Kental Manis Buat Kreasi Silky Pudding Matcha Jadi Yummy

Erika Dyah - detikFood Kamis, 12 Agu 2021 16:42 WIB
Pudding Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kental manis jadi satu resep kunci untuk bikin sajian dessert creamy yang yummy. Salah satunya, dessert Silky Pudding Matcha ala Jepang bertekstur lembut yang bisa bikin kamu ketagihan.

Melansir asianfoodnetwork, silky pudding adalah pudding susu bertekstur super lembut yang terbuat dari campuran bubuk agar-agar dan jelly untuk mendapatkan konsistensi lembut sehalus sutra. Silky pudding bisa dikreasikan dalam berbagai rasa dan tampilan, serta bisa ditambahkan buah-buahan hingga aneka topping seperti kental manis maupun whipped cream untuk membuat rasanya makin lezat.

Teksturnya lembut dari Silky Pudding seringkali dimiripkan dengan puding asal Jepang yaitu purin yang juga lumer di lidah saat dimakan. Meski demikian, bahan utama yang digunakan sangatlah berbeda.

Dikutip dari kirbiecravings, pembuatan purin ala Jepang menggunakan bahan dasar telur untuk menambah keunikan rasanya. Umumnya, purin Jepang juga tidak menambahkan rasa pada adonan puddingnya. Sebab, tambahan rasanya dihadirkan dalam bentuk topping, misal dalam bentuk karamel atau selai buah-buahan.

Sementara itu, menu dessert Silky Pudding lebih dikenal mirip dengan Milk Pudding ala Jepang yang terbuat dari campuran susu, kental manis, krim, dan gelatin. Resep Silky Pudding biasanya dikreasikan dalam berbagai rasa dalam adonannya. Varian rasanya pun bisa disesuaikan dengan selera sehingga cocok untuk dinikmati tanpa bosan. Adapun rasa-rasa yang biasa ditambahkan dalam Silky Pudding antara lain cokelat, vanila, strawberry, taro, bubble gum, matcha, mangga, leci, karamel, dan lain sebagainya.

Uniknya, menu Silky Pudding yang bisa disantap kapanpun oleh siapapun ini sempat dijajakan dalam bentuk puding sedot. Teksturnya yang super lembut membuat pudding ini menjadi mudah untuk dikonsumsi dengan sedotan sekalipun. Kreasi ini juga sekaligus menambah minat anggota keluarga untuk mengonsumsi Silky Pudding dalam kemasan yang menarik.

Meski di luar sana ada beberapa merek terkenal yang menjajakan produk Silky Pudding di Indonesia, Anda tetap dapat mengkreasikannya sendiri di rumah dengan cara yang mudah serta bahan yang simpel. Agar bisa merasakan cita rasa ala Jepang dari sajian pudding ini, kamu bisa sontek resep Silky Pudding Matcha berikut. Jangan lupa juga siapkan resep kunci yaitu kental manis untuk memastikan cita rasa dari sajian pudding buatanmu.

Silky Pudding Frisian FlagSilky Pudding Frisian Flag Foto: Dok. Frisian Flag

Resep Silky Pudding Matcha

Bahan:

  • 700 ml air

  • 50 gr gula pasir

  • ½ sdt jelly

  • ½ sdt agar

  • 1 sdm matcha bubuk

  • 150 ml Frisian Flag Kental Manis

  • 30 gr krimer bubuk

  • Whipping cream, secukupnya untuk topping

Cara Pembuatan:

  1. Siapkan wajan, masukkan satu per satu bahan mulai dari air 700 ml, matcha 1 sdm, gula pasir 50 gr, jelly bubuk 1/2 sdt serta agar bubuk 1/2 sdt.

  2. Tambahkan Frisian Flag Kental Manis 150 ml ke dalam wajan.

  3. Aduk seluruh bahan hingga merata dan masak dengan api kecil.

  4. Masukkan krimer bubuk sebanyak 30 gr, lalu aduk kembali sampai mendidih

  5. Tuangkan larutan pudding ke dalam gelas atau wadah yang telah disiapkan

  6. Simpan silky pudding dalam lemari pendingin hingga mengeras dan tambahkan whipping cream serta taburkan matcha sebagai topping.

Itu tadi resep sederhana yang bisa kamu coba untuk bikin menu dessert lezat Silky Pudding. Rasa teh hijau Jepang dari matcha yang ditambahkan bisa beri taste of Japan dalam sajian ini. Sementara itu, tambahan kental manis di dalamnya juga bisa bikin cita rasa pudding semakin yummy!

Untuk menambah cita rasa resep Silky Pudding buatanmu, kamu bisa pakai Frisian Flag Kental Manis. Produk kental manis ini tak hanya bikin yummy resep Silky Pudding, tapi juga cocok dikreasikan pada berbagai makanan atau minuman. Selain itu, Frisian Flag Kental Manis tersedia dalam berbagai kemasan dan ukuran yang bisa dibeli sesuai kebutuhan, mulai dari kaleng, pouch, juga sachet.

Frisian Flag Kental Manis juga memiliki kandungan 8 vitamin (vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6 dan B12) dan 2 mineral berupa kalsium serta fosfor. Tak hanya itu, Frisian Flag Kental Manis juga mengandung 130 kkal per sachet, lho.

Yuk, tambahkan Frisian Flag Kental Manis yang bisa kamu dapatkan dengan mudah ke dalam resep Silky Pudding. Siapkan Frisian Flag Kental Manis untuk jadi kunci lezat resep Silky Pudding buatanmu dan jangan lupa untuk coba resep simple Silky Pudding Matcha di atas untuk merasakan taste of Japan tanpa harus ribet dan merogoh kocek yang besar.

(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com