Bos Resto Hot Pot Jadi Orang Terkaya di Singapura, Hartanya Rp 279 Triliun!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 21 Agu 2020 14:00 WIB
Bos Resto Hot Pot Jadi Orang Terkaya di Singapura Foto: Mothership
Jakarta -

Forbes meluncurkan daftar 50 orang terkaya di Singapura tahun 2020. Urutan teratas ditempati Zhang Yong, bos jaringan resto hot pot ternama di negeri singa.

Perusahaan media global, Forbes secara rutin mengeluarkan daftar orang terkaya di dunia atau di tiap negara. Terbaru, di Singapura mereka mengungkap 50 orang dengan kekayaan fantastis. Urutan teratas ditempati miliuner bernama Zhang Yong.

Sosoknya tak asing lagi di kalangan pengusaha kaya Singapura karena tahun 2019 ia juga menempati urutan teratas daftar yang sama. Saat itu pendapatan bersihnya mencapai USD 13,8 miliar atau lebih dari Rp 191 triliun.

Bos Resto Hot Pot Jadi Orang Terkaya di SingapuraBos Resto Hot Pot Jadi Orang Terkaya di Singapura Foto: Mothership

Tahun ini Zhang Yong semakin kaya karena total pendapatan bersihnya menjadi USD 19 miliar atau sekitar Rp 279 triliun! Belum cukup sampai di sini, istri Zhang Yong yaitu Shu Ping juga masuk daftar orang terkaya di Singapura tahun ini.

Menurut catatan Forbes, pria 50 tahun ini tidak mengenyam pendidikan formal, SMP pun tak lulus. Namun ia dan istrinya sukses mengelola jaringan resto hot pot di Jianyang, Sichuan, China bernama Haidilao. Kini resto ini juga populer di Singapura.

Baca Juga: Hot Pot, 'Shabu-shabu' Gaya China dengan Beragam Kaldu

Awalnya Zhang tidak tahu cara meracik hot pot Sichuan. Ia lantas memberanikan diri berbisnis makanan tradisional China ini bersama tiga temannya. Salah satu di antaranya adalah istri Zhang sekarang. Ia bertugas mencari pendanaan di awal.

Hot pot sebarkan virus coronaBos Resto Hot Pot Jadi Orang Terkaya di Singapura Foto: Istimewa

Kini Haidilao punya lebih dari 700 restoran di seluruh dunia, termasuk Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia. Kebanyakan berada di China yang merupakan 'kota asal' restoran ini.

Di Indonesia, Haidilao membuka gerai di Gandaria City. Pengunjung bisa makan hot pot dengan pilihan kuah satu sampai empat rasa. Beberapa pilihannya adalah sup Szechuan mala yang pedas menggigit, sup tiga kombinasi, sup tomat, sup rendang, dan sup tom yum kung.

Restoran Hot PotBos Resto Hot Pot Jadi Orang Terkaya di Singapura Foto: Istimewa

Lalu untuk isian hot pot bisa dipilih per porsi. Misalnya short plate sapi premium, daging sapi US Angus Rib Eye, hingga daging sapi wagyu Jepang. Harganya mulai dari Rp 78.000 sampai Rp 468.000 per porsi.

Selain terkenal dengan rasanya yang enak, Haidilao juga mencuri perhatian dengan atraksi pegawai restorannya yang unik. Mereka memiliki tarian khas bernama tarian mi Haidilao. Pegawai akan melempar-lempar mi dengan gerakan akrobatik yang bikin suasana bersantap tambah seru.

Baca Juga: Duh! Wanita Ini Kena 'Tamparan' Mi Saat Pegawai di Resto Beraksi



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Mie Kocok Bakso dan Lotek Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)