Ayam Baper : Uniknya Ayam Bakar Kopi dengan Wadah Instagenik

Devi Setya - detikFood Kamis, 14 Feb 2019 12:28 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Pencinta kopi kini bisa menikmati sensasi kopi lewat makanan. Di sini ada ayam bakar berlumur kopi yang enak, penyajiannya juga unik bukan dengan piring.

Kedai mungil di bilangan Kelapa Gading ini cukup menarik perhatian karena menu makanannya yang unik. Jika biasanya kedai ayam bakar hanya menawarkan satu atau dua varian, maka di sini ada 9 varian ayam berbumbu.
Ayam Baper : Uniknya Ayam Bakar Kopi dengan Wadah InstagenikSuasana di restoran Ayam Baper, Kelapa Gading. Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Untuk membuktikan rasa dari beberapa menu andalannya, kami mencicip Ayam Bakar Bumbu Bali, Ayam Rica Kemangi dan Ayam Bakar Kopi.

Setiap paket menu ayam disajikan komplet dengan nasi, tempe dan tahu goreng, lalapan, kerupuk dan blondo kelapa. Uniknya, semua menu nasi ayam bukan disajikan di atas piring melainkan dengan wadah kayu bertingkat yang bentuknya unik dan instagenik.

Menu pertama yang kami cicip tentulah yang paling nyentrik yakni ayam bakar kopi. Ayam bagian paha yang kami pesan ini hadir dengan lumuran saus kental warna hitam pekat. Sekilas memang tak menarik tapi saat sudah dicicip rasanya, ayam ini terasa enak.
Ayam Baper : Uniknya Ayam Bakar Kopi dengan Wadah InstagenikSeporsi ayam bakar kopi. Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Aroma kopi tercium cukup kuat demikian juga semburat rasa kopi yang berjejak di lidah tanpa meninggalkan tekstur bulir ampas. Selain rasa kopi, ayam ini juga dominan terasa manis.

Sang pemilik, Marsugih Wirawan menceritakan pada kami kalau untuk membuat ayam kopi ini ia harus melakukan uji coba hingga 2 bulan. "Saya coba pakai kopi apa saja, sampai kopi Papua. Tapi akhirnya yang paling cocok ini pakai kopi Lampung, jenis arabika," jelas pria ramah ini.

Untuk membuat aroma dan rasa ayam kopi lebih nendang, proses memasaknya juga khusus. Ayam diungkep dengan air kopi bercampur bawang merah dan gula lalu dibakar sambil diolesi bumbu kopi. Proses masak ini akhirnya menghasilkan ayam kopi yang cocok di lidah.

Selain ayam kopi, kami kemudian mencicip Ayam Rica Kemangi. Menu ini hadir dengan tampilan bumbu yang berlimpah menyelimuti daging ayam.
Ayam Baper : Uniknya Ayam Bakar Kopi dengan Wadah InstagenikFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Tekstur empuk ayam berpadu dengan bumbu rica pedas dan aroma harum daun kemangi. Untuk yang suka pedas, menu ini bisa jadi pilihan tepat. Makin enak lagi kalau disantap dengan taburan blondo kelapa yang rasanya manis gurih.

Lain lagi dengan Ayam Bakar Bumbu Bali yang rasanya tak kalah mantap. Bumbu Bali pada ayam bakar ini punya rasa pedas namun tak sepedas bumbu rica.

Dari rasa bumbunya, kami menebak ada bawang merah, bawang putih, kemiri dan sedikit terasi di dalamnya. Kalau merasa kurang pedas, bisa tambah sambal baper yang siap membakar selera.
Ayam Baper : Uniknya Ayam Bakar Kopi dengan Wadah InstagenikFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Semua menu ayam ini dibanderol dengan harga sama yakni Rp 32 ribu per porsinya. Demikian juga dengan varian menu ayam lainnya seperti Ayam Bakar Sumatra, Ayam Bakar Madu, Ayam Bakar Ketumbar hingga Ayam Goreng Sereh.

Oiya, selain dengan nasi putih, kedai ini juga punya pilihan nasi aromatik yakni nasi gurih yang dimasak dengan rempah. Rasa dan teksturnya mirip nasi uduk namun tak mengandung santan.
Ayam Baper : Uniknya Ayam Bakar Kopi dengan Wadah InstagenikFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Puas makan, kami memesan camilan Tape Goreng (Rp 23.500). Tape singkong ini punya tekstur garing pada bagian luarnya dan lembut nikmat pada bagian dalamnya. Porsinya juga banyak jadi bisa jadi camilan bersama.

Kalau mencari sajian nasi ayam dengan bumbu Nusantara yang medok dan nendang, tempat makan ini bisa jadi tujuan.

Ayam Baper
Jl. Kelapa Kopyor Blok Q1 No. 7
Kelapa Gading
Jakarta Utara
Telepon : 081311870198

(dvs/odi)