The Lab SG: Seru! Menyantap Burger Berlelehan Keju di Kafe Bertema Laboratorium

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Feb 2018 17:25 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di area Kampong Glam ada kafe seru bertema laboratorium dengan alat eksperimental. Menunya enak termasuk burger dengan 3 lelehan keju. Nyamm!

Menyusuri Kampong Glam, Singapura, kamu akan menemukan banyak tempat makan halal. Tak aneh karena lokasi ini merupakan wilayah berpenduduk Muslim.

Di area Jalan Pisang, tak jauh dari rumah makan Hjh. Maimunah yang tersohor, ada kafe unik dengan tema laboratorium (lab). Namanya The Lab SG yang menempati bangunan ruko mungil berwarna hitam.

The Lab SG: Seru! Menyantap Burger Berlelehan Keju di Kafe Bertema LaboratoriumFoto: dok. detikFood

Sebagai penanda kehalalan, di bagian pintu kafe tertempel kertas dengan tulisan 100% Muslim Owned Cafe. Ini berarti kafe 100% menggunakan bahan makanan halal dan mempekerjakan setidaknya 1 pegawai Muslim.

Masuk ke dalam, kami merasakan suasana seperti di lab dengan pipa-pipa tabung reaksi tertempel di dinding sebagai dekorasi. Oh iya, kami juga menemukan botol-botol pipet kecil, tabung reaksi dan suntikan yang digunakan untuk keperluan penyajian makanan di sini.

Suasana khas lab lalu digabungkan dengan kesan vintage dari penggunaan meja kayu di The Lab SG. Berjalan ke dalam, kami mendapati area tempat meracik minuman dengan mesin kopi diletakkan di atas meja.

The Lab SG: Seru! Menyantap Burger Berlelehan Keju di Kafe Bertema LaboratoriumFoto: dok. detikFood

Bisa juga mengintip dessert dan pastry yang tersedia di hari itu. Semuanya dipajang di lemari kaca. Saat kami mampir terlihat ada Galaxy Donut, brownies dan smore's yang mungil dan menggugah selera.

Mengenai menu utama, The Lab SG menawarkan aneka menu Barat seperti burger, pasta dan kentang goreng. Disertai kopi dan aneka mocktail menyegarkan.

Pilihan kami jatuh pada Burger Stack (SGD 16), Salmon Pesto Cream (SGD 16) dan Cajun-spiced Mixed Fries (SGD 8). Tak ketinggalan minuman Heisenberg Sparkler (SGD 7) dan Caramel Macchiato Ice (SGD 6.5) untuk mengisi perut sore hari.

The Lab SG: Seru! Menyantap Burger Berlelehan Keju di Kafe Bertema LaboratoriumFoto: dok. detikFood

Burger Stack ada pada kategori Gourmet Burgers dengan penggunaan bun bertabur wijen. Patty-nya merupakan daging sapi yang dilengkapi jamur portobello dan 3 jenis keju. Ada mozzaarella, cheddar dan blue cheese aioli.

Nyamm! Roti burger terasa empuk dengan selingan renyah khas wijen. Patty-nya gurih, juicy dan mantap karena tebal dengan konsistensi daging sapi terjejak lebih banyak dibanding perekatnya. Pencinta daging tentu puas dengan sajian ini!

Makin enak ketika roti, patty dan jamurnya dimakan bersamaan. Penggunaan 3 jenis keju leleh memberi sensasi gurih creamy yang lumer di mulut. Meski memakai banyak keju, rasa gurihnya tak berlebihan. Yang unik, burger ini tidak didampingi kentang goreng melainkan keripik ubi renyah.

The Lab SG: Seru! Menyantap Burger Berlelehan Keju di Kafe Bertema LaboratoriumFoto: dok. detikFood

Pencinta salmon bisa cicip Salmon Pesto Cream yang memadukan spaghetti, saus pesto dan potongan salmon. Balutan sausnya benar-benar creamy dengan jejak cincangan daun basil. Rasanya gurih dengan kekentalan yang pas. Berpadu enak dengan potongan salmon ukuran besar yang empuk dan gurih.

Penasaran dengan kentang goreng, kami memesan Mixed Fries berbumbu cajun yang terdiri dari potongan ubi dan kentang goreng. Saus cocolannya bisa memilih, kami meminta Fiery Black Sauce. Tampilannya mirip sambal rujak dengan warna hitam dan jejak-jejak biji cabai. Saat dicicip ada rasa manis, pedas dan gurih yang enak. Sengatan pedasnya tak begitu kuat.

Minuman yang wajib dipesan di sini adalah Heisenberg Sparkler. Memadukan soda rasa citrus dengan daun mint. Uniknya, ada suntikan berisi sirup biru yang bisa dituangkan ketika akan dinikmati. Slurrpp! Sodanya begitu menyegarkan dengan jejak manis dan asam ringan.

The Lab SG: Seru! Menyantap Burger Berlelehan Keju di Kafe Bertema LaboratoriumFoto: dok. detikFood

Kami juga tak melewatkan Caramel Macchiato Ice buatan The Lab SG. Paduan kopi dalam suntikan dan susunya terasa manis ringan dengan tekstur agak kental. Tambahan sirup karamel menciptakan sensasi manis legit di akhir menyesap minuman ini. Nikmat!

The Lab SG patut jadi pilihan bagi kamu yang mencari kafe seru di area Kampong Glam. Datang bersama teman-teman ya agar lebih seru!

"Singapura adalah destinasi di mana kamu dapat mewujudkan impian. Kini saatnya untuk tak sekadar bersantap, dan jadilah Pecinta Makanan."

The Lab SG
1 Jln Pisang, #01-01, Singapura



(adr/odi)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu