Adu Lezat 3 Menu Ayam Utuh yang Lagi Viral, Mana Lebih Mantap?

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 31 Des 2021 12:00 WIB
Battle 3 Menu Ayam Utuh yang Viral Foto: detikcom/Diah Afrilian

3. Ayam Goreng Flip Burger

Battle 3 Menu Ayam Utuh yang ViralBattle 3 Menu Ayam Utuh yang Viral Foto: detikcom/Diah Afrilian

Gerai yang terkenal dengan burgernya ini ternyata juga menyediakan ayam goreng tepung yang renyah. Tidak hanya per potong, Flip Burger juga menyajikan ayam goreng tepung dalam ukuran satu ekor ayam utuh.

Ayam utuh ini dilapisi dengan tepung yang tebal dan renyah. Saat kami menerima ayam tersebut dan membukanya dari kemasan, aroma wangi dari ayam goreng Flip Burger (82.500,-) tercium kuat dan menggoda selera.

Ayam yang digunakan juga punya ukuran yang cukup besar dan padat dagingnya terutama di bagian paha-pahanya. Walaupun padat, tekstur daging dari ayam ini tetap lembut dan tidak berserat seperti kebanyakan ayam goreng lainnya.

Menurut kami, menu ayam goreng ini menjadi yang paling aman untuk disajikan bersama keluarga terlebih jika ada anak-anak kecil yang akan ikut makan. Baluran tepung yang merata hingga ke bagian-bagian terdalam dan kerenyahannya pasti sangat disukai oleh anak-anak.

Rasanya yang cenderung gurih dan tidak pedas ini cocok bagi anak-anak yang tak bisa makan pedas ataupun para foodies yang kurang menyukai rasa pedas. Memakannya dengan nasi putih yang hangat membuat kenikmatan ayam goreng renyah ini semakin sempurna.

4. Emado's Shawarma

Battle 3 Menu Ayam Utuh yang ViralBattle 3 Menu Ayam Utuh yang Viral Foto: detikcom/Diah Afrilian

Jika kamu menyukai ayam berbumbu rempah dan tidak terlalu berminyak, kamu bisa memilih menu ayam utuh ini. Mengusung konsep menu khas Timur Tengah, tetapi rempah yang tak begitu kuat masih cocok untuk dinikmati bagi lidah orang Indonesia.

Pengolahan ayam dengan cara dipanggang membuat ayam milik Emado's (Rp 95.590,-) ini punya kandungan minyak yang lebih sedikit. Rasa karamelisasi pada bagian kulit ayam juga terasa akibat proses pemasakannya yang dipanggang.

Walaupun potongan ayamnya terkesan lebih kecil dibandingkan yang lain, tetapi daging ayam milik Emado's begitu padat. Jika kamu memesan paket ayam komplet dengan nasi kamu akan mendapatkan nasi gurih, sambal dan mayonaise, serta salad yang segar.

Sambal milik Emado's ini punya rasa yang cukup unik. Pasalnya cabai yang berlimpah dan masih terlihat kasar tumbukannya ini punya rasa pedas gurih yang begitu nagih. Berpadu dengan nasi gurih yang hangat rasa ayam, sambal dan nasinya terasa memanjakan lidah.

Pada saat ayam sudah dingin, Emado's menjadi menu ayam yang bumbu masih cukup terasa kuat dibandingkan yang lainnya. Hanya saja karena dipanggang dan tidak dimasak dalam minyak banyak membuat dagingnya agak kering ketika sudah dingin.

Dari ketiga menu ayam utuh yang tengah viral ini, menurut tim detikfood ayam goreng milik Flip Burger menjadi yang paling lezat saat dimakan ketika hangat. Lapisan tepungnya yang gurih renyah serta daging ayam yang juicy, rasanya aman disajikan untuk semua anggota keluarga, temasuk untuk yang kurang suka pedas.

Tetapi dua ayam lainnya juga tak kalah lezat. Kami tetap merekomendasikan menu flying chicken dari Richeese factory bagi para pencinta pedas dan ayam panggang dari Emado's Shawarma bagi para penikmat makanan berempah.

Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com.

Baca juga: 5 Bakso Viral di Bogor Favorit Artis dan YouTuber, Pernah Coba?

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Siomay Dua Putera Mang Ujang, Sehari Ludes Terjual dalam 2 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com