Lezat dari Ranah Minang

Nikmatnya Nasi Kapau Legendaris Hj. Zaidar dengan Gulai Tambusu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 06 Mar 2019 18:10 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Nasi Kapau enak di Jakarta bisa dicicip di gerai Hj. Zaidar. Lokasinya ada di Jalan Kramat Raya dengan sekitar 50 pilihan lauk khas nagari Kapau. Wajib dicoba!

Berbeda dengan nasi Padang biasa, nasi Kapau dibuat oleh orang asli Kapau yaitu sebuah nagari (desa) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Aslinya, lauk-lauk khas Kapau disusun dalam baskom dengan posisi etalase lebih rendah dari si penjual sehingga atraksi penjual menyendoki lauk jadi keunikan tersendiri.

Tak perlu jauh-jauh ke Sumatera Barat, nasi Kapau mudah ditemui di sepanjang Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Lokasinya ada di dekat flyover dengan lebih dari 10 penjual nasi Kapau berjejer di sana. Buka sejak siang hari, nasi Kapau di sini tersedia hingga dini hari.
Nikmatnya Nasi Kapau Legendaris Hj. Zaidar dengan Gulai TambusuFoto: dok. detikFood

Salah satu racikan nasi Kapau legendaris adalah buatan Hj. Zaidar. Nama gerainya Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar, sudah disambangi para politisi ternama seperti Fadli Zon, Fahri Hamzah, dan Anies Baswedan.

Ahmad Soleh, pegawai rumah makan di sini menuturkan Hj. Zaidar sudah berjualan di Senen sejak 1993. Meski sebelumnya beberapa kali pindah tempat seperti di Palmerah, Jakarta Barat.

Pilihan lauknya sangat beragam. "Sekitar 50 ada ya," tutur Soleh saat ditemui detikFood (5/3). Jejeran baskom berisi gulai tambusu, gulai jeroan, gulai telur bebek, itiak lado muda (bebek cabai hijau), ikan bilih goreng, dendeng batokok, rendang, paru goreng, hingga ayam pop.
Nikmatnya Nasi Kapau Legendaris Hj. Zaidar dengan Gulai TambusuFoto: dok. detikFood

"Kalau menu khas Kapau itu ada gulai tambusu," sambung Soleh. Pria yang sudah bekerja sejak 1994 ini menjelaskan gulai tambusu diracik dari tahu dan telur yang sudah dihaluskan kemudian dimasukkan dalam usus sapi yang sudah dibersihkan.

Menu khas lainnya adalah gulai Kapau yang tampilannya mirip gulai nangka di rumah makan Minang biasa. Gulai ini diracik dari kol, nangka, dan kacang panjang. Hanya saja kuahnya sedikit lebih encer dengan rasa sedikit asam.
Nikmatnya Nasi Kapau Legendaris Hj. Zaidar dengan Gulai TambusuFoto: dok. detikFood

Gulai Kapau jadi pelengkap nasi Kapau sebelum pembeli memilih lauk utama. Selain gulai tambusu, yang juga tak boleh dilewatkan adalah itiak lado mudo di sini. Bebek dimasak hingga empuk bersama baluran sambal cabai hijau. Jumlahnya sangat royal sehingga bebek cenderung berminyak saat disajikan.

Soleh juga mengungkap menu unik lain yaitu ikan bilih goreng, belut goreng, dan singkong balado. Semua bahan utama menu ini masih dibawa langsung dari Sumatera Barat.

Tak ketinggalan gulai talua (gulai telur) dan telur dadar khas Minang yang tebal, empuk, dan gurih. Untuk dua menu ini, Hj. Zaidar memilih penggunaan telur bebek yang dianggapnya lebih enak.
Nikmatnya Nasi Kapau Legendaris Hj. Zaidar dengan Gulai TambusuFoto: dok. detikFood

Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar buka sejak pukul 12 siang hingga 2 dini hari. Harga bersantap di sini relatif murah, mulai dari Rp 11.000 untuk nasi plus lauk perkedel.

Untuk yang paling mahal adalah itiak lado ijo seharga Rp 40.000 dan gulai kepala kakap seharga Rp 45.000. Nah, bagi penggemar masakan Minang terutama nasi Kapau, wajib coba racikan nasi Kapau di sini. (dvs/odi)