Lamaknyo Nasi Kapau

5 Racikan Gulai Khas Nasi Kapau, Ada Ikan Mas Bertelur hingga Babek

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 26 Nov 2020 12:00 WIB
5 Lauk Khas Nasi Kapau Foto: iStock
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau
Jakarta -

Gulai khas Minang yang disajikan untuk Nasi Kapau sangat beragam jenisnya. Ada gulai tambusu hingga babek (babat) yang cocok untuk pencinta jeroan.

Nasi Kapau dan Nasi Padang sekilas memang terlihat sama. Tapi, tentunya kedua sajian ini berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing. Lauk yang disajikan untuk Nasi Kapau lebih lengkap, salah satunya sajian gulai.

Ada beragam jenis gulai yang disajikan untuk Nasi Kapau. Gulai kapau yang terbuat dari nangka muda, kacang panjang, lobak, dan rebung adalah yang paling dikenal.

Selain itu, ada beberapa jenis gulai yang juga jadi sajian nikmat untuk menyantap Nasi Kapau. Mulai dari tambusu, ikan mas bertelur, hingga babek (babat).

Berikut 5 gulai khas Nasi Kapau yang rasanya nikmat:

1. Gulai Tambusu

5 Lauk Khas Nasi Kapaugulai tambusu Foto: iStock

Jenis gulai ini wajib ada di tempat makan Nasi Kapau. Kamu tak akan menemukan gulai tambusu di warung makan Padang manapun. Gulai tambusu ini terbuat dari usus sapi atau kerbau.

Tentunya usus sapi ini dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian diberikan isian adonan telur. Ada juga yang mengisinya dengan tahu.

Gulai tambusu ini dimasak dengan bumbu rempah khas gulai Minang menggunakan santan. Penyajian gulai tambusu dengan bentuk usus yang memanjang. Namun ketika disajikan untuk Nasi Kapau, tambusu sudah dipotong-potong agar lebih mudah disantap.

Baca Juga: 7 Jenis Gulai Enak dari Minang, Mana yang Kamu Suka?

2. Gulai Ikan Mas Bertelur

5 Lauk Khas Nasi Kapaugulai ikan mas bertelur Foto: iStock

Gulai ikan mas bertelur juga wajib ada di tempat makan Nasi Kapau. Konon ikan mas bertelur ini jadi syarat untuk lauk Nasi Kapau. Ikan masnya harus dalam kondisi utuh dan memiliki telur.

Jika ikan mas yang disajikan tidak memiliki telur, biasanya para penjual Nasi Kapau menyiasatinya. Mereka akan menyelipkan telur ikan lain ke dalam tubuh ikan mas. Setelah itu ikan mas bertelur ini dimasak dengan bumbu gulai dan santan kental.

Menurut Reno Andam Suri pakar kuliner Minang tidak apa-apa mengganti telur ikan lain asalnya syaratnya terpenuhi. "Yang penting syarat ikan bertelur terpenuhi," ujarnya dalam webinar beberapa waktu lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com