Lamaknyo Nasi Kapau

Kedai Sutan Makmur: Lamak Bana! Nasi Kapau dengan Gulai Tambusu dan Dendeng Lambok

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 27 Nov 2020 12:00 WIB
Kedai Sutan Makmur: Lezatnya Nasi Kapau Lauk Gulai Tambusu dan Dendeng Lambok Foto: detikFood / Yenny Mustika Sari
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau
Jakarta -

Di kawasan Kemayoran, Jakarta Utara ada restoran baru bergaya modern yang menyajikan Nasi Kapau nikmat. Lauknya beragam, ada gulai tambusu hingga dendeng lambok.

Sekilas seperti tak ada yang berbeda antara Nasi Kapau dan Nasi Padang. Namun tentu saja Nasi Kapau memiliki ciri khas tersediri, mulai dari lauk hingga penyajiannya.

Lauk yang disajikan pada restoran Kapau sangat beragam. Banyak lauk yang tidak disajikan oleh restoran Padang. Seperti gulai tambusu, dendeng balado, rendang daka-daka, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Racikan Gulai Khas Nasi Kapau, Ada Ikan Mas Bertelur hingga Babek

Penyajian Nasi Kapau juga punya ciri khas. Lauknya disusun ke bawah, dan pelayannya pasti menggunakan centong bergagang panjang untuk mengambil lauknya.

Di kawasan Kemayoran, Jakarta Utara ada restoran Kapau baru dengan konsep modern. Namanya Kedai Sutan Makmur, yang lokasinya di Jalan Benyamin Sueb, Pademangan Timur, Kemayoran, Jakarta Utara. Restoran ini ada di kawasan Spring Hill Golf Residences.

Lalu, apa saja yang bisa dinikmati di Kedai Sutan Makmur?

1. Konsep Restoran Modern

Kedai Sutan Makmur: Lezatnya Nasi Kapau Lauk Gulai Tambusu dan Dendeng LambokKedai Sutan Makmur: Lezatnya Nasi Kapau Lauk Gulai Tambusu dan Dendeng Lambok Foto: detikFood / Yenny Mustika Sari

Walaupun menyajikan menu Nasi Kapau, tak usah khawatir soal kenyamanan untuk bersantap di sini. Karena konsep yang ditawarkan restoran ini seperti restoran modern.

Sekelilingnya dihiasi tembok bata dan pencahayaan yang redup. Membuat restoran ini terasa 'homey' dan bikin nyaman. Restorannya juga memiliki ruang makan yang cukup luas.

Kalau lantai satu sudah penuh, kamu bisa menggunakan lantai dua untuk bersantap di sana. Gaya modern sekaligus 'homey' juga terasa kental di lantai duanya.

Aviv Alvaris (19) selaku owner Kedai Sutan Makmur menjelaskan kalau ia memang ingin mengangkat kesan 'cozy' agar setiap pelanggannya bisa nyaman menikmati sajian Nasi Kapau di sini. "Tempatnya kita lebih cozy atau lebih nyaman," ujar Aviv Alvaris kepada detikFood (25/11).

2. Penyajian Lauk Nasi Kapau

Kedai Sutan Makmur: Lezatnya Nasi Kapau Lauk Gulai Tambusu dan Dendeng LambokKedai Sutan Makmur: Lezatnya Nasi Kapau Lauk Gulai Tambusu dan Dendeng Lambok Foto: detikFood / Yenny Mustika Sari

Sebagai restoran Kapau, tentu saja Kedai Sutan Makmur masih menjaga ciri khas dari segi penyajian lauknya. Penjual Nasi Kapau yang tradisional pasti menyusun lauknya berjajar ke bawah.

Kedai Sutan Makmur pun masih menjunjung ciri khas tersebut. Walaupun tidak terlalu banyak susunannya, namun tetap ada dan menggambarkan restoran Kapau.

Para pelayan yang bertugas juga menggunakan centong bergagang cukup panjang untuk mengambil setiap lauk yang berada di undakan paling bawah. "Kita ada 3 undakan doang nggak setinggi yang di Bukittinggi," beber Aviv Alvaris (25/11).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menyantap Gulai Tambusu yang Lamak Bana di Resto Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com