Susu Kental Manis Dibuat Selai Dulce de Leche yang Legit

Jihaan Khoirunnisaa - detikFood Senin, 09 Agu 2021 17:04 WIB
Dulche de Leche Foto: Shutterstock
Jakarta -

Susu kental manis cocok dijadikan pelengkap hidangan untuk keluarga. Namun, jika Anda ingin sesuatu yang unik dan berbeda bisa coba membuat Dulce de Leche dari susu kental manis.

Dalam bahasa spanyol, Dulce de Leche ini berarti gula-gula susu atau karamel susu. Namanya memang unik dan manis, semanis rasanya. Saus manis nan legit ini sangat populer di Uruguay dan Argentina. Dulce de Leche juga seringkali dijadikan pendamping hidangan untuk sarapan, mulai dari olesan roti panggang, pancake, hingga waffle. Tak hanya itu, selai ini juga cocok untuk dijadikan bahan kue, es krim dan berbagai sajian lainnya, lho.

Rasa Dulce de Leche sangat mirip dengan karamel. Bedanya, saus ini memiliki sedikit campuran rasa gurih di dalamnya. Dalam suhu ruangan atau suhu dingin konsistensinya berubah menjadi lebih lengket. Namun, apabila dipanaskan, maka akan membuat karamel susu kental manis ini cair sehingga mudah dituang pada makanan.

Asal Mula Dulce de Leche

Meski Dulce de Leche terkenal di Uruguay dan Argentina, namun beberapa negara di Amerika Latin lainnya, seperti Chili, Kolumbia, dan Peru juga memiliki hidangan serupa, hanya saja namanya berbeda.

Dahulu, tepatnya di tahun 2003, Argentina pernah berusaha untuk mendaftarkan Dulce de Leche sebagai warisan budayanya ke UNESCO. Sayangnya upaya Argentina ini tidak berhasil. Hal ini karena Uruguay mengusulkan agar Dulce de Leche dianggap sebagai warisan Gastronomi Rio de la Plata (wilayah yang menyangkut kedua negara). Kini, seluruh dunia merayakan Hari Dulce de Leche pada tanggal 11 Oktober setiap tahun.

Terkait asal usulnya, banyak anggapan yang menyebut selai Dulce de Leche ditemukan pertama kali pada awal abad ke-19 atau tepatnya tahun 1804 oleh Napoleon. Melansir dari Culture Trip, kala itu Napoleon secara tidak sengaja memasak campuran susu dan gula terlalu lama hingga membentuk tekstur yang kental serupa karamel.

Namun ada juga yang beranggapan Dulce de Leche pertama kali dibuat di Indonesia. Ya, hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh seorang sejarawan bernama Daniel Balmaceda. Daniel mengatakan varian Dulce de Leche pertama kali disiapkan di Indonesia, lalu dibawa ke Filipina di abad ke-16. Pada saat itu, bangsa Spanyol tertarik dan takjub akan rasa dari Dulce de Leche sehingga memutuskan untuk membawanya kembali ke Spanyol dan Amerika.

Langkah Membuat Resep Dulce de Leche Rumahan

Dulche de LecheDulce de Leche Foto: Shutterstock

Siapa sangka Dulce de Leche yang bisa disajikan dalam berbagai jenis makanan ini bisa dibuat di rumah dan cukup mudah, lho caranya. Anda hanya perlu menyiapkan 1 kaleng susu kental manis.

Adapun untuk membuat Dulce de Leche dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni merebus susu kental manis serta memanggangnya. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut seperti dikutip dari Preppy Kitchen.

Dengan Cara Direbus

Dalam pembuatan Dulce de Leche, siapkan 1 kaleng susu kental manis. Gunakan juga panci dengan bahan stainless untuk hasil lebih optimal, ya. Hal ini karena panci stainless dapat menjaga panas sehingga air mendidih dengan sempurna.

Cara Membuat:

  1. Lepaskan label kemasan pada kaleng susu kental manis.
  2. Masukkan dalam panci, lalu isi dengan air hingga seluruh permukaan kaleng terendam.
  3. Rebus hingga mendidih, kemudian kecilkan api.
  4. Masak dengan api kecil selama kurang lebih 2 hingga 3 jam. Kaleng akan bekerja sebagai pressure cooker yang akan menjaga suhu air tetap konstan. Jika Anda menginginkan Dulce de Leche lebih encer cukup kurangi waktu merebusnya.
  5. Pastikan Anda mengawasi kadar air dalam panci. Apabila sudah mulai berkurang, tambahkan air hingga kaleng kembali terendam.
  6. Tuang air dalam panci, dan biarkan kaleng mendingin sebelum membukanya.

Dipanggang dalam Oven

Selain merebusnya di panci, Anda dapat membuat Dulce de Leche dengan memanggang susu kental manis dalam oven. Waktu yang dibutuhkan pun relatif lebih singkat ketimbang direbus.

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 220 celcius.
  2. Masukkan susu kental manis pada wadah tahan panas, dan tutup menggunakan aluminium foil.
  3. Tambahkan air ke dalam wadah lainnya, dan letakkan wadah berisi susu kental manis di atasnya.
  4. Masukkan ke dalam oven, dan panggang selama 90 menit.
  5. Jangan biarkan air dalam wadah habis. Segera tambahkan air pada wadah setiap 30 menit
  6. Dulce de Leche telah siap untuk dinikmati bersama camilan favorit keluarga.

Bagaimana, mudah bukan? Meskipun dimasak dengan cara berbeda, namun jangan khawatir karena rasa dan kelembutannya tetap sama. Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Anda bisa menggunakan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold sebagai pilihan untuk membuat selai manis Dulce de Leche. Dengan tambahan saus Dulce de Leche, sajian sarapan keluarga di pagi hari jadi tambah nikmat.

Tak hanya cita rasa, Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold yang diproduksi dari susu segar ini juga mengandung 9 vitamin (vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12, dan C) dan 5 mineral (kalsium, fosfor, selenium, mangan, dan yodium). Dalam 1 sachet Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold terdapat 130 kkal yang dapat menjadi salah satu untuk mengawali pagi hari anggota keluarga tercinta.

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold tersedia dalam berbagai kemasan mulai dari kaleng, pouch, dan sachet, sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan di rumah Anda. Selain itu, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold juga mudah didapat karena tersedia di toko/warung hingga supermarket terdekat.



Simak Video "Bikin Laper: Keseruan Ncess Nabati dan Angel Karamoy Ngemil Tutut"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com