Rindu Kuliner Bandung? 5 Restoran Ini Hadirkan Layanan Order Online

Erika Dyah - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 12:35 WIB
Ilustrasi kuliner Foto: shutterstock
Jakarta -

Bandung telah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pesona Bandung seolah tak pernah ada habisnya, salah satunya dengan daya tarik Bandung sebagai surganya kuliner.

Untuk sementara waktu, masyarakat diimbau agar dapat mendukung upaya pemerintah dalam menekan laju penyebaran COVID-19 dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang resmi berlaku pada 3 hingga 20 Juli 2021. Aturan ini mau tak mau ikut membatasi kita untuk menikmati kuliner di Bandung. Sebab, selama PPKM Darurat seluruh restoran di Jawa dan Bali hanya boleh menerima order take-away.

Walau begitu, kamu nggak perlu khawatir sebab meski di rumah aja kamu tetap bisa mencicipi kuliner Indonesia yang ada di Bandung. Melansir berbagai sumber, berikut 5 rekomendasi kuliner #DiIndonesiaAja di wilayah Bandung yang bisa dipesan secara online untuk kamu coba dari rumah.

Alas Daun

Restoran yang terletak di Jalan Citarum No. 34 ini banyak digandrungi warga Bandung maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Bandung karena kelezatan sajiannya. Alas Daun menawarkan sensasi ala ndeso dengan menyajikan makanan di atas alas daun pisang yang menjadi daya tarik utamanya.

Meski belum bisa merasakan langsung experience makan di alas daun pada lokasi resto, kamu tetap bisa menyantap kelezatan masakan dengan menu serba tradisional dari restoran ini. Alas Daun menawarkan berbagai menu tradisional khas Bandung yang enak seperti nasi liwet, ayam goreng sereh, ayam bakar kecap manis, gepuk, ulukutek leunca, gurame goreng, karedok, juga berbagai lalapan. Tak lupa juga ada beragam pilihan sambal antara lain sambal terasi, sambal hejo, hingga sambal dadak yang dijamin raos pisan!

Boemi Mitoha

Dilihat dari namanya, Anda barangkali akan langsung berpikir kalau restoran ini khas Bandung sekali. Sebab, nama Boemi Mitoha diambil dari Bahasa Sunda yang berarti Rumah Mertua. Selain namanya yang unik, restoran yang berlokasi di Jalan Ciliwung ini juga menawarkan sajian makanan dan minuman tradisional khas Sunda yang lezat.

Boemi Mitoha mengunggulkan menu ayam kampung ungkep yang mereka klaim sebagai juara. Selain itu, restoran ini juga menawarkan sajian menu bakar-bakaran terutama pada menu ikan mereka yang beraneka macam mulai dari bawal, nila, gurame, lele, sampai ikan patin. Keunikan Boemi Mitoha juga tampak dari ragam pilihan menunya yang menarik, seperti adanya pilihan menu ikan yang dibakar dalam batok kelapa ataupun bambu. Tak lupa, jika Anda ingin menghangatkan tubuh, tersedia minuman hangat seperti bandrek dan bajigur.

Liwet Asep Stroberi

Kuliner yang satu ini tentu sudah tak asing lagi di telinga, terutama bagi pegiat mudik jalur lintas selatan yang biasa melewati jalur Nagreg. Selain di Nagreg, restoran ini memiliki beberapa cabang seperti di Kadungora, Tarogong, Lembang, dan masih banyak lagi. Tanpa perlu pergi jauh, warga Bandung yang merindukan sajian menu spesial dari Liwet Asep Stroberi bisa memesannya secara online untuk disantap di rumah.

Liwet Asep Stroberi dikenal dengan menu andalannya yakni paket nasi liwet komplit. Nasi khas Bumi Parahyangan yang lembut dan gurih dilengkapi dengan signature sambal stroberi yang khas bisa bikin kamu ketagihan. Perpaduan bumbu tradisional dan stroberi dari sambal ini selain enak juga menciptakan rasa pedas yang segar.

Overhot Yaa!

Puas dengan beragam kuliner khas Sunda di atas, kamu bisa mencicipi sajian hotplate nikmat dari Overhot Yaa! yang diklaim menyajikan sepiring kenikmatan bergizi dan higienis. Ada beragam rasa yang bisa kamu eksplorasi dari berbagai menu Overhot Yaa!

Meski di rumah aja, kamu bisa menyantap beragam pilihan 9 varian menu Overhot Yaa! mulai dari chicken steak, tenderloin, konro sapi, fish dory, dan lainnya. Restoran yang berada di Jalan Sabang ini juga punya 12 varian saus dengan cita rasa yang akan mengajakmu seolah keliling dunia. Contohnya, kesegaran Pulau Dewata dari Sambal Matah Rockcity, Sauce Pecel Local Pride yang khas, atau coba menu Sauce Haengbong Gochujang Itaewon yang bisa membuatmu ingat Oppa Oppa idola.

Wingz O Wingz

Seperti namanya, restoran yang satu ini memiliki menu andalan yaitu chicken wings atau sayap ayam. Tak disajikan polos begitu saja, menu ayam dari Wingz O Wingz memiliki pilihan rasa yang beragam untuk menambah cita rasanya. Ada beberapa rasa favorit yang bisa kamu coba seperti Pepper Cheese, Sambal Daun Jeruk, Honey Lemon, Hot Magma, dan lain sebagainya.

Varian rasanya yang beragam serta harganya yang terjangkau bisa jadi alasan bagi kamu segera pesan menu ini untuk disantap di rumah.

Itu tadi 5 rekomendasi restoran di Bandung yang memiliki ragam pilihan kuliner lezat untuk kamu cicip dan nikmati meski sedang di rumah saja. Seluruh restoran itu telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lho. Sertifikasi CHSE ini akan membuatmu merasa aman dan nyaman saat memilih restoran untuk menyantap kuliner pilihan serta mendukung #BeliKreatifLokal.

Di masa PPKM Darurat ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno juga telah mengingatkan para pegiat ekonomi kreatif khususnya di bidang kuliner untuk senantiasa memperbaiki dan mengevaluasi nilai-nilai yang terkandung dalam CHSE.

"Dua minggu ke depan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif ini kita minta tingkatkan kepatuhannya pada CHSE," kata Sandiaga dikutip dari pedulicovid19.kemenparekraf.go.id, Kamis (15/7/2021).

Meski pelaku parekraf berada di kondisi berat, Sandiaga mengatakan pihaknya mendukung 100% adanya kebijakan PPKM Darurat.

"Kami yakin untuk bangkit dan pulih dari sisi ekonomi kami harus menekan angka COVID-19," katanya.

Selain mendukung #BeliKreatifLokal, jangan lupa juga untuk terus menerapkan protokol kesehatan 6M dalam keseharian, ya! Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama. Penting juga untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 untuk menciptakan herd immunity dalam rangka melawan COVID-19.

Buat kamu yang ngaku cinta Indonesia, kamu bisa buat karya kreatif sembari mengikuti Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja. Akan ada berbagai hadiah menarik berupa saldo uang elektronik sebesar Rp 250 ribu dan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia untuk 20 orang pemenang beruntung.

Follow/ikuti juga akun Instagram @pesonaid_travel untuk mengetahui informasi lengkap tentang kuliner dan destinasi wisata #DiIndonesiaAja.



Simak Video "Pemerintah Akan Daftarkan Tempe ke UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com