Review Battle

3 Tteokbokki Instan Populer, Mana yang Paling Kenyal Pedas?

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 22 Sep 2021 17:08 WIB
Review Battle 3 Tteokbokki Instan Paling Populer di Indonesia Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Tteokbokki, salah satu jajanan Korea yang saat ini masih menjadi tren di Indonesia. Ada 3 produk tteokbokki instan yang populer. Mana yang paling enak ya?

Tteokbokki merupakan jajanan khas Korea berupa tteok (kue beras) yang diolah dengan bumbu merah pedas terbuat dari campuran gochujjang, gochugaru, dan bumbu lainnya. Tteokbooki biasa ditawarkan oleh pedagang kaki lima (street food) di Korea Selatan.

Kepopuleran tteokbokki sampai ke Indonesia. Karena rasanya gurih pedas disukai banyak orang. Banyak restoran, supermarket, hingga jajanan kaki lima yang menawarkan jajanan bertekstur kenyal dengan saus pedas ini.

Bahkan, tteokbokki juga banyak ditawarkan dalam kemasan instan. Bisa langsung dipanaskan menggunakan kompor, microwave, maupun yang diseduh dengan air panas.

detikFood membeli 3 merek tteokbokki instan yang populer di Indonesia. Bahkan, kemunculannya saat itu sempat viral di media sosial. Ketiga merek tteokbokki instan itu adalah Tok-Poki Korean Street Food dari Korinus, Topokki dari Mujigae, dan Topokki Mamasuka. Tiga produk tteokbokki instan ini harus dipanaskan menggunakan kompor dengan cara merebusnya bersama air sekitar 100 ml.

Baca Juga: Ngidam Nasi Padang, Nagita Slavina Boyong Restoran Padang ke Rumah

Apa keistimewaan dari 3 tteokbokki instan ini? Produk mana yang paling enak?

1. Tok-Poki Korean Street Food (Korinus)

Review Battle 3 Tteokbokki Instan Paling Populer di IndonesiaReview Battle 3 Tteokbokki Instan Paling Populer di Indonesia Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Tteokbokki instan dari merek Korinus adalah salah satu yang paling populer di Indonesia. Tersedia dalam beberapa varian, namun yang paling banyak dicari adalah rasa originalnya. Dikemas dalam plastik berwarna kuring dengan ukuran 140 gram.

Tteokbokki Korinus ini bisa ditemui di beberapa supermarket dan minimarket. Saat itu kami membelinya dari minimarket dengan harga Rp 36.000 per bungkusnya. Isinya berupa satu bungkus tteok berukuran kecil yang bagian tengahnya berlubang, dan sebungkus saus tteokbokki.

Review Battle 3 Tteokbokki Instan Paling Populer di IndonesiaReview Battle 3 Tteokbokki Instan Paling Populer di Indonesia Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kami merebus air bersama saus tteokbokki sampai agak mengental. Setelah itu, kami memasukkan sebungkus tteok sampai teksturnya empuk namun tetap kenyal. Kemudian, dituangkan ke mangkuk atau piring.

Menurut kami, tteokbokki instan dari Korinus ini sangat dominan rasa pedasnya. Pedasnya langsung nendang di lidah walaupun baru pertama kali suapan. Mungkin inilah alasan mengapa warna sausnya merah cenderung gelap.

Kemudian ada sensasi rasa manis dan agak asam di bumbunya. Dari segi tekstur tteok (kue beras) sangat kenyal, namun empuk. Tekstur dan rasa tteokbokki dari Korinus (K-Bunsik) ini sangat menyatu. Sayangnya tak diberi kondimen lain seperti biji wijen.

Review Battle 3 Tteokbokki Instan Paling Populer di IndonesiaReview Battle 3 Tteokbokki Instan Paling Populer di Indonesia Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kami juga meminta Sadira, seorang mahasiswa dari Universitas Negeri yang ada di Indonesia. Menurutnya rasa saus tteokbokki dari Korinus (K-Bunsik) ini sangatlah pedas. Ia juga menyukai tekstur tteok-nya yang kenyal.

"Enak, pedas banget! Langsung gitu lho terasa pedasnya di lidah. Tekstur tteoknya ini kenyal-kenyal gitu," kata Sadira.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com