Gendhis Legi: Sedap! Sego Bakar Berlauk Komplet yang Mantap

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 06 Mar 2019 12:20 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Punya konsep interior yang klasik. Restoran yang satu ini menyajikan aneka hidangan tradisional Indonesia seperti sop hingga sego, dengan harga ramah di kantong.

Berkunjung ke Kota Wisata, Cibubur. Ada restoran Gendhis Legi, dengan konsep klasik yang dilengkapi taman asri di dalamnya. Ruangannya yang luas, dan suasana yang sejuk membuat restoran ini digemari pengunjung.

Baca Juga: Yuk! Makan Siang Nasi Bakar yang Gurih Hangat di 5 Tempat Ini!
Gendhis Legi: Sedap! Sego Bakar Berlauk Komplet yang MantapFoto: dok. detikFood
Di sini para pengunjung bisa memilih untuk makan di bagian teras resto, taman, hingga ruangan kaca. Menu makanannya cukup beragam, tapi semuanya didominasi oleh seafood dan hidangan khas Indonesia. Sesuai dengan namanya 'Gendhis Legi' yang artinya 'gula manis', menu andalan adalah menu khas Indonesia.

Pertama kami memesan Sop Ikan Bambu Kakap (Rp 60.000,-). Sesuai namanya, sop ikan ini disajikan dalam wadah bambu yang masih mengepul panas. Kuahnya bening, dilengkapi dengan irisan tomat hijau, cabe rawit hijau dan merah. Aromanya harum dari daun kemangi yang ditaburkan di sop. Ikan kakapnya dipotong dadu, dan teksturnya kokoh.
Gendhis Legi: Sedap! Sego Bakar Berlauk Komplet yang MantapFoto: dok. detikFood
Rasa kaldunya gurih asam segar. Mirip kuah asam ikan hanya saja kuahnya bening. tidak ada aroma atau rasa amis dari sop yang satu ini. Rasa bawang merah dan bawang putih terjejak kuat. Karena ikan mudag disantap karena tak ada tulang dan duri.

Sego Bakar Komplit (Rp 47.000) jug menarik. Paket ini terdiri dari sego bakar, atau nasi bakar yang dibalut dengan daun pisang. Lalu lauknya ada ayam bakar, sayur asem, tahu tempe, ikan asin bulu ayam, hingga sambal rawit.

Uniknya, nasi bakar di sini bukan menggunakan nasi putih. Melainkan menggunakan nasi kuning, yang teksturnya sedikit lebih lembut dan lengket dibandingkan nasi kuning biasa. Perpaduan rasa dari kunyit, lengkuas, bawang, dan gurihnya garam berpadu sempurna. Porsi nasi bakarnya juga tidak pelit, apalagi ayam bakar ini tekstur empuk, dengan rasa manis gurih bumbu kecap.
Gendhis Legi: Sedap! Sego Bakar Berlauk Komplet yang MantapFoto: dok. detikFood
Lalu nasi bakar ini semakin enak dicolek dengan ikan asin renyah, lalapan, dan sambal pedas mantap. Kalau suka makanan yang berkuah, jangan lupa cicip sayur asemnya yang disajikan masih panas dengan tambahan tahu tempe, yang dijamin bikin perut kenyang.

Selain itu menu Kangkung Tauco (Rp 27.000), juga tak kalah menggugah selera. Di sini kangkung disajikan di atas hot plate, dipenuhi dengan sambal tauco, dan butiran telur puyuh. Rasanya enak, didominasi rasa gurih manis dari saus tauco yang banyak, dan tumisan bumbu bawang hingga saus tiram yang semakin menguatkan rasa. Kangkung ini cocok disantap sebagai hidangan pelengkap, porsinya juga lumayan besar jadi bisa disantap untuk 2-3 orang.
Gendhis Legi: Sedap! Sego Bakar Berlauk Komplet yang MantapFoto: dok. detikFood

Puas menyantap semua makanan, jangan lupa pesan Es Karonsih (Rp 27.000). Minuman unik yang satu ini, di sajikan di dalam buah nanas utuh. Terdiri dari campuran buah strawbery, nanas, dan jambu. Rasa segar, manis, dan pastinya jadi penutup makan siang yang enak.
Gendhis Legi: Sedap! Sego Bakar Berlauk Komplet yang MantapFoto: dok. detikFood
Selain makanan andalan di atas, Gendhis Legi juga menawarkan menu makanan lainnya seperti Asem Asem Iga Penyet, Sop Patin, Nasi Goreng Ngumpet, hingga Gurame Tauco.

Baca Juga: 10 Sop Ikan yang Sedap Ini Cocok untuk Makan Siang

Gendhis Legi
Jl. Pesona Paris Raya No.63, Nagrak.
Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat.
Telp: (021) 84934329




(sob/odi)