Beda Banget! Rice Bowl Kekinian di Vietnam Ini Pakai Cicak Panggang

Sonia Basoni - detikFood Senin, 30 Sep 2019 12:35 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bukan menggunakan topping daging ayam atau sapi. Tapi di Vietnam, hidangan rice bowl justru disajikan dengan cicak panggang.

Cicak sebagai makanan memang bukan hal yang baru lagi, bahkan di Indonesia pun banyak orang yang mulai menyantap cicak. Hingga menjual cicak yang sudah diolah, menjadi makanan ringan dalam kemasan.

Baca Juga: Pelanggan Ini Tuntut Rp 34 Juta Karena Ada Cicak Dalam Minumannya
Beda Banget! Rice Bowl Kekinian di Vietnam Ini Pakai Cicak PanggangFoto: Istimewa

Dilansir dari World of Buzz (29/09), baru-baru ini viral makanan kekinian dari Vietnam. Namanya 'Lizard Rice Bowl' terdiri dari cicak panggang, dan nasi putih hangat dalam mangkuk kecil. Hidangan ini cukup populer di Vietnam, dan memiliki banyak penggemar.

Apalagi Vietnam dikenal sebagai negara yang punya kuliner unik, mulai dari serangga, ulat, hingga tikus yang dirubah jadi makanan. Namun, tentunya tak semua orang menyukai rice bowl kekinian dari Vietnam ini. Banyak netizen yang mengkritik bahwa nasi dan cicak adalah makanan yang aneh.

"Banyak netizen yang tidak bisa menerima bahwa orang-orang Vietnam, menggunakan cicak untuk membuat makanan aneh seperti Lizard Rice Bowl. Jadi siapapun yang memiliki banyak cicak di rumah, mungkin Anda bisa mendapatkan uang tambahan jika menjual cicak-cicak ini ke Vietnam," tulis halaman Facebook Viralcham, yang pertama kali menguggah foto makanan ini.
Beda Banget! Rice Bowl Kekinian di Vietnam Ini Pakai Cicak PanggangFoto: Istimewa

Lewat beberapa foto yang diunggah oleh Viralcham. Terlihat bahwa di Vietnam, cicak ini bukanlah hewan yang menjijikkan. Melainkan sebuah makanan yang mirip seperti ikan asin. Biasanya cicak dijual per kilo, lalu setelah itu cicak akan dipanggang hingga kering dan dikemas mirip seperti keripik.

"Saya akhirnya menemukan pekerjaan yang cocok di rumah. Yaitu menangkap cicak, kemudian memasaknya dan menjualnya sebagai rice bowl," canda seorang netizen.

"Melihat foto cicak panggang saja saya sudah mual, apalagi jika memakannya dengan nasi putih. Makanan di Vietnam benar-benar unik," tutur netizen lainnya.
Beda Banget! Rice Bowl Kekinian di Vietnam Ini Pakai Cicak PanggangFoto: Istimewa

Sementara banyak juga netizen yang tertarik untuk mencicipi cicak ini. Karena banyak orang yang mengklaim, bahwa rasa daging cicak mirip seperti udang. Nah, tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: 8 Bulan Lalu, Wanita Ini Juga Temukan Kadal di Keripik 'Irvins'

Simak Video "Menjajal Banh Trang Nuoung, Street Food Khas Vietnam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)