SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar Sambal Super Pedas di Kantin DPR

Sonia Basoni - detikFood Senin, 12 Okt 2020 12:00 WIB
SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar  Sambal Super Pedas di Kantin DPR Foto: dok.detikFood
Jakarta -

Penggemar ayam bakar plus sambal super pedas, bisa mampir ke sini. Daging ayamnya empuk juicy berlumur bumbu dicocol sambal super pedas. Huaah, sedap!

Paduan ayam bakar dengan sambal meski sederhana tapi tidak pernah bikin bosan. Kalau sedang bingung mau makan siang apa, bisa coba pesan ayam bakar sambal jontor di SeeJontor.

Letak tempat makan yang satu ini ada di dalam Kantin Jantung Sehat, di Kompleks Parlemen DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan.

SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar  Sambal Super Pedas di Kantin DPR Anggota DPR Putu Rudana saat makan siang di SeeJontor. Foto: SeeJontor

Baca Juga: 5 Tempat Makan Ini Punya Menu Ayam Bakar Lezat Buat Berbuka!

Meski hanya kantin kecil tapi pelanggan setianya beragam, mulai dari artis, politisi sampai menteri sudah pernah makan di sini. Seperti Brisia Jodie, Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia hingga anggota DPR Putu Rudana.

Tapi tenang saja SeeJontor bisa dipesan via aplikasi ojek online, DM Instagram hingga WhatsApp.

"SeeJontor ini pertama kali dibuka sejak bulan Mei lalu, tepatnya pada masa pandemi atau PSBB. Meski dalam waktu yang singkat, kami sudah berhasil menjual lebih dari 15,600 porsi makanan," jelas Coky Anderson Siagian, selaku salah satu pemilik SeeJontor kepada detikFood (10/10).

SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar  Sambal Super Pedas di Kantin DPRSeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar Sambal Super Pedas di Kantin DPR Foto: SeeJontor

Penasaran dengan rasanya kami langsung mencoba beberapa menu andalan di SeeJontor. Pertama ada paket Hampers Ayam Bakar (Rp 100.000), yang terdiri dari satu ekor ayam negeri utuh.

Tak ketinggalan menu pelengkapnya seperti Sate Tahu (Rp 3.000), Sate Tempe (Rp 3.000) dan Sate Kulit (Rp 3.000).

SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar  Sambal Super Pedas di Kantin DPRSeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar Sambal Super Pedas di Kantin DPR Foto: dok.detikFood

Tampilan Hampers Ayam Bakar tampil menarik dengan tambahan selada, irisan mentimun dan empat cup sambal. Satu ekor ayam utuh ukuran sedang ini bisa dipotong menjadi empat bagian, paha dan dada. Bisa untuk disantap 3-4 orang.

Di dalam hampers terdapat dua jenis sambal yang dihidangkan di sini, pertama sambal terasi yang tidak terlalu pedas. Kedua sambal rawit SeeJontor.

SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar  Sambal Super Pedas di Kantin DPRSeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar Sambal Super Pedas di Kantin DPR Foto: dok.detikFood

"SeeJontor mengusung konsep ayam bakar sehat tanpa MSG, tanpa madu atau gula. Kami menggunakan bumbu rahasia, namun semua bahan-bahannya alami tanpa pengawet," jelas Coky lebih lanjut.

Memang ketika ayam bakar dicicip, teksturnya empuk lembut, mudah dilepaskan dari tulang. Bagian dalam daging ayam tidak kering, dengan lumuran saus rahasia SeeJontor yang royal dan meresap hingga ke bagian dalam daging.

Rasa saus ayam bakar ini dominan ke gurih manis mirip seperti saus BBQ, hanya saja rasanya lebih ringan di lidah.

"Kami menggunakan ayam potong segar setiap harinya, dan tentunya melalui proses ungkep dulu. Lalu kami bakar dengan olesan saus rahasia ini. Jadi teksturnya garing di luar tapi tetap empuk di dalam," ungkap Coky yang mengaku otodidak dalam bidang kuliner.

SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar  Sambal Super Pedas di Kantin DPRSeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar Sambal Super Pedas di Kantin DPR Foto: dok.detikFood

Puas dengan rasa ayam bakar yang juicy dengan bumbu spesial yang manis gurih. Tak lengkap rasanya jika tidak dicocol dengan sambal rawit SeeJontornya yang menggoda selera.

Berbeda dengan sambal rawit lainnya, di sini SeeJontor hanya menggunakan irisan tomat hijau segar dan cabe rawit merah dna hijau pilihan yang diulek kasar. Aroma pedas menyengatnya langsung tercium tajam.

Tanpa penyedap rasa dan MSG, sambal SeeJontor ini sudah mantap dengan rasa pedasnya membakar lidah. Bahkan mencoba sedikit sambal SeeJontor saja berhasil membuat kami kepedasan.

SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar  Sambal Super Pedas di Kantin DPRSambal Rawit SeeJontor. Foto: dok.detikFood

"Sambal SeeJontor ini lah yang menjadi ciri khas kami. Tapi bagi yang tidak suka pedas, kami sediakan sambal terasinya itu juga enak semuanya tanpa MSG," ungkap Coky.

Rasa dari sambal terasinya juga boleh diadu, meski tidak sepedas SeeJontor tapi sambal terasi ini memperkuat rasa sedap gurih dari ayam bakarnya. Ada jejak manis pedas yang ringan.

Tak ketinggalan menu sate-sateannya yang juga jadi andalan di SeeJontor. Sama seperti ayam bakar, semua tahu, tempe, dan kulit ayam digoreng lebih dulu sampai setengah matang sebelum dibakar.

SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar  Sambal Super Pedas di Kantin DPRSeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar Sambal Super Pedas di Kantin DPR Foto: dok.detikFood

Untuk olesan bumbunya sama seperti ayam bakar, rasanya juga tidak kalah enak. Bisa jadi alternatif baru dibandingkan menyantap tempe dan tahu goreng yang sudah biasa.

Jangan lupa cicipi juga sate kulit ayamnya yang juara. Paduan rasa manis gurih dari olesan saus bakar, ditambah dengan tekstur kulit ayam yang tidak lembek dan garing diluar. Dijamin bikin nagih.

"Selain ayam bakar kita juga jual ikan bakar, pilihan ikannya cukup beragam. Ada ikan nila, ikan kerapu, ikan kuwe, gurame, sampai paket tumpeng nasi kuning SeeJontor," lanjut Coky yang bisa menghabiskan lebih 180 potong ayam dan ikan setiap harinya.

SeeJontor : Huaah! Enaknya Ayam Bakar  Sambal Super Pedas di Kantin DPRPaket Nasi dan Ayam Bakar SeeJontor. DPR Foto: dok.detikFood


Kalau menu hampers terlalu banyak, bisa pesan menu paket Ayam Bakar dan Nasi dengan kisaran harga Rp 23.000 saja (Harga Promo). Sudah dapat lalapan dan sambal SeeJontor, dengan potongan ayam yang tak kalah besar.

Tersedia juga menu paket nasi dengan ikan bakar nila dengan kisaran harga yang sama yaitu Rp 25.000.

"Untuk sekarang kami rencananya akan membuka cabang terbaru SeeJontor di wilayah Bekasi Selatan, mungkin diresmikan sekitar akhir Oktober ini. Banyak juga yang sudah mendaftar untuk buka franchise mulai dari Bogor sampai Jogja, cuma sekarang kita memang sedang fokus untuk membenahi sistemnya," pungkas Coky.

Nah, bagi yang tertarik untuk mencoba bisa pesan via aplikasi ojek online. Atau pesan via DM Instagram @see_jontor untuk mendapatkan promo menarik.

Baca Juga: Ayam Baper : Uniknya Ayam Bakar Kopi dengan Wadah Instagenik

SeeJontor
Kantin Jantung Sehat DPR RI.
Senayan, Jakarta Selatan.
Telp: +62 811-1984-284
Instagram: @see_jontor


Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com.



Simak Video "Masak Masak: Resep Ayam Bakar Bungkus Daun Pisang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)