ADVERTISEMENT

Kalori Susu Kental Manis di 6 Menu Sarapan French Toast, Bikin Yuk!

Erika Dyah Fitriani - detikFood
Selasa, 09 Agu 2022 08:35 WIB
French Toast
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kalori susu kental manis dalam menu french toast bisa menjadi sumber energi yang pas untuk sarapan. Menu sarapan klasik ini bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis hidangan sesuai selera, tanpa perlu ribet menyiapkannya.

Pada dasarnya, french toast merupakan hidangan berbahan dasar roti tawar, susu, dan telur. Perpaduan susu kental manis, roti tawar, dan telur dapat menjadi penunjang energi selama beraktivitas seharian, apalagi jika dikonsumsi di pagi hari saat sarapan.

Selain bermanfaat untuk mengisi energi, kalori susu kental manis di dalam french toast memberi cita rasa gurih dan creamy dengan tekstur yang sedikit renyah. Tekstur renyah ini didapatkan karena french toast dimasak dengan cara dipanggang, baik di atas teflon maupun di dalam oven.

Penasaran ingin buat sendiri kreasi menu sarapan french toast yang nikmat dengan tambahan kalori susu kental manis untuk bantu berenergi seharian? Simak 6 menu berikut yang dilansir dari tasteofhome.

1. Smores Stuffed French Toast

Untuk Anda yang suka sarapan bercita rasa manis, menu satu ini bisa jadi pilihan. Perpaduan smores yang chewy dan kalori susu kental manis yang nikmat akan menambah selera Anda saat menikmati menu sarapan simpel Smores Stuffed French Toast ini.

Cara membuatnya pun mudah, cukup siapkan telur sesuai kebutuhan dan kocok lembut. Campurkan susu ke dalam adonan telur. Siapkan juga remahan biskuit di piring terpisah sebagai bahan untuk melapisi roti.

Lalu, celupkan kedua sisi roti ke dalam campuran telur dan taruh di atas remahan biskuit dan balurkan hingga rata. Panggang roti di atas wajan teflon yang sudah dipanaskan dan diberi mentega hingga cokelat keemasan. Beri topping smores, tambahkan juga kalori susu kental manis di atasnya agar tambah nikmat.

2. Tropical French Toast

Tropical French ToastTropical French Toast Foto: Shutterstock

Punya stok buah segar seperti mangga di rumah? Kalau iya, Anda bisa coba berkreasi membuat french toast dengan cita rasa tropis yang menyegarkan serta tambahan kalori susu kental manis yang bantu menambah energi saat sarapan. Berbeda dengan french toast pada umumnya, Anda bisa ganti susu dengan santan saat membuat kocokan telur untuk melapisi roti. Tambahkan juga vanili dan garam sebagai penyedap.

Lapisi roti dengan adonan kocokan telur tersebut, diamkan selama 20 menit lalu panggang di atas teflon dengan api sedang. Sambil menunggu roti matang, Anda bisa siapkan krim kocok untuk topping. Tambahkan krim kocok tersebut serta potongan mangga dan kalori susu kental manis untuk isi energi dengan sarapan segar cita rasa buah khas tropis ini.

3. Berry Stuffed French Toast

Menu French toast yang satu ini bisa jadi favorit segala usia, mulai dari anak-anak maupun orang dewasa. Caranya pun mudah, cukup dengan menyiapkan blueberry dan stroberi serta tambahan kalori susu kental manis yang mudah didapatkan.

Olah macam-macam berry yang kamu punya menjadi sirup berry nikmat yang lezat dengan memanaskan berry, brown sugar/gula aren, mentega, dan kayu manis di dalam panci hingga mengental lalu tambahkan sedikit vanili.

Setelah itu, panggang roti yang telah dilumuri kocokan telur-susu hingga cokelat keemasan. Siram dengan sirup berry yang telah dibuat sebelumnya. Anda juga bisa tambahkan taburan gula halus atau kalori susu kental manis dan buah berry segar sebagai topping.

4. Baked French Toast

Ingin coba berkreasi bikin menu french toast yang praktis? Anda bisa memanggangnya di oven tanpa perlu repot membolak-balik di atas wajan. Caranya, potong roti menjadi irisan setebal 1 inci dan susun ke dalam loyang yang telah dilumuri minyak sebelumnya. Tuangkan kocokan telur dan susu di atas roti hingga rata. Bisa juga tambahkan kalori susu kental manis sesuai selera. Masukkan Loyang yang sudah ditutup ke dalam kulkas dan biarkan semalaman.

Di pagi hari, Anda bisa buat campuran tepung, gula, mentega, dan kayu manis sebagai adonan pelapis lalu tambahkan adonan tersebut di atas roti yang sudah didinginkan semalaman. Panggang di dalam oven sekitar 40-45 menit. Jika sudah matang, Anda bisa tambahkan topping sesuai selera seperti sirup, buah, atau krim, serta susu kental manis supaya tambah nikmat.

5. Crunchy French Toast

Anda bisa bikin menu french toast unik dengan tambahkan cornflake yang akan membuat sarapanmu terasa lebih renyah. Menu ini bisa menjadi variasi untuk sarapan keluarga, terutama bagi anak-anak yang sedang menyukai tekstur renyah.

Caranya pun mudah, kocok telur, susu, dan vanili di dalam mangkuk lalu rendam roti ke dalam adonan tersebut. Setelahnya, baluri roti dengan campuran sereal, seperti cornflake, hingga menempel rata. Panggang di atas wajan teflon hingga berwarna kecokelatan lalu tambahkan topping sesuai selera dan hiasi dengan olesan susu kental manis yang nikmat.

6. Cinnamon-Apple French Toast

Cinnamon-Apple French ToastCinnamon-Apple French Toast Foto: Shutterstock

Pencinta cinnamon rolls dijamin bakal suka dengan hidangan yang satu ini. Cara membuatnya pun mudah dengan bahan-bahan yang gampang didapatkan, seperti tambahan kalori susu kental manis.

Anda bisa mencampur gula merah, mentega, dan 1 sendok teh kayu manis lalu tuang ke dalam loyang. Tambahkan potongan apel dan cranberry (atau beri lainnya yang Anda punya) ke dalam loyang tersebut, lalu susun irisan roti di atas buah.

Jika seluruh bahan telah tersusun rata, Anda bisa menambahkan adonan kocokan telur, susu, dan vanili ke atas roti. Dinginkan di dalam kulkas semalaman dan keluarkan di pagi hari. Panggang adonan di dalam loyang selama 20-25 menit hingga kecokelatan lalu sajikan untuk sarapan. Biar makin nikmat, tambahkan juga susu kental manis yang bermanfaat dan bisa bikin menu sarapan tambah nikmat.

Itu dia beberapa menu yang bisa Anda coba untuk bikin sarapan nikmat dengan tambahan susu kental manis Full Cream yang bermanfaat. Dengan kalori susu kental manis, Anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat zat gizi makro, serta 130 kkal per sasetnya, juga 9 vitamin, dan 5 mineral untuk menambah sumber energi dalam memulai aktivitas harian Anda.



Simak Video "Gurih Pedas Nasi Jinggo Sambal Belut di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT