Rekomendasi Redaksi

Cronut dari 3 Bakery Ternama di Jakarta, Mana yang Paling Legit Crunchy?

- detikFood
Senin, 28 Okt 2013 18:08 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Kehebohan Cronut, pastry hasil perkawinan croissant dan donat, ternyata tak hanya melanda New York, Amerika Serikat. Demamnyapun sampai ke Jakarta, membuat beberapa bakery berlomba-lomba menyajikan Cronut versinya sendiri.

Cronut yang telah menjadi merek dagang Dominique Ansel Bakery berbentuk bundar dengan lubang di tengah, seperti donat. Namun, jika dipotong, pastry ini berlapis-lapis seperti croissant. Teksturnyapun renyah persis croissant.

Cronut berwarna cokelat karena digoreng seperti donat dan ditaburi gula pasir atau diberi glazuur. Bagian tengahnya diisi krim vanila. Karena mengandung krim itulah, Cronut harus segera dimakan. Kalau tidak, teksturnya jadi alot dan basah.

Sejak diluncurkan Mei 2013, Cronut di Dominique Ansel Bakery menarik perhatian para pecinta pastry dan orang-orang yang tak mau ketinggalan tren. Mereka rela mengantre sejak pukul enam pagi selama empat jam demi mencicipi Cronut yang hanya diproduksi sedikit setiap harinya. Di sini, hanya ada satu rasa Cronut yang diganti setiap bulannya.

Demam Cronut kemudian menyebar ke seluruh dunia. Karena namanya sudah dipatenkan, para peniru membuat nama lain seperti Crodough atau New York Pie Donut. Di Jakartapun, ada sekitar 10 bakery yang menjual Cronut versinya sendiri.

Detikfood telah mencicipi tiga Cronut versi tiga bakery ternama di Jakarta, yakni Cake Shop, The Deli, dan Union. Mana yang paling enak?

Cake Shop di Mandarin Oriental Jakarta merupakan pelopor Cronut di Indonesia. Diberi nama 'Kronut', pastry ini dijual dengan rasa vanila (Rp 28.000) dan mangga (Rp 33.000). Namun, tampaknya rasa mangga kini digantikan dengan rasa cokelat.

Kronut tersedia pukul 14:00-18:00 setiap harinya. Anda bisa membeli langsung di tokonya, namun harus menunggu 15-20 menit hingga Kronut siap dibawa pulang. Tinggi pastry ini sekitar 5 cm dengan diameter 9 cm. Namun ukuran dua Kronut yang kami beli tak konsisten karena yang satu lebih tinggi dibanding Kronut lainnya.

Kronut yang kami beli berwarna cokelat gelap di bagian atas dan dasarnya, namun terang di bagian tengahnya. Kronut vanila diberi glaze vanila dan irisan almond. Sayang, almondnya terlalu gosong. Baluran gula pasir di permukaan pastry ini tak terlalu banyak.

Krim vanilanya disuntikkan di lapisan atas Kronut. Saat digigit, Kronut ini terasa padat lapisannya. Teksturnya juga tak begitu renyah. Selain itu, terasa jejak minyak dan rasa pahit karena tampaknya Kronut ini digoreng terlalu lama.

Di The Deli Four Seasons Hotel Jakarta, pastry serupa juga dinamai 'Kronut'. Namun, variannya lebih banyak. Ada pastry cream, cokelat, strawberry, pistachio, dan mangga dengan satu harga yakni Rp 27.500. The Deli hanya memproduksi dua item per varian per hari, jadi agar aman pesanlah minimal satu hari sebelumnya.

Tinggi Kronut 4-5 cm dengan diameter 6,5 cm. Bentuknya cukup konsisten, namun tidak dengan warnanya. Ada yang digoreng sampai cokelat gelap, ada yang cokelat terang. Tampilannya meriah karena di atas glaze vanilanya yang tebal diberi serutan white chocolate.

Kronut berlapis gula pasir ini bagian tengahnya dibelah dua, lalu diberi custard atau vla. Saat digigit teksturnya kurang renyah dan terasa berminyak.

Bagaimana dengan 'Flaky Donut', Cronut versi Union? Dibanding kedua Cronut tadi, Flaky Donut paling mahal yakni Rp 37.500 per buah. Variannya cinnamon sugar, Boston cream, dan yang dibentuk memanjang seperti sate yakni caramel peanut. Pastikan Anda menelepon dulu sebelum mengambil Flaky Donut karena jam produksinya tak bisa dipastikan.

Menurut kami, tampilan Flaky Donut besar namun kurang menarik. Tingginya 6 cm dengan diameter 9 cm, bentuknya silindris miring dengan lubang yang terlalu ke pinggir. Warnanya cokelat terang dengan lapisan gula yang royal dan bubuk kayumanis di luarnya. Aroma kayumanisnya sendiri kurang terasa.

Flaky Donut cinnamon sugar tak diberi krim di atas maupun dalamnya, namun bagian atas varian Boston cream dicelup cokelat dan isinya berupa custard. Teksturnya sangat renyah dengan lapisan yang banyak dan wangi mentega. Saat dikunyah, pastry ini mengingatkan kami akan genji pie berbentuk hati yang banyak dijual di pasaran.

Dari ciri-cirinya, tampaknya Kronut dari Cake Shop paling mirip dengan punya Dominique Ansel Bakery dibanding kedua rivalnya. Kalau soal varian rasa, tampilan, dan harga, Kronut milik Four Seasons yang menang meski ukurannya lebih kecil daripada yang lainnya.

Namun, jika bicara tekstur, kami lebih menyukai Flaky Donut dari Union. Teksturnya sangat renyah, mengalahkan kedua Cronut lain yang cenderung berminyak dan basah. Ternyata, membuat Cronut yang kuning cantik, berlapis dan renyah bukan hal yang gampang.

Ingin mencoba sendiri? Silakan datangi tempat-tempat berikut:


Cake Shop
Mandarin Oriental Jakarta lantai dasar
Jl. MH. Thamrin
Jakarta Pusat
Telepon: 021-29938820

The Deli
Four Seasons Hotel Jakarta
Jalan H.R. Rasuna Said
Jakarta Selatan
Telepon: 021-2523456

Union
Street Gallery Terrace
Pondok Indah Mall 1 lantai GF
Jakarta Selatan
Telepon: 021-29529783


(fit/odi)