Nasi Jeruk Tanggal Tua: Ada Rice Bowl Nasi Jeruk Pakai Lauk Masakan Rumahan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 30 Okt 2019 17:20 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Bosan makan rice bowl dengan lauk kekinian? Di restoran ini, ada pilihan rice bowl nasi jeruk, dengan masakan rumah gaya tradisional yang enak dan sedap.

Di wilayah Fatmawati, banyak restoran dan kafe kekinian yang menawarkan berbagai jenis makanan, salah satunya rice bowl. Rice bowl merupakan sajian one dish meal, nasi putih dengan aneka topping lauk dan disajikan dalam mangkuk. Bagi penggemar rice bowl, yang ingin mencoba paduan rice bowl dengan aneka masakan rumahan, bisa mampir ke Nasi Jeruk Tanggal Tua.

Nasi Jeruk Tanggal Tua: Ada Rice Bowl Nasi Jeruk Pakai Lauk Masakan RumahanFoto: dok. detikFood

Baca Juga: 5 Rice Bowl Online Enak yang Bisa Dipesan dari Rumah

Lokasinya tak jauh dari Lotte Mart Fatmawati. Nasi Jeruk Tanggal Tua dikemas dengan konsep restoran kekinian. Menggabungkan perpaduan warna pastel merah muda dan hijau, serta hiasan lampu neon di sudut ruangan.

Sistem pesan seperti di gerai fast food, pesan dan bayar makanan di kasir. Pesanan makanan dibuat langsung di konter depan, dengan lemari kaca berisi aneka makanan rumahan plus sambal sebagai topping. Penasaran dengan rasa makanannya, kami mencoba beberapa menu andalannya.

Nasi Jeruk Tanggal Tua: Ada Rice Bowl Nasi Jeruk Pakai Lauk Masakan RumahanFoto: dok. detikFood

Pertama ada Nasi Jeruk Tanggal Tua Ayam Tangkap (Rp 35.000). Disajikan dalam mangkuk besar berwarna biru pastel, dengan isian nasi jeruk, potongan daging ayam tangkap khas Aceh, kemudian kering kentang, telur balado, dan selada.

Porsinya lumayan besar, dengan ciri khas semua menu rice bowl di sini menggunakan nasi jeruk. Warna dari nasi ini putih, dengan sedikit bercak hijau dari tumbukan daun jeruk limau yang harum.

"Di sini nasi jeruknya itu kita goreng. Mirip seperti nasi goreng, tapi pakai tumbukan daun jeruk, jadi aromanya lebih keluar," tutur salah satu pelayan di sana, sambil mengantarkan makanan pesanan kami.

Nasi Jeruk Tanggal Tua: Ada Rice Bowl Nasi Jeruk Pakai Lauk Masakan RumahanFoto: dok. detikFood

Selain rasa dan aroma daun jeruk ada juga jejak rasa gurih. Mirip seperti rasa nasi uduk, hanya saja nasi ini tidak menggunakan santan. Meski digoreng, tapi nasi jeruk teksturnya tetap pulen dan tidak kering.

Ketika dipadukan dengan kering kentang, dan telur balado, rasanya semakin enak. Tak ketinggalan, potongan ayam goreng khas Aceh dengan aroma wangi daun kari. Ditambah sambal rawit bawang untuk para penggemar pedas, rasanya makin mantap.

Menu kedua Nasi Jeruk Tanggal Tua Dendeng Cabe Hijau (Rp 39.000). Isinya sama, dibedakan lauknya saja. Dendeng yang disajikan di sini bentuknya dipotong kecil-kecil, lalu diaduk dengan sambal cabe hijau yang teksturnya padat.

Nasi Jeruk Tanggal Tua: Ada Rice Bowl Nasi Jeruk Pakai Lauk Masakan RumahanFoto: dok. detikFood

Sebelumnya, dendeng sapi ini digoreng lebih dulu hingga garing. Tapi teksturnya tetap empuk, dan rasa dari cabe hijaunya sendiri tak terlalu pedas, namun kelebihannya sambal ini tidak berminyak sehingga terasa lebih ringan di mulut.

Terakhir kami mencoba rice bowl Nasi Jeruk Tanggal Tua Dori Sambal Matah (Rp 37.000). Disajikan dengan ikan dori tepung yang dipotong kecil, lalu ditaburkan sambal matah segar di atasnya. Sambal matah yang tak terlalu berminyak ini, menambah rasa pada ikan dori yang krispi renyah. Rasanya cukup pedas, karena menggunakan irisan rawit merah yang menyengat.

Nasi Jeruk Tanggal Tua: Ada Rice Bowl Nasi Jeruk Pakai Lauk Masakan RumahanFoto: dok. detikFood

Selain tiga menu di atas, Nasi Jeruk Tanggal Tua juga punya menu lainnya seperti Nasi Jeruk Daging Geprek, Nasi Jeruk Ayam Cabe, hingga pilihan camilan seperti Tahu Lima Detik, sampai Bakso Goreng Udang.

Bagi yang pesan untuk dibawa pulang, nasi jeruk ini akan dikemas dalam wadah besek bambu dan daun pisang. Kemasan kekinian yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Beda Banget! Rice Bowl Kekinian di Vietnam Ini Pakai Cicak Panggang

Nasi Jeruk Tanggal Tua
Jl. Cipete Raya No. 2A
Fatmawati, Jakarta Selatan
Telp: 081310378107
Jam Buka: 08:00 - 23:00



Simak Video "Ada Keju Sekeras Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)