Nasi Kapau Langganan: Nikmat! Gulai Tambusu dan Telur Barendo Berpadu Nasi Hangat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 12 Mar 2020 13:00 WIB
Nasi Kapau Langganan Nasi Kapau dengan lauk gulai tambusu. Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Nasi Kapau di restoran ini bisa dipadu dengan lebih dari 50 lauk. Jangan sampai ketinggalan gulai tambusu dan telur barendo!

Nasi Kapau sekilas sama dengan nasi Padang, namun keduanya berbeda dari segi lauk dan presentasinya. Jejeran lauk nasi Kapau biasanya ditaruh dalam baskom atau wadah besar yang disusun bertingkat dengan posisi lebih rendah dari penjual.

Untuk lauk, ada beberapa yang khas dan tidak ditemui di restoran Padang pada umumnya. Misalnya gulai tambusu, telur barendo, dan gulai Kapau sebagai pelengkap nasi.

Nasi Kapau Langganan: Nikmat! Gulai Tambusu dan Telur Barendo Berpadu Nasi HangatRagam lauk untuk bersantap di Nasi Kapau Langganan. Foto: dok. detikFood


Kalau penasaran, Nasi Kapau Langganan milik penyiar radio Kemal Mochtar layak dikunjungi. Lokasinya ada Bangka, Jakarta Selatan. Berbeda dengan tempat makan nasi Kapau kebanyakan yang berupa warung makan sederhana, di sini suasananya lebih nyaman. Interiornya juga kekinian, meski ruangan bersantap tak terlalu besar.


Mampir ke sini saat jam makan siang, kami langsung kebingungan memilih lebih dari 50 lauk. Sistem pemesanan self-service dimana pengunjung langsung pesan makanan, baru memilih tempat duduk. Sayang kami kehabisan beberapa lauk incaran seperti Belut Crispy Cabe Ijo, Ayam Pop Cabe Ijo, dan Telur Ceplok Kuah Gulai.

Nasi Kapau Langganan: Nikmat! Gulai Tambusu dan Telur Barendo Berpadu Nasi HangatGulai tambusu, lauk khas nasi Kapau yang ada di Nasi Kapau Langganan. Foto: dok. detikFood


Pilihan pun jatuh pada Nasi Sayur (Rp 10.909) dengan lauk Gulai Tambusu (Rp 20.000), Dendeng Balado (Rp 20.000), Ayam Rendang (Rp 18.182), dan Telur Barendo (Rp 16.363). Semua harga belum termasuk pajak 10%. Untuk nasi sayurnya khas karena dipadukan gulai Kapau yang sedikit asam. Ada potongan nangka, kol, dan irisan kacang panjang.

Nasi Kapau Langganan juga tak pelit karena menambahkan daun singkong rebus, irisan timun, dan keripik singkong balado. Untuk gulai tambusu terlihat memikat karena ukurannya besar dengan warna kuning cerah. Layaknya menyantap sosis, tekstur usus sapi di bagian luarnya kenyal dengan isian lembut yang terbuat dari telur dan tahu. Gurihnya gulai terasa, namun tak terlalu kuat.

Nasi Kapau Langganan: Nikmat! Gulai Tambusu dan Telur Barendo Berpadu Nasi HangatAyam rendang yang puaskan selera. Foto: dok. detikFood


Ayam Rendang bikin kami jatuh cinta karena bumbu rendangnya meresap hingga ke dalam serat-serat daging. Apalagi dagingnya sangat empuk. Juara! Selain itu, kami juga menikmati kerang bumbu gurih yang kenyal sebagai pelengkap nasi.

Untuk dendeng, Nasi Kapau Langganan membuatnya dalam tekstur sangat kering sehingga menurut kami terlalu keras. Lumuran sambal baladonya juga kurang banyak dan 'nendang'. Namun kesan berbeda kami temukan saat mencicipi Telur Barendo. Telur dadar yang tebal gurih ini dibuat setelah ada yang memesan.

Nasi Kapau Langganan: Nikmat! Gulai Tambusu dan Telur Barendo Berpadu Nasi HangatTelur Barendo tersaji hangat karena dibuat sesaat setelah dipesan. Foto: dok. detikFood


Alhasil telur tersaji hangat-hangat. Karena memakai telur bebek, rasa gurihnya lebih nendang. Aromanya juga harum hingga membangkitkan selera makan. Dimakan pakai nasi plus kuah gulai, lamak bana!

Santap siang kami tutup dengan Bubur Kampiun (Rp 15.454). Porsinya tak terlalu besar sehingga cocok untuk penyegar mulut. Bubur manis khas Minang ini diracik dengan isian sumsum, ketan item, biji salak, srikaya, dan kolak pisang. Manis legitnya pas, tak bikin eneg!

Nasi Kapau Langganan: Nikmat! Gulai Tambusu dan Telur Barendo Berpadu Nasi HangatBubur kampiun yang pas untuk menutup santap siang. Foto: dok. detikFood


Kepada detikFood (9/3), Kemal bercerita Nasi Kapau Langganan adalah restoran yang didirikannya bersama partner bisnis. Bermula karena ia dan istri ingin membuka restoran tahun ini. "Gue tanya di social media, ternyata ada teman yang ngerespons, ajak partner-an. Temen gue ini sudah lama bergerak di bidang kuliner, di Padang," ujarnya.

Setelah berdiskusi 3-4 bulan, mereka putuskan memilih nasi Kapau karena beberapa alasan. "Lebih efisien, lebih simple, dan lebih murah. Contoh, meja nggak usah gede karena tidak ada yang disajikan, gue bisa pakai meja yang kecil dan ruangan ini lebih muat banyak pelanggan. Kedua, gue nggak usah banyak piring. Karena budget terbatas juga," pungkas Kemal.

Nah, kalau siang ini mau makan puas mengenyangkan, Nasi Kapau Langganan patut jadi pilihan. Pastikan datang tidak terlalu sore agar pilihan lauknya masih lengkap.

Nasi Kapau Langganan
Jl. Bangka Raya No. 103A, Pela Mampang, Jakarta Selatan
Telepon: 0819 93399009



Simak Video "Sensasi Makan Langsung di Restoran Nasi Kapau Saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)