih terasa hingga suapan terakhir.

Berikut beberapa menu se'i di Se'i Dalam Bambu yang wajib dicoba.

Baca Juga: Se'i Makin Populer, Gerai Ini Tawarkan Se'i Sapi Plus Talua Barendo" selengkapnya


Restoran Nuansa Bali yang Nyaman

Se'i Dalam Bambu : Se'i Sapi Gurih Dibakar Dalam Bambu Selama 5 JamSuasana Restoran Se'i Dalam Bambu Foto: detikFood

Restoran yang terbilang baru di daerah Tebet ini, berlokasi tak jauh dari stasiun kereta Tebet. Restorannya cukup luas dengan mengusung konsep restoran indoor dan outdoor. Di bagian outdoor, pengunjung akan disambut dengan nuansa pondok-pondok ala Bali.

Sementara di bagian dalamnya ada sudut foto yang dihias dengan kerajinan tangan dari NTT. Tak perlu takut dengan jarak yang ada. Karena restoran ini terbilang luas, dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Jadi makan di tempat pun tetap aman dan nyaman.

Area outdoor juga dilengkapi dengan dapur terbuka, tempat para pegawai Se'i Dalam Bambu menyiapkan makanan pesanan pengunjung. Jadi pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatannya.

Menu Se'i Dalam Bambu yang Ikonik

Se'i Dalam Bambu : Se'i Sapi Gurih Dibakar Dalam Bambu Selama 5 JamSe'i Sapi Gurih Dibakar Dalam Bambu Selama 5 Jam Foto: detikFood

Kalau restoran se'i yang lain, menu daging sapinya disajikan di atas piring dengan tambahan sambal. Tapi tidak dengan di restoran ini. Spesialisnya di sini semua menu se'i sapi disajikan di dalam bambu panjang yang disajikan di atas meja, lengkap dengan kuah kaldu.

Satu porsi Se'i Dalam Bambu harganya Rp 85.000, bisa disantap untuk dua orang. Menu ini disajikan dengan sambal kecap, kuah kaldu dan kerupuk. Nasinya bisa pilih Nasi Jeruk (Rp 7.000), yang lebih pakem dimakan dengan se'i.

Dari tampilannya saja, menu se'i bambu ini sudah menggoda selera. Potongan daging sapi dengan lemak yang juicy, dibakar di dalam wadah bambu dengan daun singkong aromatik yang sudah diberi bumbu rahasia khas Se'i Dalam Bambu.

Se'i Dalam Bambu : Se'i Sapi Gurih Dibakar Dalam Bambu Selama 5 Jam Se'i Sapi Gurih Foto: detikFood

Karena proses pengasapannya mencapai lima jam, jadi tekstur daging sapinya sangat empuk dan lumer di mulut. Sensasi rasa gurihnya semakin terasa di lidah ketika bagian lemak dagingnya dikunyah dan sama sekali tidak bikin enek.

Cita rasa gurih dari dagingnya yang begitu 'smokey', diseimbangkan dengan daun singkong aromatik yang tidak pahit. Tambahan manis pedas dari sambal kecapnya yang jadi ciri khas di sini juga menambah selera makan.

Pilihan Sambal yang Beragam

Se'i Dalam Bambu : Se'i Sapi Gurih Dibakar Dalam Bambu Selama 5 JamAneka sambal enak. Foto: detikFood

Tentunya makan se'i yang disajikan di dalam bambu tidak akan puas tanpa ada tambahan sambal. Memang di paket se'i sudah dapat sambal kecap. Tapi bagi penggemar pedas, di sini bisa pesan sambal tambahan dengan harga yang murah.

Seperti Sambal Matah, Sambal Lu'at daan Sambal Rica yang harganya hanya Rp 3.000 per porsi. Bagi yang suka rasa klasik, paduan daging se'i yang smokey bisa dicocol dengan segarnya sambal lu'at khas Kupang yang pedas asam.

Bisa juga coba sambal Rica yang pedasnya cukup melejit di lidah, namun terasa pas jika dicicip dengan nasi jeruk dan kuah kaldu bening yang hangat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Se'i Sapi Anti Mainstream! Dibakar di Dalam Bambu Selama 5 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com