ADVERTISEMENT

Adu Lezat 3 Menu Ayam Utuh yang Lagi Viral, Mana Lebih Mantap?

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 31 Des 2021 12:00 WIB
Battle 3 Menu Ayam Utuh yang Viral
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Menu ayam utuh yang viral membuat banyak gerai berlomba-lomba menyajikan menu serupa. Detikfood mencicipi tiga menu ayam utuh dari tempat yang berbeda, mana yang paling lezat?

Terinspirasi dari tren kuliner di Korea Selatan, akhir-akhir ini tengah viral menu ayam satu ekor utuh di Indonesia. Mulai dari ayam goreng biasa, ayam goreng tepung, ayam pedas, hingga ayam yang dipanggang.

Bukan hanya bisa mengikuti tren kuliner kekinian, menu ayam utuh ini juga cocok jika ingin dijadikan menu tahun baru. Ukuran porsinya yang cukup besar memungkinkan menu ini bisa dinikmati bersama keluarga.

Dari sekian banyak gerai makanan yang menyediakan menu ayam utuh, detikfood mencoba menu satu ekor ayam ini dari tiga gerai yang berbeda (29/12). Tiga gerai tersebut merupakan Richeese Factory, Flip Burger, dan Emado's Shawarma. Begini cita rasa ketiga menu ayam utuh dari gerai-gerai tersebut:

Battle 3 Menu Ayam Utuh yang ViralBattle 3 Menu Ayam Utuh yang Viral Foto: detikcom/Diah Afrilian

1. Setiap Menu Punya Ciri Khas

Ketiga ayam yang detikfood pesan merupakan menu ayam utuh yang tengah viral dan ramai diperbincangkan. Diantara ketiganya ada Flying Chicken dari Richeese Factory, Fried Chicken dari Flip Burger, dan Ayam Panggang dari Emados Shawarma.

Ketiganya memiliki ciri khas masing-masing. Ada yang diolah dengan cara dipanggang, digoreng dengan tepung, dan digoreng serta dilengkapi taburan bumbu pedas yang kuat.

Saat dicicipi ketiganya memiliki karakteristik ayam yang berbeda. Bukan hanya dari penampilan luarnya saja tetapi tingkat kelembutan ayam dari ketiga gerai ini juga sangat berbeda.

Ketiganya cocok menjadi pertimbangan hidangan perayaan tahun baru bersama keluarga. Kamu bisa memilih jenis ayam yang disukai sesuai selera.

Baca juga: 5 Sate Legendaris di Jalur Puncak yang Kelezatannya Tak Tertandingi

2. Richeese Flying Chicken

Battle 3 Menu Ayam Utuh yang ViralBattle 3 Menu Ayam Utuh yang Viral Foto: detikcom/Diah Afrilian

Diberi nama Flying Chicken (Rp 88.000,-), menu ayam utuh yang diproduksi oleh Richeese Factory ini cocok untuk pencinta pedas. Satu ekor ayam utuh yang tidak dipotong-potong ini diolah dengan cara digoreng.

Keseluruhan bagian ayam ini digoreng hingga garing kulit luarnya. Tanpa lapisan tepung, saat pertama kali dibuka saja sudah terlihat kerenyahan dari kulit ayam tersebut.

Pada menu ayam yang satu ini juga terdapat taburan bumbu cabai pedas yang begitu banyak. Ketika tim detikfood mencoba membelahnya, terdengar suara kriuk renyah dari kulit ayam yang begitu garing.

Saat kami cicipi, walaupun bagian kulitnya cenderung kering tetapi bagian dalam ayamnya masih empuk juicy dan rasa bumbunya juga begitu menyerap.

Tetapi harus waspada jika mengambil bagian dengan bubuk cabai yang banyak. Jika tidak memakannya dengan perlahan kamu bisa tersedak bubuk cabai yang rasanya cukup perih di tenggorokan.

Memakannya dengan nasi putih hangat membuat menu ayam utuh ini semakin lezat. Jika tidak ingin terlalu pedas, kamu bisa mencelupkan potongan ayamnya ke dalam saus keju yang diberikan sebagai pelengkapnya.

Baca juga: Laksa Pengharapan: Gurih Nikmat Semangkuk Laksa Tertua di Cibinong Sejak 1951



Simak Video "Viral Pedagang Cincau Fasih Bahasa Inggris, Jerman dan Belanda"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT