Resep Pembaca : Dimsum Ayam Udang yang Gurih Kenyal

Novita Sari - detikFood Senin, 05 Apr 2021 10:00 WIB
Dimsum Ayam Udang Foto: Dok. Novita Sari
Jakarta -

Kalau beli seporsi dimsum pasti kurang. Makanya lebih puas bikin sendiri. Adonan ayam udang dibalut adonan kulit yang gurih. Enak dicocol saus pedas asam segar.

Dimsum, penganan mungil dari China kini populer di Indonesia. Ada ratusan jenis dimsum. Ada yang asin dan manis. Ada yang dikukus, digoreng dan dipanggang. Rasanya yang enak dan bentuknya yang mungil membuat dimsum disukai banyak orang.

Dimsum dijual di restoran berbintang, rumah makan hingga pedagang kaki lima. Makan dimsum tak cukup satu atau dua potong. Padahal harganya lumayan mahal, makanya paling puas bikin dimsum sendiri.

Seperti dimsum ayam udang yang populer karena mudah dibuat. Pembaca detikfood Novita Sari, sering membuat dimsum sendiri. Coba saja ikuti resep dan tips membuatnya berikut ini. Dimsumnya gurih mantap dan dijamin ketagihan!

Resep Dimsum Ayam Udang

Total Waktu Penyajian :60Menit
Untuk Penyajian :12Porsi
Judul Resep :Dimsum Ayam Udang
Kategori :camilan
Masakan :dimsum
Durasi Persiapan :30Menit
Durasi Masakan :30Menit
Total Durasi :60Menit

Bahan :
  • 250 g daging ayam giling
  • 100 g daging udang
  • 100 gram labu siam, parut
  • 100 gram wortel, parut
  • 6 sdm tepung sagu
  • 3 siung bawang putih, goreng utuh lalu haluskan
  • 3 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 2 sdm minyak wijen
  • kulit pangsit secukupnya

Cara Membuat :
  1. Panaskan kukusan, oles dengan minyak permukaan untuk menaruh dimsum.
  2. Dalam mangkuk campur daging ayam, udang , labu siam, wortel, sagu, bawang putih, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, kaldu jamur. Aduk-aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  3. Ambil 1 sdm adonan taruh di atas selembar kulit pangsit, lipat kelilingnya sambil tekan hingga padat dan permukaannya terbuka. Kerjakan dengan sisa adonan sampai selesai.
  4. Kukus selama 25 menit. Olesi kulitnya dengan kuas yang dicelup air atau bisa disemprot, agar kulit dimsum tidak keras setelah dingin.
  5. Angkat dimsum. Sajikan dengan saus favorit.

pangsit gorengDimsum Ayam Udang. Foto: iStock

Tips:

1. Ada beberapa jenis kulit pangsit untuk dimsum dijual di pasaran. Ada yang untuk pangsit rebus, ada juga untuk pangsit goreng. Bentuknya ada yang segiempat ada yang bundar.
2. Pilih kulit pangsit yang untuk pangsit rebus. Saat membentuk dimsum, jangan lupa tutup sisa kulit dengan plastik atau serbet agar kulit pangsit tidak kering dan pecah saat dipakai.
3. Jika akan disimpan, setelah dibentuk, simpan dimsum dalam freezer dan saat akan disajikan bisa dibiarkan beberapa saat di suhu ruangan lalu kukus hingga matang.



Simak Video "Nyobain Dimsum ala Sushi Milik Arya Saloka 'Ikatan Cinta'"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com