Olahan Telur yang Hits

Ini Talua Barendo, Telur Dadar Gaya Minang yang Keriting Gurih

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 03 Okt 2019 13:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Olahan Telur yang Hits
Jakarta - Di tengah demam nasi telur kekinian, muncul juga tren nasi telur khas Minang, talua barendo. Teksturnya renyah di luar, dan empuk di dalam.

Talua barendo merupakan telur dadar dalam bahasa Minang. Sebenarnya telur dadar ini biasa dijual di warung nasi kapau khas Bukittingi. Sudah sejak lama dinikmati orang Minang sebagai lauk dari sekian banyak lauk di warung nasi kapau. Tetapi belakangan menjadi populer di kalangan milenial.

Baca Juga: Talua Barendo dan Rendang Talua yang Lezat dari Ranah Minang
Ini Talua Barendo, Telur Dadar Gaya Minang yang Keriting GurihFoto: dok. detikFood

Di restoran Nasi Kapau Juragan, yang ada di Bintaro Avenue, Tangerang Selatan. Talua barendo jadi salah satu menu andalan yang populer, tak hanya sekedar pelengkap saja, tapi restoran ini menawarkan konsep live cooking. Para pengunjung bisa memesan talua barendo, dan melihatnya dibuat langsung di depan meja mereka.

"Restoran Nasi Kapau Juragan sendiri sebenarnya baru dibuka tahun ini. Berbeda dengan restoran Padang lainnya, kita ini menyajikan hidangan Nasi Kapau. Bisa disebut sebagai warteg lah di Padang nya. Kemudian perbedaannya juga terdapat dari beberapa menu yang disajikan," tutur Ibu Christie, selaku perwakilan dari Nasi Kapau Juragan ketika ditemui detikFood (02/10).

"Selain itu ciri khas dari Nasi Kapau Juragan ini juga terletak di menu talua barendo, yang dibuat langsung ketika pengunjung memesannya. Jadi memang telur ini disajikan saat masih panas dan rasanya lebih enak," sambungnya.
Ini Talua Barendo, Telur Dadar Gaya Minang yang Keriting GurihFoto: dok. detikFood

Nasi Kapau Juragan sendiri sengaja membuat konsep live-cooking khusus untuk Talua Barendo. Agar para pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan telur dadar gaya Minang, yang keriting dan gurih ini.

"Telur yang kita buat ini beda dengan telur dadar yang lain, jadi kalau kita masak di dapur, pengunjung tidak merasa spesial,"

"Untuk talua barendo itu, kita menggunakan telur ayam kampung dan telur bebek. Kemudian sisanya kita menggunakan bumbu-bumbu yang sudah kita racik. Lalu agar rasanya lebih gurih, di atas minyak panas itu kami oleskan sedikit mentega, baru kocokan telurnya dituang jadi rasa telurnya ini lebih gurih dan enak," jelas Ibu Christie lebih lanjut.
Ini Talua Barendo, Telur Dadar Gaya Minang yang Keriting GurihFoto: dok. detikFood

Untuk masalah rasa, tak perlu diragukan lagi. Talua barendo ini, punya tampilan yang keriting, atau krispi garing di kelilingnya, karena kocokan telur menggunakan tambahan sedikit tepung terigu.

"Agar telur barendo ini punya tekstur krispi, kita pakai tambahan tepung terigu. Nah, jadi di tepung itu lah yang membuat talua barendo ini krispi, beda dengan telur dadar yang lain," ungkap Ibu Christie.

Untuk ketebalan telur dadar ini, cukup tipis dan tak setebal telur dadar potongan di restoran Padang lain. Bagian dalam telur sedikit kemerahan, karena bumbu spesial dan tambahan cabai di dalamnya.
Ini Talua Barendo, Telur Dadar Gaya Minang yang Keriting GurihFoto: dok. detikFood

Rasa telur ayam kampung dan bebeknya lah, yang menurut Ibu Christie membuat banyak orang ketagihan. Talua barendo ini biasanya tak dimakan sendirian, melainkan menggunakan aneka lauk khas Minang yang disediakan oleh Nasi Kapau Juragan.

"Kalau Nasi Kapau ini identiknya, kalau kita pesan makan sudah pasti dapat nasi putih dengan siraman gulai Kapau, cangcang ubi, sambel, dan pakai talua barendo. Kemudian ciri khasnya lagi kita ada gulai tambusu, sama rendang dan gajebo,"

Christie menambahkan bahwa perpaduan lauk antara talua barendo dan hidangan lainnya, sebenarnya kembali ke selera masing-masing. Namun banyak juga pengunjung yang datang khusus hanya untuk mencicipi talua barendo saja.
Ini Talua Barendo, Telur Dadar Gaya Minang yang Keriting GurihFoto: dok. detikFood

Untuk kisaran harga satu porsi talua barendo di Nasi Kapau Juragan, dibanderol dengan harga Rp 14.000 saja. Jika tambah nasi sekitar Rp 20.000, cukup terjangkau dan sama dengan kisaran harga nasi telur kekinian lainnya.

"Seharinya Nasi Kapau Juragan bisa menjual rata-rata 300 hingga 400 porsi talua barendo," pungkas Ibu Christie.

Bagi yang tertarik untuk mencoba kelezatan dari talua barendo ini, bisa langsung mampir ke dua gerai Nasi Kapau Juragan yang ada di Bintaro dan Sunter. Selain telurnya yang enak, tersedia lebih dari 30 hidangan khas Minang yang menggoda selera.

Baca Juga: Penggemar Telur, di Sini Ada Nasi Telur Goreng yang Gurih Murah

Simak Video "Krispi Gurih Talua Barendo Khas Nasi Kapau Juragan "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Olahan Telur yang Hits