Dragon Hot Pot : Mantul! Hot Pot Kuah Ma La Tang dengan 100 Pilihan Isian

Devi Setya - detikFood Rabu, 09 Sep 2020 17:00 WIB
dragon hot pot Indonesia Foto: doc. detikfood
Jakarta -

Hot pot nomor satu di Melbourne kini hadir di Jakarta. Menawarkan racikan kuah ma la tang yang autentik dengan lebih dari 100 isian yang bebas dipilih sepuasnya.

Berlokasi di Mal Grand Indonesia, Dragon Hot Pot yang mulai buka minggu lalu hadir untuk memuaskan lidah para pencinta hidangan hot pot. Kabarnya, outlet pertama di Indonesia ini sukses menarik perhatian dan sudah ramai dikunjungi meskipun baru resmi buka akhir Agustus 2020.

DetikFood pun merasa penasaran dengan sajian hot pot yang lebih dulu punya nama di negeri Kanguru ini. Kami datang sebelum jam makan siang, kebetulan pula jam operasional mal baru buka jadi suasana restoran masih sepi.

Sebelum memasuki area makan, ada petugas yang memeriksa suhu tubuh serta memberikan cairan hand sanitizer sebagai salah satu protokol kesehatan. Konsep new normal ini juga bisa kami lihat pada bagian meja dan kursi yang disekat dengan pembatas akrilik.

dragon hot pot Indonesiadragon hot pot Indonesia Foto: doc. detikfood

Resto ini punya konsep unik, setiap pengunjung diberikan panci dan food tong atau alat penjepit makanan. Ada lebih dari 100 pilihan menu makanan yang bisa diambil sesuai selera. Kami pun tak mau melewatkan pengalaman seru ini.

Dengan panci dan alat penjepit kami mulai menjelajahi rak display yang dilengkapi alat pendingin. Ada berbagai bahan makanan mentah mulai dari sayuran, daging, seafood, ikan, aneka produk olahan ikan, aneka mie, jamur, jagung, tahu hingga telur.

Puas memilih bahan makanan, kami diminta untuk menimbang berat makanan yang dipilih. Setelah itu kami langsung menuju kasir untuk memilih jenis kuah sekaligus mengetahui jumlah uang yang harus dibayar.

dragon hot pot Indonesiadragon hot pot Indonesia Foto: doc. detikfood

Sistem pembayaran di sini cukup unik, setelah puas memilih makanan, harga akan ditetapkan sesuai berat makanan yang kami ambil. Banderol harganya Rp 30.000 untuk setiap 100 gram bahan makanan dengan minimal pembelian 250 gram. Jadi kamu bisa sesuaikan dengan selera dan budget.

Ada dua pilihan kuah kaldu di sini yakni ma la tang dan collagen. Signature kaldu di sini sekaligus yang paling populer yakni ma la tang, tentu kami tak ingin melewatkan sensasi pedas berempah kuah kaldu ini. Kami juga mencicipi pilihan kuah collagen yang kaldunya ringan.

Oya selain varian kuah kaldu, di sini juga menyediakan pilihan tanpa kuah yakni ma la ban. Berbagai bahan makanan ini diolah dengan cara ditumis dengan bumbu ma la yang pedasnya nendang. Nah buat varian ma la tang dan ma la ban ini, kami bisa memilih tingkat kepedasannya mulai dari original, pedas dan ekstra pedas.

Setelah menunggu beberapa saat, menu pesanan kami siap tersaji hangat. Bukan lagi dengan wadah panci melainkan dengan mangkuk ukuran jumbo. Aromanya harum semerbak, kami bisa mengenali aroma pedas meskipun belum menyesapnya.

dragon hot pot Indonesiadragon hot pot Indonesia Foto: doc. detikfood

Racikan pertama yang kami coba ini dilengkapi kuah ma la tang. Kuah kemerahan dengan sedikit minyak menggenang ini memang punya rasa pedas gurih. Penggunaan rempah yang berlimpah membuat hot pot ini sulit ditolak.

Dragon Hot Pot terkenal dengan kuah ma la tang yang diracik dengan lebih dari 24 jenis rempah. Beberapa rempah diantaranya jahe, lada, cengkeh, ma la peppercorn dan aneka jenis cabai sichuan. Rempah asal China ini membuat hot pot punya rasa khas oriental yang kuat namun tetap bisa diterima lidah orang Indonesia.

Salah satu ciri khas kuah ma la tang adalah efek pedasnya yang membuat lidah terasa kebas, namun untuk rasa hot pot ini cukup nyaman di lidah. Sayuran dan aneka isian yang sudah kami pilih ini dimasak dengan tingkat kematangan yang pas, kami bisa menikmati irisan daging yang empuk sementara sayurnya masih renyah.

Puas mencicip varian ma la tang, kami mencoba olahan ma la ban yakni olahan versi tumis dengan bumbu ma la. Kami memilih berbagai isian mulai dari mie udon, mie kuning, daging, jamur, udang dan sayuran. Khusus untuk varian ma la ban ini kami agak dibuat terkejut dengan rasanya.

dragon hot pot Indonesiadragon hot pot Indonesia Foto: instagram @dragonhotpot.indonesia

Sensasi pedas dan asin menyengat langsung memenuhi rongga mulut kami. Bumbu pasta yang berlumur di semua bahan makanan memberi sensasi nendang yang bikin mata langsung melek. Saking pekatnya bumbu ma la, kami bahkan merasakan kebas pada bagian lidah dan bibir. Rasa asinnya juga dominan, jadi siapkan minuman ya sebelum menyantap menu ini.

Dan terakhir yang kami coba sekaligus yang rasanya paling ringan adalah collagen. Hot pot dengan kuah collagen ini punya warna putih dan konsistensinya agak kental. Berbagai isian terlihat menggoda, apalagi dilengkapi dengan taburan daun ketumbar cincang dan wijen putih.

dragon hot pot Indonesiadragon hot pot Indonesia Foto: doc. detikfood

Sluurp! Kuah collagen ini terasa sangat ringan, gurih khas kaldu sapi yang diracik bersama tambahan bumbu. Hot pot kolagen ini cocok buat kamu yang tidak suka makan pedas. Atau bisa juga jadi penetralisir usai makan hot pot ma la yang rasanya pedas getir.

Menikmati tiga menu di restoran ini bikin perut kami penuh. Paling enak makan hot pot ini secara sharing bareng keluarga dan teman karena bisa lebih puas mencoba berbagai isian hot pot.

Tergoda dengan sajian hot pot hangat di Dragon Hot Pot? Sebagai saran, datanglah lebih awal karena saat jam makan siang restoran akan langsung penuh diserbu pengunjung.

Dragon Hot Pot
Grand Indonesia
West Mall Lt. LG 17-17A
Jl. MH. Thamrin No. 1
Jakarta
Telepon (021) 23580486



Simak Video "Dragon Hot Pot, Kombinasi Kuah Ma La Tang dan Ratusan Pilihan Topping"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)