Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus

Riska Fitria - detikFood Senin, 28 Jun 2021 17:00 WIB
Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Baik croissant maupun waffle merupakan jajanan favorit. Namun bagaimana jika keduanya dikawinkan jadi satu hidangan bernama croffle. Seperti apa ya rasanya?

Croissant merupakan jenis pastry yang berasal dari Eropa tepatnya negara Austria. Croissant dikenal dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit. Teksturnya pun berlapis dan terasa renyah.

Di Eropa, croissant dibuat tanpa isian. Biasanya orang Eropa menikmati croissant dengan butter di saat sarapan. Begitupun dengan waffle yang juga populer sebagai menu sarapan asal Belgia.

Waffle memiliki tekstur yang renyah dan sedikit empuk. Biasanya waffle disantap dengan butter dan juga mapple sirup. Mengikuti tren cronut, perpaduan croissant dan donat kini ada hybrid croissant dan waffle yang disebut croffle.

Banyak kafe menawarkan croffle. Salah satunya Dear Butter yang menawarkan menu croffle dengan lima jenis saus. Kayak apa ya rasanya?

Baca Juga: Croffle, Paduan Croissant dan Waffle yang Renyah Legit Bisa Dicicipi di Sini

1. Sudah Punya Banyak Cabang

Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan SausDear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus Foto: detikcom/Riska Fitria

Dear Butter sendiri baru berdiri pada Februari 2021 lalu. Meskipun masih terbilang baru, tetapi jajanan ini sukses menarik perhatianfoodies. Mereka pun seakan tak mau ketinggalan mencicipicroffle.

Dear Butter juga sudah memiliki banyak cabang yang berada di mall-mall di kota-kota besar. Mulai dari Jakarta, Tangerang, Bandung, Bekasi, Jambi dan masih banyak lagi.

Setiap gerai Dear Butter pun selalu ramai diantre pembeli. Bahkan sering kali pelanggan yang mengeluh karena crofflenya cepat habis. Belakangan ini, croffle tersebut juga ramai diperbincangkan di TikTok.

2. Konsep Take Away

Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan SausDear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus Foto: detikcom/Riska Fitria

Dear Butter merupakan geraicroffle dengan konsep take away. Kebanyakan gerainya tidak memiliki area khusus untuk pengujung. Namun beberapa gerainya berada di area food court sehingga memungkinkan bisa makan di tempat.

Salah satunya yang berada di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Tepatnya berada di Kampung Artis Foodcourt. Gerainya berjejer dengan gerai-gerai makanan dari berbagai merek lainnya.

Gerai Dear Butternya sendiri tidak terlalu luas. Semua persiapan pun dilakukan di gerainya tersebut. Mulai dari menyiapkan adonan hingga menyajikannya ke pelanggan.

3. Tersedia 5 Varian Saus

Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan SausDear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus Foto: detikcom/Riska Fitria

Dear Butter menawarkan dua paket, yakni yang berisi 3 pcs dan juga 9 pcs. Kami pun memilih yang berisi 9 pcs dengan harga Rp 80.000. Croffle tersebut dikemas menggunakan kardus yang mudah dibawa.

Yang menarik adalah, Dear Butter menawarkan 5 varian saus sebagai teman makan crofflenya. Lima varian saus tersebut antara lain, Almond Mapple, Choco Crunch, Strawberry Jam, Strawberry Cream Cheese dan Bluberry Cream Cheese.

Varian saus dikemas dengan kemasan yang aman tersebut dari cangkir mini berbahan plastik lengkap degan tutupnya, sehingga tidak mudah tumpah.

Baca Juga: Social Affair: Krenyes Manis Croffle Nutella dan Cinnamon Ada di Sini

4. Tekstur dan Cita Rasa Croffle

Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan SausDear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus Foto: detikcom/Riska Fitria

Untuk crofflenya sendiri berukuran kecil tidak lebih dari seukuran telapak tangan dengan permukaan berlekuk khas waffle. Crofflenya berwarna cokelat keemasan dan mengkilat karena ada gula pasir yang tersebar di permukaan crofflenya.

Sementara teksturnya perpaduan antara renyah di bagian luar dan fluffy di bagian dalamnya. Cita rasa crofflenya manis, tetapi dalam takaran yang pas dan tidak berlebihan, sehingga tidak enek.

Rasa manis itu dihasilkan dari lelehan gula pasir di permukan crofflenya. Menurut kami, croffle ini sudah enak dimakan tanpa saus tambahan.

5. Paduan Croffle dan Saus

Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan SausDear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus Foto: detikcom/Riska Fitria

Kami memesan kelima varian saus di mana satu sausnya dibanderol dengan harga Rp 6.000. Semua saus bertekstur padat creamy. Pertama ada varian Choco Crunch, yaitu selai cokelat yang dipadukan dengan renyahnya choco crunch.

Rasa manis saus cokelat ini sangat legit, sehingga jika dipadukan dengan crofflenya menurutnya kamu terlalu berlebihan. Kemudian ada saus berupa selai strawberry yang cenderung asam segar.

Jika croffle dipadukan dengan selai strawberry jauh lebih cocok karena rasa manis dari crofflenya berpadu dengan rasa asam segar dari selainya. Begitu pula dengan saus strawberry cream cheese.

Untuk saus strawberry cream cheese memerikan after taste yang dingin seperti mint. Begitu pula dengan saus blueberry cream cheese. Memadukan croffle dengan saus blueberry ini terasa seperti yogurt.

Terakhir ada almond mapple. Sesuai dengan namanya, saus ini terbuat dari mapple yang disajikan kacang almond yang diiris tipis. Mapplenya tidak terlalu manis, karena berpadu dengan gurihnya kacang almond. Ketika dipadukan dengan croffle tidak manis berlebihan.

Dear Butter
Kampung Artis Foodcourt, Jl. Lb. Bulus I No.5
Telepon: Telepon: 0812-1035-9904
Jam Buka: 08.30 - 21.00

Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com.

Baca Juga: Croffle Populer di Tahun 2021, Bisa Dicicipi di 5 Tempat Ini!



Simak Video "Krenyes Manis Croffle, Paduan Croissant dan Waffle"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com