Nasi Kapau Juragan: Lamaknyo! Gulai Tambusu Plus Talua Barendo yang Renyah

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 04 Okt 2019 12:05 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di Bintaro ada restoran nasi kapau kekinian yang punya lebih dari 30 menu. Mulai dari gulai tambusu, gulai gajebo, hingga talua barendo yang gurih krispi.

Berbeda dengan nasi Padang, nasi kapau ini berasal dari Bukittinggi, di Sumatra Barat. Hidangan yang ditawarkan juga lebih banyak, dan konsepnya seperti warteg. Lauk-pauknya dijajarkan di atas meja. Pengunjung bisa langsung memilih lauk yang diinginkan.

Baca Juga: Ini Talua Barendo, Telur Dadar Gaya Minang yang Keriting Gurih
Nasi Kapau Juragan: Lamaknyo! Gulai Tambusu Plus Talua Barendo yang RenyahFoto: dok. detikFood

Sekarang banyak restoran khas Minang, yang mengusung konsep nasi kapau dalam bentuk resto yang nyaman. Salah satunya restoran Nasi Kapau Juragan, yang terletak di Bintaro Avenue, Tangerang Selatan. Meski baru dibuka, tapi setiap harinya ratusan porsi makanan ludes terjual.

"Berbeda dengan rumah makan Padang yang lain, di Nasi Kapau Juragan ada 25-30 jenis lauk yang disajikan setiap harinya. Jadi pengunjung tidak akan bosan dengan makanan yang itu-itu saja," tutur Ibu Christie selaku perwakilan dari Nasi Kapau Juragan.
Nasi Kapau Juragan: Lamaknyo! Gulai Tambusu Plus Talua Barendo yang RenyahFoto: dok. detikFood

Banyak makanan Minang yang jadi menu andalan di sini. Tapi Ibu Christie merekomendasikan untuk mencoba lauk khas nasi kapau, yaitu Gulai Gajebo (Rp 18.182), Gulai Tambusu (Rp 20.000), Cincang Sapi (Rp 26.000), dan tentunya menu populer yang sedang viral yaitu Talua Barendo atau telur dadar Minang (Rp 14.000).

Setiap hidangan nasi kapau di sini, disajikan dengan gulai kapau, cangcang ubi, dan sambel cabe ijo. Berbeda dengan nasi Padang yang menggunakan daun singkong sebagai lalapannya, di Nasi Kapau Juragan, sayur nangka dan kacang panjang dari gulai kapau lah yang menjadi pelengkapnya.

Ketika hidangan nasi hangat komplit ini disajikan dengan gulai tambusu yang memiliki potongan cukup besar, tampilannya begitu menggoda selera. Usus sapi yang diisi telur dan dikukus ini disiram gulai kental. Teksturnya empuk dengan bagian dalam yang diisi campuran tahu dan telur yang gurih. Gajebo merupakan salah satu sajian khas Bukittinggi yang populer dan disukai banyak orang.
Nasi Kapau Juragan: Lamaknyo! Gulai Tambusu Plus Talua Barendo yang RenyahFoto: dok. detikFood

Rasa santan dan yang dicampur dengan sedikit cabai, dan jejak rasa kemiri serta bawang ini terasa di setiap suapan. Aroma dari usus sapi tak menyengat, karena sebelumnya sudah dimasak lama. Tak ketinggalan topping seperti cangcang ubi, tambahan Telur Puyuh Tahu Balado (Rp 16.000), membuat hidangan nasi gulai tambusu ini tak mengecewakan.

Kemudian ada juga menu gulai gajebo, yang jadi ciri khas dari hidangan nasi kapau. Disebut sebagai makanan surga, gurih kenyal dari daging sandung lamur yang dipenuhi lemak gurih dan dibalut dengan gulai santan yang sedikit kuning, dengan sebaran minyak di atasnya. Di sini potongan gajebonya cukup besar dan memanjang.
Nasi Kapau Juragan: Lamaknyo! Gulai Tambusu Plus Talua Barendo yang RenyahFoto: dok. detikFood

Menurut Ibu Christie menyantap gulai gajebo ini paling enak dengan tambahan daging cincang, dan talua barendo yang gurih. Perpaduan rasa dari talua barendo yang dikocok dengan telur ayam kampung dan bebek ini, berpadu sempurna dengan lemak gurih gajebo.

Oh ya, menu talua barendo ini dibuat langsung di depan meja kita, dan disajikan saat masih panas. Jadi sambil menikmati hidangan nasi kapau ini, bisa sambil melihat live-cooking pembuatan talua barendo.
Nasi Kapau Juragan: Lamaknyo! Gulai Tambusu Plus Talua Barendo yang RenyahFoto: dok. detikFood

Bagi yang kurang suka dengan usus atau lemak sapi, tak perlu khawatir. Ibu Christie merekomendasikan menu Minang lainnya yang tak kalah enak, seperti ayam goreng kampung, dengan tambahan ikan bilis yang digoreng kering tanpa sambal, hingga tumis pare pedas untuk meningkatkan nafsu makan.

"Dari gulai tambusu, gajebo, ayam goreng, rendang, cincang, ikan, hingga aneka sayur semuanya tersedia di Nasi Kapau Juragan. Semua makanan di sini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tanpa bahan pengawet, dan selalu disajikan segar setiap harinya," pungkas Ibu Christie.
Nasi Kapau Juragan: Lamaknyo! Gulai Tambusu Plus Talua Barendo yang RenyahFoto: dok. detikFood

Nah, bagi yang tertarik mampir bisa langsung menyambangi gerai Nasi Kapau Juragan yang ada di Sunter dan Bintaro. Ingat kalau makan di sini, jangan sampai kalap ya.

Baca Juga: Nikmatnya Nasi Kapau Legendaris Hj. Zaidar dengan Gulai Tambusu

Nasi Kapau Juragan
Bintaro Avenue, Second Floor.
Jl. Moh. Husni Thamrin No.1.
Tangerang Selatan, Banten.
Telp: (021) 22215800
Jam Buka: 10.00 - 22.00

Simak Video "Krispi Gurih Talua Barendo Khas Nasi Kapau Juragan "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)